Kunci Jawaban Aktivitas 12 halaman 95 Pembagian Kerja dan Kepercayaan Pada Masa Bercocok Tanam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 12 halaman 95 Pembagian Kerja dan Kepercayaan Pada Masa Bercocok Tanam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ciri-Ciri Benda Tiga Dimensi

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 95. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Pembagian Kerja dan Kepercayaan Masa Bercocok Tanam. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 12

• Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Apakah Ciri-Ciri Teks Prosedur? dan Bagaimana Membuat Teks Prosedur yang Baik dan Menarik? Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/MTs Halaman 69 Kurikulum Merdeka

Masa bercocok tanam diketahui berlangsung sekitar 9.000-10.000 tahun yang lalu, di mana manusia sudah menggunakan tanah untuk menumbuhkan makanan dan memanfaatkan hewan liar demi kepentingan hidup mereka.

Biasanya, masyarakat akan memilih tempat huni yang jaraknya dekat dengan sumber air dan alam yang mereka olah dan membuat perkampungan. Umumnya, para laki-laki akan bertugas membangun rumah. Di dalam kampung ini biasanya terdiri dari beberapa keluarga yang saling membantu satu sama lain lewat sistem pembagian kerja.

Laki-laki di zaman bercocok tanam ini memang mendapatkan pekerjaan kasar yang membutuhkan tenaga lebih berat, seperti berburu dan membuka lahan baru.

Kaum wanita bertugas untuk merawat serta menghias rumah mereka. Selain itu, kaum wanita juga bertanggung jawab mengumpulkan buah serta menjaga rumah mereka.

Baik kaum wanita dan pria akan menunjuk siapa ketua suku mereka sekaligus membuat aturan hidup sederhana yang harus dijalani oleh masing-masing keluarga.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Dampak Perubahan Lingkungan

• Bagaimana bentuk sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Masyarakat pada masa bercocok tanam mengenal kepercayaan akan hal gaib dan orang yang meninggal akan memasuki alam lain.

Berkaitan dengan kepercayaan ini, muncul tradisi pendirian bangunan besar yang disebut tradisi megalitik. Beberapa contoh bangunan megalitik adalah dolmen, menhir, waruga, sarkofagus, dan punden berundak.

Secara umum, sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam dapat dibagi ke dalam dua aliran, yaitu animisme (kepercayaan terhadap roh leluhur) dan dinamisme (kepercayaan terhadap benda gaib).

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.