Kunci Jawaban Aktivitas 17 halaman 110 Kelangkaan Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 17 halaman 110 Kelangkaan Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 110. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tantang Kelangkaan Sumber Daya Alam. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 17

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam. Hal ini merupakan modal penting untuk memperoleh manfaat ekonomi demi kesejahteraan bangsa Indonesia. Namun, eksploitasi sumber daya alam berlebih dapat berakibat pada menipisnya cadangan sumber daya alam. Sumber daya alam yang semakin menipis ini tidak dapat memenuhi kebutuhi kebutuhan manusia sehingga terjadi kelangkaan. Sebagai contoh, cadangan minyak dan batu bara semakin menipis sementara kedua sumber daya alam tersebut masih dibutuhkan untuk memenuhi aktivitas manusia sehari-hari.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.12 halaman 26 Konversikan ke Dalam Satuan Baku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

• Bagaimana faktor-faktor sumber daya alam dapat menjadi langka?

Jawab:

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam antara lain:

1. Pertumbuhan Penduduk

Salah satu faktor penyebab kelangkaan yang perlu mendapatkan perhatian adalah pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat tanpa harus disertai dengan proses produksi suatu pemuas kebutuhan yang memadai akan bisa mengakibatkan terhambatnya proses pemenuhan keperluan hidup setiap manusia.

Pertumbuhan angka penduduk yang tinggi akan semakin mengakibatkan keperluan hidup manusia yang harus dipenuhi, sehingga akan semakin tidak terkendali.

2. Perbedaan Letak Geografis

Kondisi alam di setiap daerah tidak sama, setiap daerah mempunyai karakteristik tersendiri. Dari setiap karakteristik ini nantinya akan menciptakan tingkat keberagaman sumber daya, sesuai dengan potensi yang ada pada tiap wilayahnya. Adanya persebaran kondisi geografis itu yang menjadi faktor penyebab kelangkaan sumber daya.

3. Kemampuan Produksi

Kemampuan produksi akan ditentukan oleh faktor produksi yang berbentuk tenaga kerja, modal, sumber daya alam, dan juga kewirausahaan. Berbagai faktor pendukung tersebut jumlahnya pun sangat terbatas, sehingga secara otomatis akan berdampak pada terjadi atau tidaknya suatu kelangkaan. Jadi, kemampuan produksi menjadi salah satu faktor penyebab kelangkaan yang perlu diperhatikan.

Baca Juga :  Jawaban Pentingnya Profil Pelajar Pancasila di Informatika dan Rumusannya

4. Bencana Alam

Bencana alam adalah salah satu faktor penyebab kelangkaan yang tidak bisa diprediksi oleh manusia. Bencana alam akan selalu menyisakan kerusakan infrastruktur, bangunan, sumber daya alam lain yang rusak, hingga mengakibatkan korban jiwa.

5. Pandemi

Pandemi yang terjadi selama lebih dari satu tahun ini menjadi faktor penyebab kelangkaan yang juga tidak bisa diprediksi oleh manusia. Adanya pembatasan sosial berskala besar membuat terhentinya proses produksi barang, pemanfaatan jasa pun menjadi sangat terbatas, selain itu sumber daya manusia juga menjadi sangat terbatas, karena banyak orang yang menjadi korban.

Jadi, bisa kita bayangkan bersama betapa pandemi ini menyebabkan kelangkaan yang besar di berbagai sektor ekonomi.

6. Deforestasi Hutan

Akibat deforestasi atau penggundulan hutan, yang ditujukan untuk tempat tinggal atau lahan industri, akhirnya terjadilah kelangkaan keanekaragaman hayati, menipisnya udara bersih. Hal ini membuat semakin sedikitnya pasokan air bersih yang dibutuhkan.

7. Perkembangan Industri dan Teknologi

Tidak hanya menguntungkan, perkembangan industri dan teknologi juga merugikan manusia. Sebab, kegiatan tersebut menghasilkan limbah kimia yang beracun, mencemari tanah, air, dan udara.

• Mengapa sumber daya alam masih dibutuhkan hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan manusia?

Jawaban:

Karna sumber daya alam sangat penting bagi manusia , jika tidak ada sumber daya alam maka manusia akan sulit bertahan hidup dan melakukan aktifitas.

• Bagaimana ide kalian untuk menanggulangi kelangkaan sumber daya alam yang semakin menipis? Buatlah gagasan/ide yang tepat guna!

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.4 halaman 6 Hukum Bacaan Tajwid Dalam Q.S. Al-Maidah/5:48 Beserta Alasanya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Cara untuk mengatasi kelangkaan

1. Menyusun skala prioritas

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia perlu membuat perencanaan. Perencanaan ini disusun berdasar prioritas dari mulai yang penting, hingga yang tidak penting. Penyusunan skala perencanaan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan, karena menggunakan alat pemuas kebutuhan berdasar sifat mendesak atau tidaknya alat pemuas ini harus dipenuhi.

2. Menghemat penggunaan sumber daya alam.

Meski hasil alam ini berlimpah, namun jika pemanfaatannya tidak dibatasi, maka lambat laun akan menipis dan kemudian habis. Manusia diharapkan bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam ini, bukan mengeksploitasi secara berlebih. Kita perlu mengingat, bahwa bumi dan seluruh kekayaan alam di dalamnya, bukan warisan dari leluhur, melainkan merupakan pinjaman dari anak, cucu, dan cicit kita.

3. Memelihara kelestarian alam

Diperlukan kesadaran manusia untuk melestarikan kekayaan sumber daya alam ini dengan menanami atau meremajakan hutan kembali.

4. Memanfaatkan sumber daya pengganti

Setelah bertahun-tahun dimanfaatkan, persediaannya akan menipis. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat atas ketersediaan minyak bumi sebagai sumber energi, maka dibuatlah sumber energi alternatif seperti biogas, biodiesel, dan lain sebagai pengganti minyak bumi.

Ciri-Ciri Kelangkaan

1. Sumber daya alam tersebut sangat sulit diperoleh atau tidak mencukupi sehingga alat barang dan jasa yang berkaitan menjadi sangat terbatas.

2. Keinginan ataupun kebutuhan manusia terhadap sumber daya alam itu sangatlah tinggi.

3. Melambungnya harga permintaan daripada harga pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya yang terbatas, sedangkan permintaan dari konsumen sangatlah tinggi.

4. Setiap konsumen butuh berkorban lebih banyak agar bisa mendapatkan sumber daya alam tersebut bahkan sampai mengorbankan keperluan banyak orang demi mendapatkannya.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.