Jawaban Hasil Telusur Tesaurus Tematis

Jawaban Hasil Telusur Tesaurus Tematis

Jawaban Hasil Telusur Tesaurus Tematis – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban hasil telusur tesaurus tematis yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 98.

Jawaban Hasil Telusur Tesaurus Tematis Halaman 98

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat baca terlebih dahulu teks negosiasi “Latihan Pentas Musik” yang terdapat pada artikel Jawaban Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Negosiasi, lalu temukanlah kata-kata yang sobat ingin cari sinonimnya. Sobat juga perlu membutuhkan sumber-sumber terkait seperti laptop atau PC sehingga sobat dapat mengerjakan tugas di bawah.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 261 Bagian 3

Mari kita simak bersama mengenai pembahasan selengkapnya jawaban hasil telusur tesaurus tematis berikut ini.

Tesaurus

Tesaurus ialah kumpulan daftar kata atau ungkapan yang bertalian makna. Dengan kata lain, tesaurus merupakan sebuah buku kumpulan sinonim. Kini, tesaurus tidak hanya dapat ditemukan secara cetak, tetapi juga secara daring atau online.

Berikut ini tampilan tesaurus tematis bahasa Indonesia dari Badan Bahasa.

Baca Juga :  Dalam pembelajaran lempar lembing, guru memberikan handout tentang teknik melakukannya

Gambar 4.5 Tangkapan layar tesaurus tematik

Sebagai latihan, silakan baca kembali teks negosiasi “Latihan Pentas Musik” pada pembelajaran sebelumnya. Kemudian, kalian dapat menuliskan beberapa kata tertentu yang ingin kalian cari sinonimnya. Tulislah kata-kata tersebut dalam isian tabel di bawah ini. Lalu, telusuri makna kata tersebut menggunakan tesaurus tematis dan tulislah makna hasil penelusurannya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas Belajar 2 halaman 142 Diskriminasi Terhadap Kelompok Minoritas di Indonesia PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Tabel 4.5 Isian makna hasil telusur tesaurus tematis

NoKataMakna Hasil Telusur di Tesaurus Tematis
1MusikIrama, kidung, lagu, melodi, nyanyian, senandung, tembang, dan melodi
2Pentas 
3  
4  
5  

Jawaban    :

NoKataMakna Hasil Telusur di Tesaurus Tematis
1MusikIrama, kidung, lagu, melodi, nyanyian, senandung, tembang, dan melodi
2PentasPanggung, panggung hiburan
3TampilBermain musik, manggung, menghibur
4BunyiBahana, nada, suara
5BisingBerisik, gaduh, heboh, hingar-bingar, ramai, ribut
6EmosiPerasaan, respon, reaksi, tanggapan

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban hasil telusur tesaurus tematis yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 98.

Disclaimer : Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :