Jawaban Menilai Informasi Dan Membandingkan Isi Teks

Jawaban Menilai Informasi Dan Membandingkan Isi Teks

Jawaban Menilai Informasi Dan Membandingkan Isi Teks – Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban menilai informasi dan membandingkan isi teks yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 93.

Jawaban Menilai Informasi Dan Membandingkan Isi Teks Halaman 93

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat baca terlebih dahulu kedua teks di bawah ini sehingga dapat menilai informasi dan membandingkan teks pada kedua teks tersebut.

Mari kita simak bersama mengenai pembahasan selengkapnya jawaban menilai informasi dan membandingkan isi teks berikut ini.

Menilai Informasi dan Membandingkan Isi Teks

Menilai informasi dan membandingkan isi teks deskripsi dan teks negosiasi secara akurat

Kegiatan 1

Teks negosiasi dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk. Kalian dapat menemukan negosiasi dalam bentuk dialog berupa percakapan dengan kalimat langsung antara kedua belah pihak. Ada pula teks narasi yang merupakan penggabungan antara dialog dan narasi. Selain itu, kalian juga dapat menemukan teks negosiasi yang berbentuk surat, misalnya surat penawaran.

Untuk lebih memahami teks negosiasi berbentuk surat penawaran, cermatilah dengan saksama contoh deskripsi perusahaan dan surat penawaran di bawah ini! Bandingkan informasi di dalamnya! Selanjutnya, lakukan diskusi kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan di bawahnya!

Teks 1: Deskripsi Perusahaan

Kebutuhan masyarakat akan produk alat tulis kantor yang berkualitas, terjamin, dan memiliki harga yang kompetitif menjadi latar belakang hadirnya perusahaan kami, PT Rajin Sukses Kreatif, yang bergerak dalam bidang pengadaan alat tulis kantor. Tepatnya pada 20 April tahun 2000, PT Rajin Sukses Kreatif didirikan di Bandung. Kantor pusat kami berada di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat. Pada awalnya, kami hanya memiliki dua pabrik produksi dan tiga cabang pemasaran di Bandung dan Jakarta. Kini, setelah berkiprah selama lebih dari 20 tahun, perusahaan kami telah berkembang menjadi lima pabrik produksi dan lebih dari 20 cabang pemasaran di hampir setiap kota besar di Indonesia. Saat ini, perusahaan kami didukung oleh peralatan produksi canggih, tenaga kerja profesional, manajemen yang kuat, dan pengawasan kualitas produk yang terjaga.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 2 Tema Projek SD

Kepuasan konsumen menjadi prioritas kami. Produk alat tulis kantor yang kami hasilkan memiliki jaminan kualitas yang terpercaya dengan standar mutu internasional, aman, dan harga yang bersaing. Sebagai bukti kepuasan konsumen, telah cukup banyak lembaga, instansi, perusahaan, dan konsumen swasta lainnya yang bekerja sama dan menjadi pelanggan produk kami. Selain itu, perusahaan kami juga selalu berinovasi menghadirkan produk-produk terbaru dan beragam dengan melalui hasil riset dan survei mengenai produk-produk yang diinginkan konsumen. Hal ini didukung juga dengan visi dan misi perusahaan, yaitu menjadi perusahaan yang maju di tingkat nasional dan internasional dengan berorientasi pada kepuasan konsumen.

Teks 2: Surat Penawaran Perusahaan

RSK PT RAJIN SUKSES KREATIF

Jalan Selamat Sentosa, Bandung, Jawa Barat

Telepon: 022-1234567, Fax: 022-234567

Email: rajinukseskreatif@gmail.com

Website: www.rajinsukseskreatif.com

Nomor : 077/P-20/2020 Bandung, 24 Januari 2021

Lampiran : Satu lembar

Hal : Penawaran

Yth. PT Tekun Sabar Mandiri

Jln. Semangat No. 3, Bandung

Dengan hormat,

Kami ingin memperkenalkan perusahaan kami PT Rajin Sukses Kreatif yang bergerak dalam bidang distributor peralatan kantor. Perlu diketahui bahwa perusahaan kami telah melakukan kerja sama pengadaan alat-alat kantor dengan beberapa perusahaan, lembaga, dan institusi terkemuka.

Oleh karena itu, kami bermaksud menyampaikan tawaran kerja sama dengan PT Tekun Sabar Mandiri dalam hal penyediaan alat-alat kelengkapan kantor dengan harga yang bersaing. Untuk lebih jelasnya, berikut kami lampirkan brosur produk alat-alat kantor kami yang telah memenuhi standar kualitas internasional untuk dijadikan bahan pertimbangannya. Kami sangat bangga sekiranya PT Lintang Utama dapat menjalin kerja sama yang baik dengan perusahaan kami.

Baca Juga :  Menangani Interupsi dan Kesalahan atau Error, Penjelasan Lengkap Tentang Sistem Operasi

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sales PT Rajin Sukses Kreatif

Cipto Wibisono

Setelah mencermati deskripsi perusahaan dan surat penawaran di atas, silakan bentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 anggota. Selanjutnya, lakukan diskusi kelompok untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1. Menurut kalian, apa saja perbedaan kedua teks di atas berdasarkan bentuk dan jenisnya!

2. Menurut kalian, apakah perbedaan kedua teks di atas berdasarkan tujuan penulisannya?

3. Pada teks satu dan dua terdapat frase harga kompetitif dan harga bersaing. Jelaskan apa maksud dari kedua frase tersebut!

4. Apa saja perbedaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan teks dua? Jelaskan!

5. Apa saja persamaan informasi tentang perusahaan yang terdapat dalam teks satu dan dua? Jelaskan!

6. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah teks tersebut telah cukup sesuai dan lengkap? Apabila belum lengkap, tuliskan saran perbaikannya!

7. Sebagai sebuah deskripsi perusahaan, apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut telah cukup efektif, jelas, dan mudah dipahami? Apabila belum, tuliskan saran perbaikannya!

8. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah bahasa surat tersebut sudah cukup baik dan santun? Apabila belum baik dan santun, tuliskan saran perbaikannya!

9. Sebagai sebuah surat penawaran, apakah isi dan alasan dalam surat tersebut sudah tepat dan menarik? Apabila belum tepat dan menarik, tuliskan saran perbaikannya!

Baca Juga :  Chromebook Made In Indonesia, Begini Spesifikasinya

10. Setujukah kalian jika surat penawaran tersebut termasuk teks negosiasi? Jelaskan alasannya!

Jawaban    :

  1. Teks 1 : merupakan teks deskripsi yang menggambarkan sebuah perusahaan.

Teks 2 : merupakan teks negosiasi dalam bentuk surat penawaran.

2. Teks 1 : bertujuan untuk menggambarkan sebuah perusahaan.

Teks 2 : bertujuan untuk memberikan penawaran sehingga tercapai kesepakatan untuk bekerjasama.

3. Dengan kualitas barang yang sama dari perusahaan lain harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

4. Teks 1 : informasi yang diberikan berupa deskripsi sebuah perusahaan secara detail.

Teks 2 : informasi yang diberikan berupa tawaran Kerjasama untuk pengadaan alat – alat kantor.

5. Persamaan informasi yang terdapat pada teks 1 dan teks 2 adalah sama-sama perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan alat-alat kantor.

6. Sudah, kedua teks tersebut berisi profil yang menggambarkan masing – masing perusahaan.

7. Sudah, dalam kedua teks tersebut menggunakan kata yang lugas dan mudah dipahami.

8. Sudah, dalam surat penawaran tersebut tidak ditemukan kalimat yang negatif.

9. Sudah, karena mencakup informasi yang penting dan melampirkan brosur terkait produk yang ditawarkan.

10. Setuju, karena di dalamnya mengandung penawaran sebuah produk dengan alasan-alasan yang mengandung upaya negosiasi.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai jawaban menilai informasi dan membandingkan isi teks yang terdapat pada buku cerdas cergas berbahasa dan bersastra indonesia untuk SMA/SMK Kelas X halaman 93.

Disclaimer : Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Menilai Informasi Dan Membandingkan Isi Teks yang dipublish pada November 16, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait