-Kunci Jawaban Aktivitas 3.1 halaman 84 Mengenali Suhu Bagian Tubuh IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 3.1 halaman 84 Mengenali Suhu Bagian Tubuh IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPA SMP Kelas 7 halaman 84. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Mengenali Suhu Bagian Tubuh. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Aktivitas 3.1

Mengenali Suhu Bagian Tubuh

Cobalah letakkan punggung telapak tangan kalian pada beberapa bagian tubuh seperti pipi, kening, leher, bahu, ketiak dan rambut. Apakah kalian merasakan panas yang berbeda dari bagian tubuh tersebut? Bagian mana yang dirasakan paling panas? Mengapa bisa demikian? Apakah kalian dapat membedakan secara akurat besarnya suhu yang dirasakan pada masing-masing bagian tubuh tesebut?

Gambar 3.2 Seorang anak sedang mengukur suhu tubuhnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelaskan Apa Itu Fetch Execute Cycle!

Jawaban:

Dengan telapak tangan kami dapat merasakan panas yang berbeda dari bagian-bagian yang disentuh.

Kami merasakan bagian yang lebih panas di area ketiak. Biasanya ketika penggunaan termometer suhu badan biayanya diapit di ketiak. Akan tetapi bagian yang dirasakan paling panas bisa bervariasi karena adaanya perbedaan laju metabolisme tubuh masing-masing individu atau bisa karena faktor lingkungan.

Kami tidak dapat mebedakan suhu secara akurat, karena punggung telapak tangan atau kulit tidak dapat dapat digunakan sebagai alat ukur yang akurat karena bersifat kualitatif bukan kuantitatif.

Benda yang panas mempunyai derajat panas lebih tinggi daripada benda yang dingin. Aktivitas 3.1 menunjukkan bahwa indra perasa memang dapat merasakan tingkat panas bagian tubuh. Akan tetapi, indra perasa bukan pengukur tingkat panas yang baik. Benda yang tingkat panasnya sama dirasakan berbeda oleh punggung tangan kanan dan kiri kalian. Jadi, suhu benda yang diukur dengan indra perasa seperti kulit menghasilkan ukuran suhu yang tidak dapat dipakai sebagai acuan atau tidak pasti.

Untuk itulah suhu harus diukur dan dinyatakan secara pasti dengan angka serta alat ukur suhu yang memiliki skala atau ukuran.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Mari Kita Periksa halaman 84 kelas 7

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.