Kunci Jawaban Aktivitas 5 halaman 147 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 5 halaman 147 Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 145. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tantang Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Menemukan Informasi dalam Sebuah Artikel Opini

Aktivitas 5

Berdasarkan temuan prasasti peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang bertahun 929 di daerah Malang, kerajaan ini diperkirakan berpindah ke Jawa Timur. Menurut kalian, apakah yang menyebabkan perpindahan kerajaan Mataram Kuno ke daerah timur Pulau Jawa?

Jawaban:

Kerajaan Mataram Kuno

Pada masa pemerintahan Dyah Tulodhong (919-924 M), Mpu Sindok diketahui menjabat sebagai Rakai Mahamantri Halu. Kemudian, ketika Dyah Wawa (924-929 M) berkuasa, ia naik pangkat menjadi Rakai Mahamantri Hino. Kedua jabatan yang didudukinya itu adalah posisi yang hanya dapat diisi oleh kerabat dekat raja.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengamati Perubahan Wujud Benda

Atas dasar itulah Mpu Sindok disimpulkan sebagai keturunan Wangsa Syailendra yang memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur karena istananya di Jawa Tengah hancur akibat letusan Gunung Merapi. Menurut para pujangga, bencana tersebut dianggap sebagai pralaya atau kehancuran dunia, dan sesuai landasan kosmogonis maka haruslah dibangun kerajaan baru yang diperintah wangsa baru pula.

Terlepas dari perbedaan pendapat mengenai asal-usulnya, yang pasti Mpu Sindok memindahkan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur pada 929 M. Terdapat beberapa alasan yang diperkirakan menjadi sebab perpindahan ini, seperti faktor bencana alam, politik, dan adanya ancaman dari kerajaan lain, misalnya Kerajaan Sriwijaya. Setelah pindah ke Jawa Timur, kerajaan ini sering disebut sebagai Kerajaan Medang. Sesuai Prasasti Turyan, ibu kota pertamanya berada di Tamwlang, daerah yang saat ini berada di sekitar Jombang. Mpu Sindok kemudian dinobatkan sebagai raja pertama dari Dinasti Isyana.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka Topik 2 Kurikulum Merdeka

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.