Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 149 Hikmah Politik Singhasari IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 149 Hikmah Politik Singhasari IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban IPS SMP Kelas 7 halaman 149. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tantang Hikmah Politik Singhasari. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Akar olahraga adalah manusia yang bermain. Ciri-ciri suatu aktivitas dapat disebut permainan adalah

Aktivitas 6

Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari politik yang terjadi di Singhasari? Bandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa ini!

Jawaban :

Politik yang terjadi zaman Kerajaan Singhasari adalah politik dinasti. Politik dinasti mengharuskan penerus tahta ada keturunan raja. Bisa merupakan anak kandung, cucu, kerabat dekat, atau menantu. Raja pun dianggap penguasa satu-satunya dan bisa bertindak sesuai keinginannya. Politik Kerajaan banyak memicu perebutan kekuasaan diantara keluarga kerajaan sendiri. Ditambah perebutan wilayah kekuasaan dari luar Kerajaan menambah penyebab banyaknya terjadi perang di masa itu, baik perang saudara maupun perang antar kerajaan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 17 halaman 110 Kelangkaan Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Indonesia yang kini sudah menjadi negara dari Aceh hingga Papua, menjalankan politik Demokrasi. Demokrasi dimana rakyat menjadi penentu kekuasaan. Rakyat dapat memilih pemimpinnya sendiri. Demokrasi juga politik yang mendengarkan pendapat dan keinginan rakyatnya. Politik demokrasi tidak terikat dengan kekuasaan keluarga. Pemimpin negara dan perwakilan rakyat di parlemen merupakan orang- orang yang dipilih langsung oleh rakyat saat pemilu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsu dan Ciri Bahasa Iklan Elektronik

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.