kolase sampah plastik
kolase sampah plastik

Kunci Jawaban “Cara Membuat Kolase dari Sampah Plastik”

beritawarganet.com – Kunci Jawaban “Cara Membuat Kolase dari Sampah Plastik”. Pernahkan Sobat BW melihat koran bekas, plastik, atau kardus yang berserakan tidak terpakai?

Tentunya akan mengganggu pemandangan ya. Sobat BW tidak boleh tinggal diam jika melihat koran bekas, plastik, dan kardus bekas yang berserakan. Sobat BW bisa memanfaatkan barang-barang bekas tersebut lho.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tempo Lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"

Banyak usaha telah dilakukan untuk memanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai di lingkungan sekitar. Salah satunya dengan mendaur ulang barang-barang bekas pakai yang berasal dari rumah untuk membuat karya seni rupa. Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas.

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi"

Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memulai membuat kolase.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.

  1. Selembar kertas, bisa kertas karton atau kertas sketsa/gambar.

  2. Lem

  3. Gunting

  4. Koran bekas.

  5. Gambar

Langkah-langkah membuat kolase sebagai berikut.

  1. Siapkan gambar pola pada selembar kertas.

  2. Buatlah potongan-potongan bahan (koran bekas, kardus, plastik).

  3. Tempelkan potongan-potongan tersebut ke permukaan gambar yang telah disediakan.

kolase sampah plastik

Tahukah Kamu

Tahukah kamu, bahwa sampah telah menjadi masalah lingkungan yang semakin sulit diatasi? Sampah plastik telah menutupi beberapa samudra dan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang serius. Banyak hewan laut mati karena memakan sampah plastik.

Salah satu cara yang dilakukan masyarakat kini adalah dengan menggalakkan gerakan daur ulang sampah plastik. Tujuan mendaur ulang sampah plastik untuk memperpanjang usia pemakaian barang sehingga tidak perlu membeli untuk sementara waktu. Dengan demikian, jumlah sampah dapat dikurangi jumlahnya. Dengan melakukan penghematan barang dari alam, kita telah melakukan usaha pelestarian makhluk hidup di sekitar kita.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Puisi "Hidupku Penuh Warna" Karya: D. Karitas

Sobat BW bisa berperan aktif dalam gerakan mengurangi sampah plastik. Untuk mengurangi sampah plastik, Sobat BW dapat menggantikan kantong plastik dengan kantong kain. Hal ini dilakukan agar semakin sedikit kantong plastik yang kita pakai. Ketika berbelanja kita biasanya menggunakan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan, sekarang Sobat BW dapat menggunakan kantong yag terbuat dari kain. Sehingga secara bertahap akan mengurangi adanya sampah plastik.

Semoga bermanfaat ya..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *