penjaga alamku deklamasi
penjaga alamku deklamasi

Kunci Jawaban “Cara Mendeklamasikan Puisi”

beritawarganet.co – Kunci Jawaban “Cara Mendeklamasikan Puisi”. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang biasanya berisi tentang keindahan alam, peristiwa yang erjadi di lingkunga, dan sebagainya. Ada salah satu cara membaca puisi yang dapat Sobat BW pelajari, yaitu deklamasi.

Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.1 Matematika Kelas 8 Halaman 68 Semester 2

Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.

Contoh menentukan jeda:

Kau // adalah / para penyelamat negeri //

Catatan:

  1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.

  2. // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.

  3. /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.

 

Ayo Mencoba!

  • Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
  • Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
  • Latihkan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu buat.
  • Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut.
  • Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta teman sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada saat kamu mendeklamasikannya.
  • Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Mendeklamasikan puisi memerlukan persiapan yang baik. Selain menghafalkan baris demi baris, kamu juga harus memahami makna puisi tersebut. Setiap orang bisa memiliki pemahaman yang berbeda terhadap makna puisi. Salah satu cara untuk membedakan makna puisi adalah dengan memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jelaskan Pengertian Jaringan Lokal! Informatika Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.

Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

  1. V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.

  2. VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.

  3. VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya. Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Pangeran Diponegoro dan Perang Jawa"

penjaga alam ku

Kamu telah mengetahui bagaimana menggunakan tekanan dan jeda yang tepat pada saat mendeklamasikan puisi. Selain pelafalan, intonasi dan tekanan yang tepat, kamu juga harus dapat menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi. Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui makna atau isi puisi.

Pada saat mendeklamasikan sebuah puisi, pahamilah isi dan pesan yang ingin disampaikan. Apabila puisimu tentang harapan dan doa, ekspresi wajahmu harus mendukungnya, yaitu berekspresi yang sama saat kamu berdoa. Jika puisimu berkisah tentang harapan, ekspresimu harus menunjukkan mata berbinar dengan pandangan jauh menerawang. Jika puisimu berisi tentang pengalaman sedih, ekspresimu harus menunjukkan kesedihan yang mendalam seperti saat kamu kehilangan orang terkasih.

Kamu dapat melatih perubahan ekspresi wajah dengan menggunakan kaca atau dengan bantuan temanmu. Setelah kamu menghafalkan puisi, kamu dapat menjiwai puisi dengan menempatkan dirimu sebagai bagian dari isi puisi tersebut.

Nah Sobat BW selain memahami tekanan dan jeda dalam membaca puisi secara deklamasi, Soat BW juga perlu belajar dalam membuat ekspresi wajah yang sesuai dengan isi puisi. Hal ini diperlukan agar suasana puisi yang Sobat BW bawakan akan dirasakan juga oleh para pendengarnya.

Semoga bermanfaat ya..