manfaat lingkungan
manfaat lingkungan

Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat lepas dan dipisahkan lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya yang menunjang kehidupan dan dalam menenuhi kebutuhan manusia. Berbagai sumber daya dan sumber energi disediakan oleh lingkungan, mulai dari sumber energi air, matahari, tanaman, dan lain sebagainya. Lingkungan juga menjadi tempat sosial dimana manusia melakukan aktivitas dan berinteraksi satu dengan lainnya. Lingkungan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia lho Sobat BW. Bagaimana fungsi dan manfaat lingkungan bagi manusia? Mari kita cari tahu bersama.

 

Ayo Membaca

Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 8 halaman 154 Teori-teori Masuknya Islam ke Nusantara IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan

Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

 

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja

Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya

 

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal

Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Karya Seni Rupa Daerah

Tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan hidup jika keadaan lingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

 

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan – Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?

Lengkapi peta pikiran berikut.

manfaat lingkungan

 

Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!

Kesimpulanku

Lingkungan merupakan sesuatu yang ada disekitar manusia yang mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang tidak terpolusi oleh udara yang kotor, lingkungan yang bersih, dan tidak ada

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 93 Hukum Perbandingan Tetap IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan – Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Manfaat Lingkungan – Lingkungan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain sebagai tempat tinggal, lingkungan juga berfungsi sebagai tempat mencari makan dengan hasil kebun, tempat bekerja untuk mencari nafkah, tempat berkumpul untuk sosialisasi, dan banyak lagi fungsi serta manfaat lingkungan bagi manusia. Sobat BW, bagaimana keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggal mu?

Lingkungan yang nyaman dan dengan masyarakat yang saling menghormati akan tercipta lingkungan sosial yang damai. Lingkungan yang bersih dan terjaga kelestariannya akan menciptakan lingkungan alam yang akan terhindar dari bencana alam.

Semoga bermanfaat ya sobat BW..