iklan berdasarkan jenis

Kunci Jawaban Jenis-Jenis Iklan Elektronik

Beritwarganet.com – Kunci Jawaban Jenis-Jenis Iklan Elektronik. Iklan elektronik memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan berdasarkan isinya. Sobat BW, apa saja jenis-jenis iklan berdasarkan isinya, mari kita cari tahu Bersama.

 

Dayu, Siti, Lani, dan Beni sedang asyik mengerjakan tugas sekolah di rumah Edo. Mereka mencari artikel di internet dengan menggunakan komputer milik ayah Edo. Sesekali ayah Edo memberikan bimbingan dan arahan dalam menggunakan internet. Tak sengaja mereka melihat ada iklan yang terpampang di halaman depan sebuah situs pendidikan.

 

Ayo Mengamati

Ketika Edo, Lani, Siti, Dayu, dan Beni sedang asyik mencari artikel, tiba-tiba muncul sebuah iklan. Iklan tersebut muncul saat mereka membuka sebuah situs untuk mencari artikel yang menjadi tugas sekolah mereka. Iklan apa yang muncul?

Amatilah iklan yang muncul saat Edo membuka sebuah situs.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tangga Nada Diatonis Minor

 

iklan berdasarkan jenis

 

Tuliskan isi iklan di atas pada kolom berikut.

Iklan tersebut menganjurkan kita untuk membayar iuran Jaminan Kesehatan Sosial – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) Tepat pada waktunya. Maksimal waktu pembayaran iuran yaitu tanggal 10 Setiap Bulan.

Iklan ini disediakan oleh BPJS kesehatan

 

Tahukah kamu bahwa iklan elektronik dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis berdasarkan isinya?

Jenis-Jenis Iklan Elektronik

Berdasarkan isinya, jenis-jenis iklan elektronik dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.

 

2. Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan adalah iklan yang menekankan pada citra perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

 

Baca Juga :  Soal PTS / UTS IPS Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah.

 

Ayo Berlatih

Untuk lebih memahami tentang isi iklan di media elektronik, cobalah kamu mengamati salah satu iklan di media elektronik (televisi/radio/internet). Setelah itu buatlah kesimpulan isi dari iklan yang kamu amati secara visual (menggunakan gambar).

 

Buatlah gambar dan kesimpulan isi iklan pada kotak berikut.

 

 

Iklan tersebut menawarkan jasa untuk memperbaiki laptop. Dengan menghubungi nomor dan email yang tertera atau mengunjungi alamat yang ada pada iklan.

 

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan komersial merupakan salah satu iklan yang paling banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, karena iklan komersial ini biasanya menawarkan suatu produk yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Contoh iklan komersial antara lain: iklan kecantikan, iklan perawatan tubuh, iklan makanan dan minuman ringan, iklan bumbu masakan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Unsur-Unsur Budaya

 

Iklan perusahaan adalah iklan yang mempromosikan citra perusahaan, bukannya produk atau jasa yang ditawarkannya. Iklan perusahaan merupakan salah satu iklan yang memberikan informasi mengenai sebuah perusahaan. Iklan perusahaan biasanya akan berdampak panjang bagi sebuah perusahaan dengan membuah citra perusahaan sebaik mungkin. Iklan perusahaan ini contohnya menyiarkan kegiatan sosial yang dilakukan suatu perusahaan, atau kegiatan lainnya yang membentuk citra sebuah perusahaan.

 

Sedangkan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan umum.

 

Nah Sobat BW, itulah jenis-jenis iklan elektronik yang dikelompokkan berdasarkan isinya.

Semoga bermanfaat ya..