pemanfaatan sumber daya alam
pemanfaatan sumber daya alam

Kunci Jawaban Pemanfaatan Sumber Daya Alam

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Sumber daya alam merupakan salah satu keunikan yang dimiliki oleh negara kita. Sumber daya alam di Indonesia antara lain hasil pertanian, perkebunan, peternakan, laut, dan tambang. Sumber daya alam yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apa saja manfaat sumber daya alam bagi kehidupan masyarakat indonesia? Mari kita cari tahu bersama.

 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

 

Kekayaan sumber daya alam dapat dimanfaatkan untuk menunjang dan mempermudah kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Sistem Operasi OS Fungsi dan Contoh

 

Manfaat kekayaan alam bagi masyarakat dapat dirasakan langsung, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Sayur-sayuran, buah-buahan, padi, merupakan contoh beberapa hasil kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Ada juga kekayaan alam yang dimanfaatkan secara tidak langsung. Artinya kekayaan alam tersebut haruslah diolah terlebih dahulu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Misalnya minyak bumi yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak tanah, solar, bensin, maupun aspal agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Akibat Hidup Tidak Rukun

 

Sumber daya alam yang kita miliki menghasilkan kekayaan alam berupa hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil hutan, dan hasil tambang. Sumber daya alam tersebut akan bermanfaat apabila kita dapat mengolahnya dengan baik.
Setiap kekayaan alam yang kita miliki mempunyai manfaat dan kegunaan masing-masing. Berikut tabel contoh hasil sumber daya alam dan manfaatnya.

 

 

 

Ayo Berdiskusi
Kunci Jawaban Pemanfaatan Sumber Daya Alam – Bersama kelompokmu coba identifikasilah berbagai sumber daya alam dan pemanfaatannya di daerah tempat tinggalmu (bisa kota, kabupaten, maupun propinsi tempat tinggalmu). Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Baca Juga :  Apa Hubungan Informatika dengan Engineering (Rekayasa)?

 

pemanfaatan sumber daya alam

 

Kunci Jawaban Pemanfaatan Sumber Daya Alam – Sobat BW, begitu banyak manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan secara langsung atau harus diproses terlebih dahulu. Hasil sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan secara langsung antara lain hasil pertanian seperti sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Sedangkan hasil sumber daya alam yang harus diolah terlebih dahulu antara lain hasil tampang seperti minyak bumi, gas alam, dan lainnya.

Semoga bermanfaat ya..