Kentang Dapat Menghasilkan Listrik
Kentang Dapat Menghasilkan Listrik

Kunci Jawaban Kentang Dapat Menghasilkan Listrik

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Kentang Dapat Menghasilkan Listrik. Sumber energi yang manusia manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari suatu saat nanti akan habis, karena sumber energi yang tidak dapat diperbarui memerlukan waktu yang sangat lama untuk terbentuk kembali. Misalnya saja sumber energi listrik. Energi listrik terbentuk dengan memanfaatkan minyak bumi, gas bumi, panas bumi, dan sebagainya. Sumber energi inilah yang termasuk dalam sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

 

Untuk mengantisipasi sumber energi yang tidak dapat diperbarui tersebut, perlu adanya sumber energi alternatif yang dapat menggantikan sumber alam tersebut dalam menghasilkan energi listrik. Apakah sobat BW tahu benda atau bahan apa yang dapat dijadikan energi alternatif untuk menghasilkan listrik?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Mari Kita Periksa halaman 106 kelas 7

 

Salah satu bahan yang dapat menghasilkan listrik adalah kentang. Bagaimana kentang dapat menghasilkan listrik? Mari kita cari tahu bersama.

Kentang Dapat Menghasilkan Listrik

 

Kentang hampir terdapat di seluruh dunia. Manfaat kentang diantaranya sebagai makanan sumber karbohidrat dan energi bagi tubuh. Di Indonesia Kentang dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan tradisional seperti perkedel.

Fakta lain menunjukkan bahwa kentang memiliki manfaat besar. Kentang dapat dimanfaatkan sebagai baterai bagi lampu untuk menerangi rumah kita. Beberapa lalu para peneliti di Universitas Ibrani Yerusallem merilis temuannya. Kentang yang direbus selama delapan menit dapat membuat baterai mempunyai kekuatan sepuluh kali energi baterai pada umumnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas TIK-K10-08 Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint

Sistem baterai kentang dapat digunakan untuk menyalakan lampu dengan pencahayaan selama 40 hari. Kentang bisa memasok listrik untuk ponsel dan produk elektronik lainnya.

Tidak hanya itu, para ahli pun menyatakan bahwa kentang adalah sumber energy alternatif. Namun tidak seefisien dan semudah energi angin dan surya dalam jangka waktu yang panjang.

 

 Kegiatan 1

Percobaan Membuat Listrik dari Kentang

Alat dan Bahan

1. Kentang.

2. Lampu LED (lampu bohlam kecil juga bisa).

3. Kabel panjang 1 meter.

4. Penjepit buaya.

5. Lempengan tembaga (Cu).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6.6 halaman 143 Eksplorasi Energi IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

6. Lempengan seng (Zn) Untuk penganti lempengan tembaga dan seng ini dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

 

Setelah alat dan bahan tersedia, lakukan prosedur berikut.

1. Tusukkan lempengan seng dan tembaga ke dalam kentang dengan jarak 1 cm (jangan disatukan).

2. Jepitkan kabel pada masing-masing lempeng, lalu hubungkan dengan lampu.

3. Lihat nyala lampu yang terjadi.

4. Jika nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik. Namun jika masih belum menyala, bisa ditambahkan kentang lagi agar arus listrik yang dihasilkan bertambah besar.

5. Untuk menghasilkan energy listrik yang lebih besar dapat dilakukan dengan merakit beberapa butir kentang.

 

Kentang Dapat Menghasilkan Listrik

 

 

Sobat BW dapat mencoba melakukan percobaan diatas dan membuktikan apakah kentang dapat menghasilkan energi listrik. Selamat mencoba Sobat BW, semoga bermanfaat..