Obyek material ilmu keolahragaan adalah

Obyek material ilmu keolahragaan adalah

Daftar Isi

Obyek material ilmu keolahragaan adalah:

A. Biomekanika
B. Ilmu gizi
C. Manusia yang bergerak
D. Tubuh manusia
E. Sarana prasarana

Jawaban:

C. Manusia yang bergerak

Pembahasan

Pengaruh filsafat terlihat di antaranya dalam cara manusia menjaga kedisiplinan diri dan membangun etos kerja; dalam cara manusia menjalin keharmonisan hidup dengan sesama manusia dan dalam cara manusia memperlakukan alam. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun terkesan asing, namun sebenarnya filsafat sangat dekat dengan manusia. Titus, Smith, dan Nolan dalam Living Issues in Philosophy (1986: 5), mengemukakan bahwa persoalan filsafat adalah persoalan kehidupan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Kisah Seorang Penari Gandrung Banyuwangi"

Upaya mendalami filsafat menjadi sangat penting karena menghadapi persoalan semacam itu merupakan bagian yang sangat penting dari usaha untuk mengatasi persoalan di dalam hidup. Filsafat bisa dipahami dari berbagai sudut pandang, yaitu di antaranya sebagai pandangan hidup, metode berpikir, atau sebagai sebuah ilmu. Sebagai ilmu, filsafat adalah ilmu yang dinilai “istimewa”. Adapun keistimewaannya adalah: pertama, filsafat adalah ilmu yang paling tua sehingga disebut sebagai induk dari segala macam ilmu khusus; dan kedua, filsafat mempunyai ruang lingkup pembahasan atau kajian yang sangat luas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tempo Lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"

Objek materialnya, atau lapangan penyelidikannya, mencakup “segala sesuatu yang ada” dan “yang mungkin ada”. Dilihat dari objek materialnya ini, terlihat bahwa filsafat juga menangani objek material yang dipelajari oleh ilmu-ilmu khusus. Antropologi, biologi, dan sosiologi misalnya, ketiganya membahas objek material yang sama yakni manusia. Contoh lain, fisika membahas tentang alam. Filsafat pun juga demikian. Adanya pencakupan berbagai macam objek material ilmu khusus oleh filsafat menjadi salah satu bukti bahwa filsafat memiliki ruang lingkup kajian yang sangat luas

Baca Juga :  Kunci Jawaban Jenis-Jenis Iklan Elektronik

Dalam kajian epistemologis, obyek formal ilmu pengetahuan meliputi kerangka teori yang membantu perspektif peneliti dalam melihat obyek material. Contoh obyek formal adalah ekonomi, biologi, fisiologi. Sedang obyek material meliputi apa yang diteliti. Misalnya: benda hidup untuk biologi, masyarakat untuk sosiologi, dan gerak manusia untuk ilmu keolahragaan.