Seorang guru pendidikan jasmani meminta siswa melakukan pengamatan video suatu

Seorang guru pendidikan jasmani meminta siswa melakukan pengamatan video suatu Pertandingan sepakbola

Daftar Isi

Seorang guru pendidikan jasmani meminta siswa melakukan pengamatan video suatu Pertandingan sepakbola dari sisi bagaimana pemain menerapkan taktiknya. Kegiatan ini dapat disebut sebagai pendekatan saintifik dengan cara:

A. Eksperimentasi
B. Mengamati
C. Mengomunikasi
D. Menalar
E. Mempresetasikan

Jawaban:

B. Mengamati

Pembahasan

Pendekatan saintifik dapat dilakukan dengan mengamati, menanya, menalar, mengokumunikasikan, melakukan eksperimentasi. Untuk kegiatan mengamati, dapat disebut sebagai proses mengenal objek melalui penggunaan indra yang dimiliki, misalnya dengan melihat/menonton, mendengarkan, dan membaca.

Baca Juga :  Bagaimana Sebuah Komputer Menjalankan Sebuah Program Dalam Bahasa Mesin?

Sehingga peserta didik akan memperoleh konsep awal dan menemukan permasalahan – permasalahan dalam materi yang akan dipelajari. Proses ini juga menyebabkan peserta didik memahami obyek secara nyata, senang, tertantang, dan memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran selanjutnya.

Contoh kegiatan mengamati dalam pembelajaran materi pokok sepak bola:

  • Mencari dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik. Proses pengamatan ini dapat dilakukan sebelum atau sesudah pembelajaran.
  • Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil pengamatan. atau Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Baca Juga :  Bagaimana Cara Mencari Arti Sebuah Kata dalam Kamus Cetak?, Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka