Aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemanduan bakat adalah

Aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemanduan bakat adalah

Daftar Isi

Aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemanduan bakat adalah:

A. Anatomis dan fisiologis
B. Tinggi badan, keterampilan olahraga, status gizi
C. Status gizi dan makanan
D. Biologis, biomotor, fisiologis
E. Psikologi dan tingkat emosi

Jawaban

D. Biologis, biomotor, fisiologis

Pembahasan

Atlet yang berkemampuan tinggi mempunyai profil biologis yang spesifik, kemampuan biomotor yang tinggi dan sifat fisiologis yang kuat. Oleh sebab itu, faktor-faktor ini merupakan hal penting dalam pemanduan bakat dan harus diperhatikan oleh guru pendidikan jasmani.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu  halaman 203 sampai halaman 213 Soal B IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Menurut Harsono,dkk 2000: 53, prestasi olahraga dipengaruhi oleh faktor fisik, teknik, mental dan sosial yang saling berkaitan, oleh karena itu dalam pemanduan bakat, semua faktor yang tersebut perlu dipertimbangkan.

Sangatlah mustahil bagi seorang pelatih atau pembina olahraga untuk memprediksikan prestasi olahraga hanya dengan mengidentifikasi bakat seseorang pada salah satu faktor saja. Identifikasi yang dilakukan harus kompleks dan mencakup semua faktor yang telah disebutkan diatas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 3 Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Prinsip-prinsip pemanduan bakat telah dikembangkan oleh beberapa pakar pemandu bakat dan dirangkum oleh Reignier, Salmela, dan Russel dalam bukunya, antara lain:

  1. Pemanduan bakat olahraga harus dilihat sebagai sebuah proses, dalam konteks pengembangan bakat secara luas.
  2. Pemanduan bakat olahraga merupakan prediksi jangka panjang terhadap prestasi olahraga seorang anak.
  3. Pemanduan bakat harus mempertimbangkan tuntutan spesifik setiap cabang olahraga.
  4. Pemanduan bakat olahraga berdasarkan pendekatan berbagai disiplin ilmu, disebabkan penampilan olahraga dipengaruhi banyak aspek.
  5. Pemanduan bakat olahraga harus dapat menentukan aspek penentu prestasi olahraga yang dipengaruhi oleh hereditas atau bawaan.
  6. Pemanduan bakat olahraga harus mempertibangkan aspek dinamis dari penampilan olahraga, karena adanya faktor usia, pertumbuhan, dan latihan.