Alhamdulillah, Akhirnya Toyota Harrier Masuk Zona Asia Tenggara

Berita Warganet – Alhamdulillah, Akhirnya Toyota Harrier Masuk Zona Asia Tenggara. Toyota Harrier mulai menyambangi kawasan Asia Tenggara. Setelah kali pertama meluncur di negara asalnya, Jepang, kini, generasi terbaru dari medium SUV andalan Toyota itu hadir di Malaysia.

Di Jepang, Toyota Harrier generasi terbaru dikenalkan pada Juni 2020. Pada peluncuran perdananya, model ini hadir dengan dua pilihan mesin. Ada model hybrid, yang menggunakan mesin 2.5 liter inline-four direct injection yang didukung oleh satu atau dua motor listrik tergantung pada tata letaknya.

Versi FWD memiliki output puncak 218 tenaga kuda (160 kilowatt), sedangkan model AWD sedikit lebih bertenaga pada 222 hp (163 kW). Tenaga dari mesin pembakaran mencapai roda melalui transmisi variabel kontinyu elektrik.

Baca Juga :  Mahindra Thar Indonesia Laris Manis di Indonesia.

Kemudian ada juga model bertenaga bensin konvensional, yang didukung oleh mesin 2.0 liter yang menghasilkan tenaga maksimum 171 hp (126 kW) pada 6.600 rpm dan 153 pound-feet (207 Newton-meter) pada 4.800 rpm.

Mesin empat silinder tersebut dikawinkan dengan gearbox CVT persneling langsung.

Sedangkan di Malaysia, Toyota Harrier hanya dilengkapi satu pilihan mesin yakni mesin empat silinder M20A-FKS 2.0 Liter Dynamic Force.

Mesin ini familiar karena digunakan oleh SUV Toyota lainnya yakni Toyota RAV4 terbaru. Hanya saja perubahan mesin membuat tenaga yang dihasilkan kini jadi turun yang semula 231 PS kini menjadi 173 PS. Begitu juga torsi yang semulai 350 Nm kini turun total jadi 203 Nm.

Baca Juga :  BMW M4 CSL Bakalan Hadir Pada Tahun 2022

Dengan mesin tersebut mampu menorehkan efisiensi bahan bakar 15,3 kilometer per liter. Tidak hanya itu, untuk panas mesin yang dihasilkan dari putarannya, kini diklaim menurut sebesar 40 persen dari generasi sebelumnya.

Toyota Harrier juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan mumpuni, yakni Toyota Sense dan mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Beberapa fitur keselamatan Toyota Safety Sense yang dibekali, meliputi pre-crash system, lane departure alert, lane tracing assist, dynamic radar curise control, serta adaptive high-beam system.

Baca Juga :  Toyota Yaris Cross Resmi Terdaftar Hak Paten nya, Ini Dia Harga Yaris Cross 2022

Untuk desain, mobil ini hadir dengan nuansa yang lebih baru dan segar. Perubahan dari sisi styling lampu depan dan grill juga mengusung desain baru.

Terintegrasi dengan lubang grill yang kini lebih lebar serta terkoneksi dengan air scoop dan lampu kabut yang berada di sisi kanan dan kiri.

Pada bagian belakang, Toyota Harrier masih mengusung desain lampu yang sama dengan generasi sebelumnya yang menyambungkan sisi kanan dan kiri melalui satu garis.

Nuansa sporty nan modern kembali diperlihatkan lantaran diffuser belakang dibekali dengan striping silver yang terlihat lebih modern.