Kunci Jawaban Ciri-Ciri Benda Tiga Dimensi

benda tiga dimensi

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Ciri-Ciri Benda Tiga Dimensi. Adakah dirumah Sobat BW yang memiliki barang yang terbuat dari tanah liat seperti teko, pot, piring, atau celengan? Disebut apakah barang-barang tersebut? Ya, barang-barang tadi biasa disebut dengan gerabah.

 

Di Yogyakarta ada kampung yang terkenal dengan kerajinan gerabah. Kampung itu bernama Kasongan. Kasongan terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gerabah merupakan satu di antara karya tiga dimensi. Selain gerabah,benda-benda ukiran juga merupakan karya tiga dimensi. Apakah kamu dapat menyebutkan karya tiga dimensi lainnya? Dapatkah kamu menggambar benda tiga dimensi? Ayo, kita belajar bersama-sama.

Baca Juga :  Jawaban Pertanyaan Puisi “Tapi”

benda tiga dimensi

 

Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi

 

Kunci Jawaban Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi – Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi. Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.

 

Ciri-ciri benda tiga dimensi adalah

1. Benda tiga dimensi merupakan benda yang memiliki 3 sisi yaitu panjang, lebar, dan tinggi

2. Menempati ruang

3. Dapat dinikmati dari segala arah

4. Wujud bidangnya bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang

5. Dimensinya adalah luas dan volume

 

Ayo Membaca

Gambar adalah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Objek gambar adalah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas, bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proyek halaman 71 Biosolar B30 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, dapat kamu pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.

1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.

2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.

3. Memiliki volume.

 

Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.

 

Jenis Benda Tiga Dimensi

1. Benda Kubistis

Benda kubistis adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, bak sampah, dan kulkas.

2. Benda Silindris

Benda silindris adalah benda-benda yang berbentuk menyerupai silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.

3. Benda Bebas

Benda Bebas adalah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan. Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.

 

Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi – Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kamu lebih memahami karya benda tiga dimensi.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi

1. Bagaimana ciri-ciri benda tiga dimensi.

Benda 3 dimensi memiliki 3 sisi yaitu panjang, lebar, dan tinggi, menempati ruang , dapat dinikati dari segala arah, wujud bidangnya bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang, dimensinya adalah luas dan volume

2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?

Patung, keramik, arca, gerabah

3. Apa saja contoh lain benda tiga dimensi yang dapat ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?

Contoh benda tiga dimensi dalam kehidupan sehari-hari antara lain: gelas, patung, tugu

4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?

a. Buat sebuah sketsa sesuai selera

b. Perjelas gambar sketsa

c. Tambahkan sisik agar gambar terlihat lebih hidup’

d. Beri efek bayangan

e. Kemudian potong sebagian background gambar menggunakan cutter hingga yang tinggal hanya gambar yang dibuat saja

 

Kunci Jawaban Ciri-ciri Benda Tiga Dimensi – Tidak sulit mencari contoh benda tiga dimensi disekitar Sobat BW, karena banyak sekali benda-benda tiga dimensi yang ada di rumah sobat BW. Benda-benda tiga dimensi tidak hanya berbentuk gerabah yang terbuat dari tanah liat, benda tiga dimensi juga dapat terbuat dari kayu seperti lemari, meja, patung pajangan, dan lain sebagainya. Tidak hanya tanah liat dan kayu, benda tiga dimensi juga dapat terbut dari logam dan besi, seperti rak buku dan masih banyak lagi contoh benda tiga dimensi yang ada di sekitar Sobat BW.

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like