unsur-unsur iklan
unsur-unsur iklan

Kunci Jawaban Unsur-Unsur Iklan

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Unsur-Unsur Iklan. Pernahkah Sobat BW memperhatikan banyak brosur yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk. Brosur penawaran salah satu iklan media cetak.

Amatilah gambar berikut.

unsur-unsur iklan
unsur-unsur iklan

Gambar di atas merupakan iklan media cetak yang menawarkan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin cuci bermerk “Resik”.
Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

 

Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan pertanyaan berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Desa-desa Unik di Bali

1. Apakah yang dimaksud dengan iklan?

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak dan elektronik

 

2. Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut?

Arti kata kapasitas adalah daya tampung atau ruang yang tersedia.

Arti kata program adalah perintah yang akan dijalankan.

Meisin cuci “Resik” memiliki kapasitas 10 kg. Ini berarti, mesin cuci tersebut memiliki daya tampung 10 kg. Sedangkan program adalah perintah-perintah untuk melakuka sesuatu. Contoh, perintah memutar atau membuang air.

 

3. Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap asing.

Kata asing dalam iklan di atas antara lain Bed cover dan Stainless steel.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proses Pembentukan NKRI

Penawaran produk dalam sebuah iklan haruslah menarik, karena itu akan membuat orang-orang yang membaca merasa ingin membeli produk yang ditawarkan dalam iklan. Nah, kali ini Udin melihat sebuah iklan di media cetak. Iklan apa yang Udin temukan di media cetak? Mari kita simak bersama.

 

Udin mengamati iklan produk minuman dalam media cetak. Udin menyukai gambar dalam iklan. Udin merasa gambar dalam iklan bagus sekali. Selain gambar, Udin juga mengamati tulisan dalam iklan dan isi dari tulisan. Apa saja sebenarnya unsur-unsur iklan? Apakah iklan harus menarik sehingga banyak orang yang membeli produknya. Ayo, kita pelajari.

 

Unsur-Unsur Iklan

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi

1. Nama produk.

2. Gambar yang menarik.

3. Kalimat iklan.

4. Keunggulan produk.

5. Harga produk.

6. Nomor telepon.

7. Alamat pengiklan.

 

Sobat BW, seseorang yang membuat iklan haruslah memahami unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah iklan jika ingin produknya menarik perhatian orang lain. Jadi apa saja unsur-unsur dalam sebuah iklan?

 

Iklan memiliki unsur-unsur antara lain nama produk yang ingin dipromosikan, gambar yang menarik dan mewakili sebuah produk, kalimat iklan yang jelas dan singkat, menampilkan keunggulan produk, harga produk, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta alamat pengiklan.

 

Jika sudah memenuhi unsur-unsur di atas, kamu siap untuk mencetak iklan tersebut dan menyebarluaskan ke masyarakat. Semoga bermanfaat..