macam pola lantai
macam pola lantai

Kunci Jawaban Variasi Pola Lantai

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Variasi Pola Lantai. Indonesia merupakan salah satu negara dengan keragaman budayanya. Tidak hanya keragaman musik, tetapi Indonesia juga memiliki tarian yang beragam. Misalnya tari Saman dari daerah Aceh, atau tari Kecak dari daerah Bali. Semua tarian memiliki keunikan dari masing-masing daerah begitu pula dengan pola lantai dari setiap tarian.

 

Suatu sore keluarga Siti berkumpul di ruang tamu untuk menonton televisi. Agar lebih nyaman Siti dan Ibunya menyiapkan air dan makanan untuk camilan di dapur. Tak lama kemudian Siti dan ibu membawa air dan hidangannya ke ruang tamu. Sementara itu, ayah dan adik Siti sedang menonton pertunjukan tari di televisi. Siti tertarik pada tarian yang ditampilkan penari di televisi. Setiap tarian menampilkan berbagai variasi pola lantai. Ingatkah kalian yang dimaksud pola lantai?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.12 halaman 26 Konversikan ke Dalam Satuan Baku IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

 

“Wah, bagus ya, Yah! Formasi penarinya berubah-ubah, teriak Siti”. Pada waktu masih kecil, Ayah Siti pandai menari. Ayah Siti juga sering ikut latihan menari di keraton. Oleh karena itu, Ayah Siti paham betul apa yang diserukan oleh Siti. Ayah pun menanggapi seruan Siti, “Itu yang dinamakan variasi pola lantai, Nak”. Kemudian, ayah menerangkan mengenai pola lantai kepada Siti.

 

Gambar 1 menunjukkan pola lantai yang dilalui oleh seorang penari. Gambar 2 menunjukkan garis di lantai yang dibuat oleh formasi kelompok.

Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.

Variasi Pola Lantai

1. Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lurus memberi kesan sederhana tetapi kuat. Berikut gambar pola lantai vertikal.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Interpretasi Diagram! Jawablah Pertanyaan Berikut Ini di Informatika Halaman 78 Kurikulum Merdeka

2. Pola Lantai Diagonal

Pada pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Berikut gambar pola lantai diagonal.

3. Pola Lantai Garis Melengkung

Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Berikut contoh pola lantai garis melengkung.

 

Ayo Berkreasi Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak. Buatlah lima contoh bentuk pola lantai yang ditulis atau digambar pada selembar kertas. Dari bentuk pola lantai yang kalian buat tersebut, coba peragakan di depan guru dan kelompok lain. Siti mengangguk-angguk setelah mendengar penjelasan ayahnya. Tidak lupa Siti berterima kasih kepada ayahnya. Ibu mengajak ayah, Siti, dan adik menikmati hidangan kembali sambil menonton acara televisi selanjutnya.

macam pola lantai

 

Contoh tarian dan pola lantainya:

1. Tari Saman = pola lantai garis horizontal

2. Tari Sekapur Sirih = pola lantai garis lengkung ke depan

3. Tari Legong = pola lantai melingkar

4. Tari Gitek Balen = pola lantai vertikal

5. Tari Remo = pola lantai diagonal

 

Sobat Bw, tarian daerah merupakan kekayaan khazanah budaya bangsa. Sudah seharusnyalah kita peduli terhadap tarian daerah. Bentuk kepedulian terhadap tarian daerah dapat kamu tunjukkan dengan cara menyaksikan tarian daerah, mengamati gerakan pola lantai tarian daerah, dan belajar tarian daerah. Siapa lagi yang akan peduli terhadap kebudayaan negeri sendiri jika bukan kita sendiri. Coba kamu renungkan jika warga negara Indonesia tidak ada yang mengenali tari-tarian daerah sendiri. Apa yang akan terjadi?

Pasti tarian-tarian daerah tersebut akan punah karena tidak ada generasi muda yang mempelajari dan memperkenalkannya ke luar daerah bahkan luar negeri. Maka dari itu sebagai generasi penerus bangsa kita perlu tahu dan belajar serta mempelajari tarian daerah agar tidak punah dan terus dikenal .

Semoga bermanfaat ya..