hemat energi
hemat energi

Kunci Jawaban Hemat Energi Hemat Biaya

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Hemat Energi Hemat Biaya. Banyak sekali sumber energi yang dapat dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti energi listrik, energi matahari, dan lainnya. Sumber energi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah energi listrik, bahkan saat ini kita sangat tergantung pada sumber energi listrik. Coba Sobat BW bayangkan ketika sehari semalam listrik di seluruh Indonesia dimatikan serempak, apa yang akan Sobat BW lakukan?

Pasti banyak kegiatan yang akan terhenti operasionalnya ya. Kita memiliki kewajiban terhadap sumber daya energi yang ada, salah satu usaha yang dapat Sobat BW lakukan adalah dengan cara menghemat energi yang kita gunakan. Bagaimana cara menghemat energi yang kita gunakan? Mari kita cermati bacaan dibawah ini!

Hemat Energi Hemat Biaya

Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja. Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mempergunakannya sehemat mungkin. Apabila kita hemat menggunakan energi, kita pun akan menghemat biaya.
Contoh energi yang perlu kita hemat penggunaannya adalah listrik. Listrik energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat kita rasakan manfaatnya. Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Pada saat ini listrik sangat berperan dalam membantu berbagai aktivitas manusia sehari-hari.

Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik. Contoh pembangkit listrik antara lain pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Setiap pembangkit listrik ini memerlukan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, kita harus berhemat dalam menggunakan listrik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 101 Makanan Tradisional PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi. Kita harus membayar biaya pemasangan listrik di rumah dan harus membayar biaya penggunaan setiap bulannya. Semakin boros menggunakan listrik maka akan semakin besar pula beban biaya yang harus dibayar.

Oleh karena itu, mulai sekarang dan seterusnya marilah kita berhemat listrik dengan cara seperti berikut.

1. Tidak menyalakan lampu pada siang hari.

2. menyalakan lampu hanya jika diperlukan

3. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari.

4. Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan.

5. menggunakan listrik seoptimal mungkin

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

1. Mengapa kita harus berhemat energi?

Karena energi yang ada saat ini jumlahnya terbatas dan dan akan terus berkurang jika digunakan terus menerus sehingga kita harus berhemat enegi agar keberadaanny tidak cepat habis

2. Coba jelaskan dengan hemat energi maka akan menghemat biaya!

Ketika menggunakan energi kita akan mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya. Semakin banyak menggunakan energi maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan, dengan menghemat energi maka kita akan menghemat biaya juga

3. Bagaimanakah cara menghemat listrik?

Cara menghemat listrik antara lain dengan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan, menggunakan alat elektronik yang hemat daya, beralih pada sumber energi listrik alternatif

 

Berdasarkan bacaan di depan, temukan ide pokok dan kalimat pendukung tiap-tiap paragraf.

 

Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran atau kesejahteraan rakyat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat.

Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatannya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Konservasi Elang

1. Kewajiban terhadap Sumber Energi

Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi. Setiap aktivitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh kepada alam.

Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik. Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.

a. Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya.

b. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.

c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.

d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.

e. Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui.

Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.

 

2. Hak Memanfaatkan Sumber Energi

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.

Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.

 

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, coba identifikasi perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.

hemat energi

Kewajiban kita sebagai manusia tidak hanya pada sumber daya alam. Namun, juga terhadap lingkungan alam secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan manusia dan lingkungan memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Ayo Membaca

Bacalah bacaan berikut.

Manusia dan Lingkungan

Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia karena manusia tergantung kepada lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
Oleh karena itu, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Peristiwa Konferensi Meja Bundar

Hidup yang selaras dengan alam dapat dimulai dari diri sendiri. Kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin berolahraga, dan selalu memeriksa keadaan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan banyak asap kotor. Selain itu, kita harus meningkatkan kreativitas dengan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar tidak mencemari lingkungan.

Sudahkah kalian berbuat demikian? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah terus. Namun jika belum, mulailah melakukan dari sekarang. Jika kita cinta dan bersahabat dengan alam, alam akan cinta dan bersahabat dengan kita. Namun sebaliknya, jika kita merusak alam, alam akan marah dengan menumpahkan segala bencana pada kita. Hidup yang selaras dengan alam dapat membawa dampak positif bagi umat manusia.

 

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Manusia dan Lingkungan”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Lengkapilah peta pikiran berikut.

 

Dengan menghemat energi yang kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita juga akan menghemat biaya yang dikelurkan dalam memanfaatkan energi tersebut. Kita juga memiliki kewajiban terhadap lingkungan dan sumber energi seperti menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya, memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan, menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energy, dan lain sebagainya. Setelah Sobat BW melaksanakan kewajiban, maka kita berhak untuk memanfaatkan dan mengelola sumber energi yang ada sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Semoga bermanfaat ya..