Mengenal Fungsi Pompa Bensin

Berita Warganet – Mengenal Fungsi Pompa Bensin. Pompa Bensin atau yang sering kita sebut juga sebagai Fuel Pump.

Sesuai namanya, fungsi pompa bensin adalah untuk memompa bahan bakar baik itu berbahan bakar jenis bensin maupun solar. Sebab bahan bakar yang ada di tangki tentu tidak bisa dengan sendirinya menuju ke mesin kendaraan kita.

Maka komponen pompa bensin atau yang juga dikenal dengan fuel pump sangat penting perannya. Begitu pentingnya sebuah pompa bensin di mobil, sampai-sampai jika komponen ini apabila rusak maka kondisi mobil mogok bukan tak mungkin terjadi.

Jadi memang tak berlebihan jika fungsi pompa bensin disebut sangat penting dan juga vital. Meskipun komponen ini sendiri masuk golongan sebagai sparepart slow moving, Anda perlu mengetahui tanda-tandanya saat ia bermasalah.

Baca Juga :  Kini Yamaha Vixion Tampil Makin Sporty Serta Berkelas

Pompa bahan bakar injeksi dan karburator

Teknologi mobil Toyota kini sudah semakin canggih dibanding dengan yang muncul di awal dekade tahun 1990an. Lantas apakah di mobil berteknologi ada yang namanya fuelpump?

Tentu saja ada. Baik di mobil yang masih menggunakan karburator sebagai sistem pengabut bahan bakarnya mau pun mobil Toyota dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi canggih nan presisi pasti memiliki fuel pump.

Baca Juga :  Tahun 2022 Jadi Tahun nya Honda, Gak di Sangka All New Honda HRV 2022 Terjual Ribuan Unit dalam Sehari

Peran fuel pump di mesin mobil jenis injeksi sendiri sebenarnya cukup simpel. Karena tugasnya adalah memompa bahan bakar dari tangki bensin untuk menuju ke injektor.

Perbedaan terletak pada lokasi pengaliran bahan bakar. Pada mesin dengan karburator, bahan bakar dipompa ke berbagai komponen karburator.

Fungsi dari Fuel Pump ini meski untuk saat ini sudah ada sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI), namun komponen ini tetap masih di butuhkan karena bahan bakar harus memiliki tekanan agar dapat dikabutkan oleh injektor diruang bakar.

Jadi sampai sini bisa kita simpulkan bahwa peran pompa bensin alias fuelpump yang utama ada dua, yaitu sebagai alat penyuplai bensin dari tangki bahan bakar menuju injektor atau karburator, kedua adalah sebagai pembuat tekanan pada saat bahan bakar tersalur ke sistem pengabutan.

Baca Juga :  Toyota Vellfire 2022, Review Lengkap Spesifikasi, Interior, dan Harga!

Perkembangan teknologi juga membuat adanya perkembangan pada pompa bensin. Jika pada mobil lawas fungsi pompa bensin bekerja secara mekanis maka kini sudah dengan elektrik.

Karena bekerja secara elektrik maka fuel pump masa kini dapat melakukan tugas suplai bahan bakar secara presisi dan maksimal. Hal ini karena fuel pump elektrik digerakkan oleh motor listrik.