iklan pendidikan

Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Jenis Iklan Berdasarkan Isinya. Banyak sekali jenis iklan yang ditampilkan di media elektronik, baik radio, televisi, maupun internet. Semua klan tersebut bertujuan memberikan informasi kepada konsumen tentang suatu produk, informasi publik, dan lain sebagainya. Sobat BW, iklan memiliki banyak jenis berdasarkan isinya. Mari kita cari tahu bersama.

 

Sepulang sekolah Udin hendak beristirahat. Udin mendengarkan radio sambil tiduran. Acara yang Udin dengarkan, yaitu lagu-lagu daerah. Banyak selingan iklan sebagai jeda lagu. Salah satu iklan yang didengar Udin adalah iklan pengobatan alternatif.

 

Iklan pengobatan alternatif merupakan jenis iklan kesehatan. Masih banyak jenis iklan yang dipaparkan melalui radio. Juga melalui televisi dan internet.

 

Tidak lama kemudian Udin tidur. Udin lupa mematikan radionya. Bangun tidur Udin langsung mematikan radionya. Udin beranjak dari tempat tidurnya menuju kamar mandi untuk mencuci muka. Setelah mencuci muka, Udin bergabung dengan ibu, ayah, dan adik di ruang keluarga menonton televisi. Seperti radio yang didengarkan Udin, di televisi pun ada jeda iklannya. Iklan melalui radio dan televisi disebut iklan elektronik. Media elektronik lainnya yang bisa digunakan untuk menayangkan iklan adalah internet.
Isi iklan elektronik sangat beragam. Oleh karena itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya. Ayo mengamati iklan elektronik untuk mengidentifikasi jenis iklan berdasarkan isinya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mengenal Tangga Nada

 

Ayo Mengamati

Perhatikan iklan televisi yang dilihat Udin dan keluarganya! Perhatikan iklan dari segi isinya.

Jenis iklan berdasarkan isinya

1. Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu 2014. Iklan tersebut, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu tahun 2014. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik.

 

jenis iklan isi partai politik

 

2. Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

 

jenis iklan isi pendidikan

 

3. Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo. Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

Baca Juga :  Manfaat Keragaman Karakteristik Individu

 

jenis iklan isi kecantikan

 

Itulah tiga jenis iklan dilihat dari isinya. Masih bayak jenis iklan lainnya berdasarkan isinya. Apa sajakah itu?

Jenis iklan berdasarkan isinya adalah

1. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan), bertujuan untuk menarik simpati masyarakat tentang suatu hal penawaran. Misalnya iklan duka cita dan iklan reuni alumni sekolah

2. Iklan Penawaran (Niaga), bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat umum. Contohnya iklan penawaran barang dan Iklan penawaran jasa

3. Iklan layanan masyarakat, bertujuan untuk memberikan penerangan dan pencerahan kepada masyarakat mengenai suatu hal atau isu tertentu. Iklan ini diterbitkan oleh lembaga pemerintah.

 

Ayo berlatih

Kamu telah mengetahui beberapa jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Ada iklan politik, pendidikan, dan kecantikan. Masih banyak jenis iklan elektronik lainnya dilihat dari isinya. Coba kamu identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Tuliskan hasil identifikasimu dalam lembar tugas. Sertakan gambar iklannya. Setiap anak minimal membuat dua contoh iklan dari satu jenis iklan. Misalnya dua iklan tentang pendidikan atau dua iklan tentang kecantikan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proses Pembentukan NKRI

 

1. Iklan Pendidikan

Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan. Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

jenis iklan berdasarkan isi

 

2. Iklan Kecantikan

Iklan ini ditayangkan melalui internet. Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo tanpa dibilas dan tidak lengket. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

 

iklan kecantikan

 

Nah Sobat BW, itulah jenis-jenis iklan berdasarkan isinya. Sebagian iklan yang dicontohkan sering kita saksikan dilayar televisi maupun di internet. Contoh yang paling sering muncul di televisi adalah Iklan penawaran (niaga) yang menawarkan produk, bahan baku pembuatannya, dan manfaat yang kita dapatkan jika memakai produk tersebut.

Semoga bermanfaat ya..

Pencarian Populer : iklan yang mengenalkan kepada khalayak tentang partai partai politik peserta pemilu adalah jenis ik