Kalor Mengubah Suhu Benda
Kalor Mengubah Suhu Benda

Kunci Jawaban Kalor Mengubah Suhu Benda

Daftar Isi

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Kalor Mengubah Suhu Benda. Sobat BW tahu bahwa teks Proklamasi dibacakan pada pukul 10.00 WIB. Bagaimanakah kira-kira cuaca dan suhu udara pada saat itu? Apa yang kamu rasakan saat ini pada pukul yang sama, yaitu 10.00 WIB? Bagaimanakah suhu udara saat ini? Panas ataukah dingin?

 

Suhu udara yang kita rasakan sangat terpengaruh oleh sinar matahari. Jika intensitas sinar matahari tinggi, suhu udara pun akan tinggi. Sebaliknya, jika intensitas sinar matahari rendah, suhu udara pun akan rendah. Hal tersebut juga berkaitan dengan perpindahan kalor secara radiasi dari sinar matahari.

 

Ayo Membaca

Kalor Mengubah Suhu Benda

 

Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga besar. Sebaliknya, jika suhu benda rendah, kalor yang dikandung oleh benda juga kecil.

Baca Juga :  Jawaban Mencari Kata Penanda Urutan Waktu Dalam Teks Biografi Mohammad Hatta

 

Kalor yang dimiliki oleh suatu benda bisa berubah-ubah. Bisa naik, bisa juga turun karena kalor dapat berpindah dari suhu tinggi menuju suhu rendah.

 

Contoh bahwa kalor dapat mengubah suhu benda: Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah.
Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru. Suhu rendah akan meningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.

 

Kalor Mengubah Suhu Benda

 

Ayo Mencoba

Percobaan Menyelidiki Kalor Dapat Mengubah Suhu Benda

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Ragam Pakaian Adat di Indonesia"

Alat

1. Cerek

2. Kompor

 

Bahan

1. Air

 

Cara Kerja

1. Tuangkan air ke dalam cerek.

2. Letakkan cerek di atas kompor.

3. Nyalakan kompor.

4. Amati apa yang terjadi pada air.

Ceritakan pengalamanmu saat melakukan percobaan.

Saat air dipanaskan, air yang semula dingin (bersuhu rendah) menerima panas dari api melalui cerek

Air menerima panas, lama-kelamaan air menjadi panas (suhu meningkat).

 

Kesimpulan

Makin besar energi panas yang diterima air, makin besar pula kenaikan suhu pada air.

 

 

Ayo Mengamati

Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang disebabkan kalor.

Indentifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda yang disebabkan oleh kalor pada tabel berikut!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 halaman 3 Ribuan Kali Khatam Al-Qur’an Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

 

Kalor dapat mengubah suhu benda, dari percobaan yang sudah Sobat BW lakukan diatas menunjukkan bahwa kalor yang diterima air pada cerek akan meningkatkan suhu pada air sehingga lama-kelamaan suhu air dalam cerek akan semakin tinggi dan membuat air tersebut mendidih.

Kalor juga dapat mengubah wujud benda hlo Sobat BW. Ketika Sobat BW membeli es krim dan meletakkannya di suhu ruang atau di luar ruangan, lama-kelamaan es krim tersebut akan mencair. Hal ini disebabkan oleh perbedaan suhu antara es krim dan suhu diluar ruangan. Es krim meleleh karena adanya perpindahan panas dari lingkungan yang memiliki suhu lebih tinggi ke es krim yang memiliki suhu lebih rendah.

Semoga bermanfaat ya..