sei rupa daerah

Kunci Jawaban Karya Seni Rupa Daerah

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Karya Seni Rupa Daerah. Sobat BW, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan yang berlimpah dan beraneka ragam jenisnya. Salah satu keragaman yang ada di Indonesia yaitu karya seni rupa daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas dalam pembuatan dan bentuk sebuah karya seni. Sebut saja batik, meskipun di terdapat banyak daerah yang memproduksi kain batik, tetapi motif, cara pembuatan, bahkan pewarna dari batik itu sendiri berbeda tiap-tiap daerah.

 

Sobat BW, selain batik karya seni rupa apa saja yang ada di setiap daerah di Indonesia? Untuk mengetahuinya mari kita cari tahu bersama.

 

Edo dan Dayu sedang asyik mengobrol di kantin sambil minum teh manis. Tiba-tiba terdengar bel berbunyi. Edo dan Dayu segera menuju ke kelas untuk mengikuti pembelajaran berikutnya.

 

Pak Guru menunjukkan baju batik yang dikenakannya pada peserta didik. Pak Guru juga meminta peserta didik mengamati baju seragam batik yang sedang dikenakannya. Batik merupakan salah satu hasil karya seni rupa daerah. Apakah yang dimaksud dengan seni rupa daerah? Seni rupa daerah adalah cabang seni rupa. Seni rupa daerah memiliki suatu ciri khas dari latar belakang sejarah suatu wilayah. Oleh karena itu, seni rupa daerah memiliki perbedaan dengan karya seni daerah lain. Karya seni rupa daerah dipengaruhi oleh corak seni tradisional. Corak seni tradisional terdiri atas karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi berupa karya tekstil, misalnya kain batik, kain tenun, dan kain songket. Karya seni rupa tiga deminsi, contohnya ukiran kayu, keramik, dan patung.

Baca Juga :  Jawaban Mencari Perbedaan kedua Teks Negosiasi

 

 

sei rupa daerah

 

Karya seni daerah bercorak tradisional, biasanya menggunakan motif yang bersifat turun-temurun atau selalu sama dengan sebelumnya. Daerah masyarakat pesisir pantai, biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal. Sementara daerah masyarakat pegunungan, akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

 

Ayo Berlatih

Di daerah mana kamu tinggal? Apa karya seni rupa yang ada di daerahmu? Jelaskan karya seni rupa tradisional yang ada daerahmu. Uraikan dalam kolom berikut.

Karya Seni Rupa Daerah

Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

 

Ciri-ciri karya seni rupa daerah

1. Bersifat kedaerahan.

2. Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah

a. Mengandung simbol-simbol dan bermakna.

b. Seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari.

c. Dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.

3. Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.

 

Fungsi karya seni rupa daerah

Fungsi karya seni rupa daerah dibedakan menjadi fungsi individual dan fungsi sosial:

1. Fungsi individual Sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi dan mencerminkan segala sesuatu, baik suka, duka, dan marah. Selain itu, karya seni juga sebagai media mengekspresikan cita-cita, pandangan hidup, watak, bentuk, corak bahan, dan juga teknik.

Baca Juga :  Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

2. Fungsi sosial

a. Sebagai media pendidikan

b. Sebagai media hiburan (refreshing)

c. Sebagai media komunikasi

d. Sebagai media keagamaan

 

Jenis karya seni rupa daerah

Berdasarkan jenisnya, seni rupa daerah terbagi menjadi dua, yaitu seni murni dan seni terapan.

1. Seni rupa murni.

Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang mengutamakan segi keindahan tanpa memperhatikan fungsi. Contoh lukisan dan patung.

2. Seni rupa terapan

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang mengutamakan fungsi, namun tetap memperhatikan segi keindahan. Contoh batik, ukiran kayu, gerabah, dan lain-lain.

 

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui tentang seni rupa daerah. Untuk lebih memahami tentang karya seni rupa daerah, cobalah untuk mengerjakan latihan berikut.

1. Sebutkan berbagai jenis karya seni rupa daerah di Indonesia yang kamu ketahui.

Jawaban: patung, lukisan, kaligrafi, topeng, relief, kerajinan keramik, karikatur, ukiran kayu.

 

2. Sebutkan cirri-ciri umum karya seni rupa daerah.

Jawaban: (a) Menonjolkan sifat kedaerahan, (b)Karya seni yang diciptakan terpengaruh oleh budaya atau sejarah dari daerah tertentu, (c) Memiliki corak atau motif yang khas dari daerah tertentu, Khas yang dimaksud disini bisa saja motif atau corak yang ditampilkan sesuai dengan kondisi geografis daerah tertentu, (d) Corak atau motif yang ditampilkan biasanya bersifat tradisional.

 

3. Sebutkan dua macam seni rupa berdasarkan jenisnya.

Baca Juga :  Jawaban Tugas Menganalisis Isi Drama yang Dibaca atau Disimak

Jawaban: seni rupa murni dan seni rupa terapan

 

4. Sebutkan 3 contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar daerahmu.

Jawaban: ukiran kayu, gerabah, dan batik

 

5. Sebutkan fungsi karya seni rupa daerah.

Jawaban: Fungsi individual karya seni rupa daerah yaitu sebagai media untuk mengekspresikan jiwa, emosi, dan mencerminkan segala sesuatu baik suka, duka, dan amarah.. Fungsi sosial karya seni rupa daerah yaitu sebagai media pendidikan, media hiburan, media komunikasi, dan media keagamaan.

 

 

Ayo Berdiskusi

Karya seni rupa daerah di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki karya seni yang unik dan khas sehingga berbeda dari daerah lain. Mulai dari batik, tenun/songket, ukir, anyaman, gerabah, hingga lukisan, dan patung semuanya memiliki ciri tradisional daerah asalnya. Beragamnya karya seni rupa daerah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Coba kamu diskusikan bersama kelompokmu. Apa yang harus kalian lakukan dengan banyaknya ragam seni rupa daerah di Indonesia? Mengapa demikian? Tulislah hasil diskusi dalam kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi

Yang harus kita lakukan terhadap keragaman seni rupa daerah adalah menghargai seluruh seni rupa daerah yang ada di indonesia. Selain itu, kita juga harus mempelajari beberapa seni rupa daerah yang terlihat mudah dan bisa kita pelajari. Ini bertujuan agar kita dapat membuat sendiri seni rupa tersebut dan menjualnya.

 

Nah Sobat BW, itulah tadi pembahasan tentang seni rupa daerah ada ciri-ciri, fungsi, dan juga jenis seni rupa daerah. Apa saja karya seni rupa yang ada di daerah tempat tinggal mu?

Sobat BW harus bias melestarikan dan menjaga karya seni rupa tersebut ya. Semoga bermanfaat..

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Karya Seni Rupa Daerah yang dipublish pada April 27, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait