keragaman budaya bangsa
keragaman budaya bangsa

Kunci Jawaban Keragaman Budaya Bangsa di Indonesia

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Keragaman Budaya Bangsa di Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali keragaman, seperti keragaman bahasa, rumah adat, pakaian adat, dan kesenian daerah. Semua itu menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik dan berbeda dari negara-negara lainnya di dunia. Sobat BW, untuk mengetahui lebih lanjut tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia, mari kita cari tahu bersama!

 

Ayo Membaca

Keragaman Budaya Bangsa di Wilayah Indonesia

Kekayaan budaya Indonesia karena berbagai suku bangsa yang ada. Kekayaan itu beragam bentuknya. Beberapa di antaranya berbentuk bahasa daerah, rumah tradisional, pakaian adat, dan kesenian daerah berupa tari tarian, alat musik, lagu-lagu, dan upacara adat. Semua budaya tersebut menjadi ciri khas tiap-tiap daerah. Berikut contoh budaya daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Pak Gimin, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa"

 

1. Bahasa Daerah

Setiap suku bangsa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa daerah setempat. Dengan demikian, keragaman suku menghasilkan bahasa yang beragam. Perhatikan contoh keragaman kata akibat keragaman bahasa daerah berikut.

 

 

Keragaman bahasa daerah tidak menimbulkan masalah antarsuku bangsa. Hal ini karena dalam komunikasi antarsuku bangsa digunakan bahasa Indonesia yang telah mampu mempersatukan perbedaan bahasa daerah.

 

2. Rumah Adat

Hampir setiap suku bangsa mempunyai bentuk rumah sebagai tempat tinggalnya yang berbeda-beda. Bangunan rumah setiap suku bangsa disesuaikan dengan kondisi alam. Nama rumah adat setiap daerah pun berbeda. Berikut nama beberapa rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Manfaat Energi Matahari

 

3. Pakaian Adat

Pakaian adat tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki negara Indonesia. Banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia maka banyak pula baju adat yang dimiliki oleh setiap suku di seluruh provinsi Indonesia. Pakaian adat di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus dalam pembuatan atau dalam mengenakan pakaian adat tersebut. Berikut beberapa nama pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

 

keragaman budaya bangsa

 

4. Kesenian Daerah

Kesenian daerah di wilayah Indonesia sangat beragam. Setiap suku bangsa memiliki kesenian khas terdiri atas tari-tarian dan lagu daerah. Berikut beberapa nama tari dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Sebutkan Elemen pada Masalah Pencarian! - SMA Informatika

 

 

Itulah contoh keragaman budaya yang ada dalam masyarakat Indonesia. Semua itu merupakan kekayaan negara Indonesia yang sangat dikagumi negara lain. Indonesia memang memiliki masyarakat majemuk. Namun demikian, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, saling menghormati, dan bertoleransi antarwarga masyarakat.

 

Sobat BW, sikap toleransi merupakan hal yang mutlak dan harus dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan banyak keragaman. Mengapa demikian?

 

Karena dengan adanya sikap toleransi kita bisa memahami dan saling menghargai perbedaan yang ada, sehingga dapat tercipta masyarakat yang rukun dan damai.

 

Semoga bermanfaat ya..