Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

makna persatuan dan kesatuan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Makna Penting Persatuan dan Kesatuan. Sobat BW, dalam sebuah usaha/pekerjaan tim kita membutuhkan kerja sama dengan seluruh anggota tim agar pekerjaan yang kita kerjakan memiliki hasil yang maksimal. Kerja sama tidak hanya dibutuhkan dalam dunia usaha seperti usaha periklanan. Kerja sama juga dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Ayo Membaca

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya beragam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut.

 

Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

1. Festival Budaya Nusantara

 

makna persatuan dan kesatuan

 

Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.

Baca Juga :  Jawaban Soal Refleksi tentang Cara Tumbuhan Berbunga Berkembangbiak

 

2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan

toleransi beragama

 

Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang kuat untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan. Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

 

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong

 

tolog menolong

 

Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolong menolong tercermin pada kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat. Dalam kegiatan gotong royong, semua perbedaan ditepiskan. Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain. Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 2 Menyiapkan Asesmen Topik 4 Asesmen SD/Paket A

 

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa? Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

 

Laporan Hasil Diskusi

Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut.

1. Menjalin kebersamaan dan saling melengkapi satu sama lain.

2. Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap toleransi dalam hidup berdampingan dengan yang lain.

3. Menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan dan peduli untuk saling menolong serta sikap nasionalisme.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Menemukan Sudut Sehadap dan Sudut Betolak Belakang"

Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.

1. Gotong royong membersihkan lingkungan desa.

2. Membantu orang lain baik teman maupun tetangga yang sedang mengalami kesulitan atau mudibah.

3. Saling menghormati dan tidak bertengkar dengan anggota keluarga.

4. Bersatu dalam menjaga keamanan, baik dirumah, sekolah dan masyarakat.

5. Mentaati peraturan yang berlaku di masyaratat.

 

Sobat BW makna penting persatuan dan kesatuan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat di Indonesia sangat dibutuhkan agar tercipta kehidupan yang damai. Mempelajari ksesinian daerah, toleransi terhadap perbedaan, dan tolong-menolong dalam kegiatan-kegiatan masyarakat merupakan makna penting persatuan dan kesatuan

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like