manfaat hidup rukun

Kunci Jawaban Manfaat Hidup Rukun

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Manfaat Hidup Rukun. Kerukunan merupakan salah satu modal utama dalam kehidupan sosisal, tidak hanya dengan keluarga, teman, tapi juga dengan masyarakat di lingkungan sekitar. Sobat BW, hidup rukun akan membuat kita nyaman dan aman untuk tinggal di suatu tempat. Nah sekarang kita akan membahas tentang manfaat hidup rukun, tetapi sebelum kita membahasnya kita akan mengikuti cerita Udin yang pandai melukis sebuah iklan. Mari kita simak bersama.

Udin pandai dan hobi melukis. Udin melukis pesona wisata Bali. Udin melukis penari kecak seperti yang ada di iklan televisi “Pesona Indonesia”.

Lukisan Udin seperti gambar nyata. Tidak lupa Udin menuliskan “Pesona Indonesia” dalam lukisannya. Setiap lukisan Udin selalu mendapat pujian, baik dari guru maupun teman. Orang tua Udin bangga dengan kepandaian Udin melukis.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan hasil lukisan dan tulisan Udin tentang tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Bali seperti berikut.

1. Itulah penyajian isi iklan elektronik secara visual yang dibuat oleh Udin. Udin memvisualkan iklan elektronik tentang “Pesona Indonesia Visit Bali”.

 

2. Banyak tempat wisata di pulau Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ada dua tempat yang diiklankan melalui Pesona Indonesia Visit Bali, yaitu Ubud dan Pantai Kuta. Banyak tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang dapat dikunjungi. Contohnya: Pura Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, dan Pantai Sanur. Semua itu merupakan kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh segenap bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

Itulah bentuk kesimpulan isi iklan elektronik yang disajikan Udin secara tertulis. Selanjutnya, Udin mempresentasikan hasil kesimpulannya secara lisan di depan kelas. Di depan kelas, Udin dengan tenang menyebutkan tempat tempat wisata di Bali.

 

Ayo Berlatih

Sekarang coba kamu pilih salah satu iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang ada dalam iklan televisi. Selanjutnya, buat kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih dalam lembaran kertas. Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas.

Isi dan kesimpulan dari iklan

Isi: mengenai tentang iklan pasta gigi

Kesimpulan: iklan diatas menjelaskan pentingnya menggosok gigi dengan pasta gigi yang berkualitas sehingga gigi menjadi brsih dan kuat. Iklan tersebut dibuat sedamikian rupa dengan tujuan untuk menarik para pembeli untuk membeli pasta gigi yang dijual

 

Tari Kecak merupakan tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “Cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak.

Kekompakan gerakan dalam tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu juga mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tidak hanya dalam tari Kecak. Akan tetapi, juga dalam kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Mimpi Seorang Laskar Pelangi"

 

Ayo Berlatih

1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu?

Cara saya menciptakan kerukunan saat di sekolah, rumah dan juga di masyarakat lingkungan tempat tinggal saya adalah dengan menerapkan sikap seperti toleransi, mengedepankan musyawarah, memupuk empati, tidak mudah terprovokasi, mementingkan pemenuhan kewajiban daripada hak, mendahulukan kepentingan umum dari kepentingan pribadi, bekerja sama demi kepentingan umum, senantiasa berlaku dan berucap sopan dan lain sebagainya.

 

2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Mengapa? Uraikan dalam kolom berikut.

Kerukunan bagiku memberikan rasa aman karena tanpa rasa aman hati kita dapat merasa bahwa lingkungan disekitarnya aman dan nyaman untuk ditinggali.

 

Ayo Mengamati

Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.

Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Yang dikerjakan anak-anak dalam gambar pertama adalah merapikan buku-buku di perpustakaan bersama-sama. Iya, kegiatan yang mereka lakukan bersama-sama merapikan buku di perpustakaan mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Ini termasuk kegiatan kerja bakti, bekerja bersama secara sukarela demi untuk kepentingan bersama.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Perjuangan Mahapatih Gajah Mada"

manfaat hidup rukun

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.

Yang dilakukan oleh bapak-bapak pada gambar terlampir adalah ronda atau siskamling. Sikap atau perilaku ini sering dilakukan di lingkungan masyarakat. Ronda dan siskamling ini adalah bagian dari usaha masyarakat bersama-sama untuk menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal.

Ayo Berlatih

1. Apa yang kamu lakukan saat di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti?

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti atau memberikan makanan seadanya untuk orang-orang yang sedang melakukan kegiatan kerja bakti.

 

2. Apa manfaat dari hidup rukun?

Manfaat hidup rukun adalah:

a. Selalu terjaga keharmonisan antar sesama manusia

b. Mudah dalam mengambil keputusan yang menyangkut kepentingan bersama

c. Saling tolong menolong ketika ada yang membutuhkan bantuan

d. Saling menghargai pendapat dan bermusyawarah

e. Menjalin persatuan dan kesatuan

 

Nah Sobat BW itulah manfaat dari hidup rukun. Ketika dalam bermasyarakat kita hidup rukun dengan para tetangga dan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita, kita akan merasa aman dan nyaman. Hal tersebut karena salah satu manfaat hidup rukun adalah menjaga keharmonisan antar sesama manusia.

Semoga beramanfaat ya..