perubahan wujud benda pengkristalan
perubahan wujud benda pengkristalan

Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda Pengkristalan

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda Pengkristalan. Banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sobat BW, sebagai pelajar banyak waktu kita yang dihabiskan di sekolah. Di sekolah kita bisa melakuan banyak kegiatan positif seperti mempelajari fenomena alam di sekitar kita, kamu dapat memahami apa yang sedang terjadi di sekitarmu.
Sobat BW pasti sudah tahu jika benda-enda yang ada disekitar kita dapat beruah wujud kan?

 

Perubahan wujud benda dapat terjadi diakibatkan oleh adanya kalor/panas. Nah kali ini kita akan melakukan percobaan untuk menunjukkan perubahan wujud benda yang juga disebabkan oleh kalor, yaitu peristiwa pengkristalan. Peristiwa pengkristalan dengan proses pelepasan kaloradalah salju dan gas yang didinginkan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Pengertian Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran

 

Pengkristalan ialah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat dengan proses pelepasan maupun penyerapan kalor. Contoh peristiwa pengkristalan dengan proses pelepasan kalor adalah salju dan gas yang didinginkan.

perubahan wujud benda pengkristalan

 

Contoh peristiwa pengkristalan dengan penyerapan kalor adalah pada proses pembuatan garam. Garam dibuat dari air laut, kemudian diuapkan dengan sinar matahari di dalam petak-petak hingga tersisa kristal-kristal garam.

Ayo Mencoba

Lakukan percobaan berikut di dalam kelompok!

 

PERCOBAAN

Mengamati Perubahan Wujud Benda Pengkristalan

 

Alat dan Bahan

• 4 buah batu bata untuk membuat tungku

• 1 buah lilin

• 1 buah kaleng susu bekas

• Air laut atau larutan garam

 

Cara Kerja

Baca Juga :  Kunci Jawaban Proklamator (Ir. Sokarno dan Moh. Hatta)

1. Buatlah tungku dengan meletakkan dua tingkat batu bata secara sejajar, berikan ruang di tengah untuk lilin yang telah dinyalakan.

2. Isi kaleng susu dengan air laut hingga setengah bagian.

3. Jika tidak ada air laut, larutkan satu sendok makan garam dapur dengan setengah kaleng air suhu ruang.

4. Letakkan kaleng susu bekas berisi air laut atau larutan garam ke atas tungku.

5. Diamkan hingga air di dalam kaleng mendidih dan menyusut. Amati apa yang terjadi.

 

Tuliskanlah hasil kesimpulanmu dari kegiatan percobaan tersebut di tempat yang tersedia.

 

Pengamatan percobaan

Pada saat air laut atau air garam dipanaskan, akan terjadi penguapan sehingga volume air berkurang. Kemudian akan tampak endapan putih (garam). Endapan putih akan bertambah banyak seiring berkurangnya volume air. Hasil akhirnya akan diperoleh garam yang halus.

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 14 halaman 56 Kebutuhan Hidup IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kesimpulan

Pada proses pemanasan air laut atau air garam terjadi adanya penyerapan kalor. Penyerapan kalor menyebabkan terjadinya penguapan air sehingga terbentuk padatan garam. Proses yang terjadi adalah pengkristalan yaitu perubahan wujud benda dari gas menjadi padat.

 

Apakah Soat BW pernah membantu ibu memasak di dapur? Pasti ibu kalian tidak lupa untuk menaburkan garam pada setiap masakan kan?

Nah, dengan melakukan atau mengamati percobaan diatas Sobat BW akan tahu bagaimana garam yang ibu kita gunakan setiap hari dapat terbentuk yaitu dengan pengkristalan air laut atau air garam

Semoga bermanfaat ya..