Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235 Kelas 8

beritawarganet.com – Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235 Kelas 8. Pada mata pelajaran matematika kelas 8 Sobat BW akan mendapat materi tentang sistem persamaan linier dua variabel .

Kali ini, beritawarganet akan membahas kunci jawaban matematika Soal Ayo Kita Berlatih 5.5. Pertanyaan ini bisa sobat BW temukan pada buku matematika kurikulum 2013 kelas 8 halaman 235. Pembahasan berikut bisa sobat BW simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat BW kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya!

Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan BW tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa sobat BW gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Kunci jawaban pada unggahan BW mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

1. Misalkan x dan y adalah dua bilangan berbeda, tentukan selesaian dari teka teki berikut:

Baca Juga :  Sebutkan Empat Langkah Unit Pemrosesan Pusat Setelah Data dan Instruksi yang Diperlukan Berada Dalam Memori!

a. ½ dari x ditambah 3 sama dengan y

b. x sama dengan 6 lebihnya dari dua kali nilai y.

Jawaban :

Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235

2. Tanpa menggambar grafik, tentukan apakah sistem persamaan berikut memiliki tepat satu selesaian, tak hingga selesaian, atau tidak memiliki selesaian? Jelaskan alasan kalian.

Jawaban :

Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235

3. Tentukan selesaian dari sistem persamaan linear dua variabel berikut :

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 7 halaman 152 Perbedaan Candi Langgam Jawa Tengah dan Candi Langgam Jawa Timur IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Jawaban :

4. Nadia membuat sebuah cerita yang dinyatakan oleh sistem persamaan berikut.

5p + 3k = 12

10p + 6k = 16

Bisakah Nadia menemukan nilai p dan k? Jelaskan alasanmu.

Jawaban :

Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235

5. Dalam lomba balap kelinci, kelinci milikmu berada 3 meter di depan kelinci milik temanmu. Kelincimu berlari dengan kecepatan rata-rata 2 meter per detik. Kelinci temanmu juga berlari 2 meter per detik. Sistem persamaan linear yang menyatakan situasi tersebut adalah y = 2x + 3 dan y = 2x. Apakah kelinci temanmu akan menyusul kelinci milikmu? Jelaskan.

Jawaban :

Kelinci teman tidak akan bisa menyusul kelinci saya, karena kedua persamaan memiliki koefisien nilai x dan y yang sama sehingga kedua grafik tersebut tidak pernah memiliki titik potong.

Baca Juga :  Jenis Usaha Masyarakat Indonesia

 

6. Tentukan nilai a dan b sehingga sistem persamaan linear di bawah ini memiliki selesaian (2, 3). Apakah sistem persamaan tersebut memiliki selesaian yang lain? Jelaskan.

12x – 2by = 12

3ax – by = 6

Jawaban :

Supaya system persamaan 12x – 2by = 12 dan 3ax – by = 6 memiliki selesaian ( 2, 3) maka nilai a harus sama dengan 2 dan b harus sama dengan 2. Jadi system persamaan yang dimaksud adalah :
12x – 4y = 12 dan 6x – 2y = 6

Penutup

Sekian penjelasan Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.5 Halaman 235 yang bisa BW bagikan. Jangan lupa simak pembahasan-pembahasan lainnya pada unggahan BW yang lain ya sob! Semoga bermanfaat