Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda

perubahan wujud benda

Daftar Isi

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda. Pernahkah Sobat BW membeli es krim dan kemudian lupa untuk memakannya? Apa yang akan terjadi pada es krim tersebut?

 

Es krim yang dibiarkan di suhu ruang akan mencair karena panas. Berdasarkan peristiwa tersebut berarti es krim mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair yang biasa disebut dengan mencair.

 

Apakah perubahan wujud benda hanya mencari saja? Mari kita cari tahu bersama!

 

Ayo Membaca

 

Perubahan Wujud Benda

 

Benda-benda di sekitar kita memiliki sifat dan ciri yang unik. Dengan memahami sifat-sifat benda, kita dapat mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dengan baik. Dengan memahami sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan ketika kamu berada di sungai, di laut, atau di danau. Dengan mengetahui sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengubah bentuk benda-benda tersebut.

 

Meskipun hanya tiga wujud benda, tetapi ketiganya dapat mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda. Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, misalnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau dingin. Perubahan wujud suatu benda yang terjadi antara lain adalah peristiwa membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim.
Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi karena suhu di lingkungan menjadi dingin. Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Perubahan air menjadi es merupakan salah satu peristiwa yang sering dijumpai sehari-hari.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Keragaman Sosial Budaya di Indonesia

 

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas. Beberapa peristiwa di sekitarmu mudah kamu temui untuk menunjukkan peristiwa ini. Salah satunya ialah es mencair.

 

Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Peristiwa ini mudah dijumpai ketika ada kegiatan masak-memasak. Pada saat air dipanaskan di atas api kompor, dalam beberapa saat, air akan mendidih. Peristiwa mendidih adalah contoh terjadinya penguapan atau perubahan dari benda cair ke gas dan pada saat yang sama, terjadi pengurangan volume air.

 

Ayo Berdiskusi

1. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan mencair!

Perbedaan peristiwa membeku dan mencair adalah membeku merupakan perubahan wujud dari cair ke padat, sementara mencair sebaliknya yakni perubahan wujud benda dari padat ke cair.

 

Baca Juga :  Salah Kaprah, Ini Perbedaan Modifikasi dan artinya custom

2. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap!

Perbedaan membeku dan menguap adalah membeku merupakan perubahan wujud dari cair ke padat, sementara menguap merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas.

 

3. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap!

Perbedaan mencair dan menguap adalah mencair artinya perubahan wujud dari padat ke cair, sementara menguap artinya perubahan wujud dari cair ke gas.

 

4. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku, mencair, dan menguap?

Membeku terjadi ketika benda didinginkan (suhunya turun) mencapai titik beku, dan berubah dari cair menjadi padat. Misalnya air yang didinginkan menjadi es.

Mencair terjadi ketika benda dipanaskan (suhunya naik) mencapai titik cair atau titik leleh, dan berubah dari padat menjadi cair. Misalnya margarin yang dipanaskan di wajan menjadi cair.

Menguap terjadi ketika benda dipanaskan (suhunya naik) mencapai titik didih, dan berubah dari cair menjadi gas. Misalnya air yang dipanaskan menjadi uap air.

 

5. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mencair?

Mentega dipanaskan, gula batu disiram air panas, lemak sapi dipanaskan.

 

Baca Juga :  Jawaban Definisi Hikayat

6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku?

Agar – agar memadat saat dingin, pembuatan cincau, santan didinginkan.

 

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap?

Menjemur pakaian basah menjadi kering, parfum menguap, jalanan yang basah akan mengering terkena sinar matahari.

Ayo Mencoba

 

Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda – Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mencair, membeku, dan menguap.

1. Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan.

2. Tulislah tahap dan langkah-langkahnya.

3. Gambarlah setiap tahapan yang kamu rancang.

4. Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang.

5. Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.

6. Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.

7. Pada poster, jelaskan perbedaan utama ketiga peristiwa perubahan wujud benda tersebut.

8. Gambarkanlah hubungan antara ketiga perubahan wujud benda tersebut dalam sebuah bagan, dan jelaskanlah.

9. Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.Poster

 

Peristiwa Perubahan Wujud Benda

 

 

perubahan wujud benda

Kunci Jawaban Perubahan Wujud Benda – Gambar diatas merupakan skema perubahan wujud yang dapat Sobat BW pelajari. Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like