sifat benda
sifat benda

Kunci Jawaban Sifat-Sifat Benda

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Sifat-Sifat Benda. Indonesia kaya akan rempah-rempah seperti cengkih, pala, kayu manis, kapulaga, dan banyak lagi jenisnya. Cengkih merupakan salah satu rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan masyarakat Indonesia dan memiliki banyak manfaat. Harganya pun cukup tinggi sehingga sampai kini masih banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Untuk dapat mengambil manfaat cengkih secara maksimal, setelah dipetik, cengkih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Selama proses penjemuran, terjadi perubahan warna pada cengkih, dari yang semula kuning dan merah menjadi hitam dan cokelat.
Pada proses pengeringan cengkih, terjadi perubahan benda yang disebabkan kalor (panas). Dari proses tersebut, kita ketahui pengaruh kalor atau energi panas (dalam hal ini sinar matahari) pada benda.

Pernahkah kamu mengamati benda-benda yang ada di sekitarmu? Benda benda yang ada disekitarmu memiliki sifat dan wujud yang berbeda beda. Masih ingatkah kamu wujud-wujud benda? Tahukah kamu cara membedakannya? Salah satu cara membedakan wujud benda adalah dengan mengetahui sifat setiap benda itu.

Ayo Membaca

Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifat sifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.

Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.

Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Manfaat Sumber Daya Alam Hasil Tambang"

Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?

 

Ayo Mencoba

Lakukanlah percobaan-percobaan berikut bersama dengan teman sekelompok mu yang terdiri atas3–4 orang.

Percobaan 1

Alat dan Bahan

• dua buah pensil

• penghapus pensil

• peraut pensil

• buku catatan

Langkah Kegiatan

1. Ambillah pensil yang masih utuh. Perhatikan bentuknya dan gambarlah.

2. Dengan menggunakan penyerut pensil, rautlah bagian ujung pensil hingga dapat digunakan untuk menulis. Perhatikanlah, gambarlah dan bandingkan gambar ini dengan gambar pensil yang utuh sebelumnya.

3. Ambil penghapus pensil, amati bentuknya dan gambarlah.

4. Gosokkan penghapus tersebut ke permukaan meja yang rata dan halus selama beberapa saat. Amati bentuknya, terutama pada bagian yang digosokkan. Gambarlah dan bandingkan dengan gambar sebelumnya.

Diskusikan

1.Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?

Iya, bagian ujung pensil mengalami perubahan setelah diraut

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?

Iya, bagian ujung dari karet penghapus mengalami perubahan setelah digosok-gosokkan

3.Apakah kesimpulanmu?

Baca Juga :  Guru akan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan keterampilan motoriknya

Benda padat bisa diubah wujud atau bentuknya dengan perlakuan tertentu antara lain diberi perlakuan fisik (contohnya digosok-gosokan, diraut, disobek, ditekan) atau dipanaskan

 

Percobaan 2

Alat dan Bahan

• gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas

• wadah lain yang transparan

• nampan atau papan kayu

Langkah Kegiatan

1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.

2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.

3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.

4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Diskusikan

1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum dan sesudah dimiringkan?
Bentuk permukaan air di gelas sebelum dimiringkan datar (horizontal). Setelah dimiringkan, bentuk permukaan tetap datar

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
Jika air dituangkan ke wadah lain, maka bentuk air berubah menyesuaikan bentuk wadah. Volume air tetap dan bentuk permukaan tetap datar

3.Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

Air dapat mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah, mengikuti arah gravitasi bumi

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Jika air dituang ke atas tanah, maka air akan meresap ke dalam tanah dan mengalir melalui pori tanah menuju tempat perairan yang lebih besar, misalnya kolam, danau, sungai, yang akhirnya dapat sampai ke laut. Sebagian air akan diserap oleh akar tumbuhan jika terdapat tumbuhan di atas pori tanah yang dilalui

5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

6. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siklus Air Tanah

Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)

7. Apakah kesimpulanmu?

Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah

 

Percobaan 3

Alat dan Bahan

• gelas plastik

• ember

• air

• buku catatan

Langkah Kegiatan

1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.

2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.

3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.

Diskusikan

1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa?

Hal yang terjadi ketika gelas di benamkan adalah gelas plastik tersebut akan tetap mangapung.Hal ini dikarenakan gelas yang dimasukkan ke dalam ember dalam posisi menelungkup, akan menjadikan udara terjebak di dalam gelas. Sehingga walaupun gelas dibenamkan, gelas tersebut tetap akan mengapung

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?

Jika gelas dimiringkan tentu akan jatuh ke bawah dan jika gelas tersebut terbuat dari kaca kemungkinan akan pecah. Hal ini terjadi karena tidak seimbang nya posisi gelas

3. Apakah kesimpulanmu dari percobaan ini?

Tidak adanya gaya gravitasi yang terjadi dalam percobaan tersebut

 

Kunci Jawaban Sifat-Sifat Benda – Percobaan diatas menunjukkan sifat-sifat dari benda-benda yang ada disekitar kita. Pada percobaan pertama pensil merupakan benda padat, ketika diserut bentuk pensil akan berubah dari bentuk semula.

Pada percobaan yang ke dua, air merupakan benda cair. Ketika benda cair diletakkan pada wadah maka bentuknya akan menyesuaikan wadah tersebut.

Pada percobaan ketiga menunjukkan bahwa ketika gelas dimasukkan ke dalam ember dalam posisi menelungkup, akan menjadikan udara terjebak di dalam gelas. Hal ini menunjukkan bahwa udara yang berada diruang tertutup akan terjebak

Semoga bermanfaat ya Sobat BW..