Kunci Jawaban Soal Pengayaan halaman 119 Lembaga Sosial dan Pranata Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Soal Pengayaan halaman 119 Lembaga Sosial dan Pranata Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas Pembahasan Soal Pengayaan halaman 119 Lembaga Sosial dan Pranata Sosial IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Latihan 2.1 halaman 81 kelas 9

Pengayaan

Mengacu pada beberapa definisi di atas, dapatkah kalian menemukan poin-poin yang dimaksud dengan lembaga sosial? Apakah ada perbedaan dengan pranata sosial?

Jawaban:

Lembaga Sosial

Institute (lembaga) adalah badan atau organisasi yang melaksanakannya. Lembaga sosial merupakan wadah/tempat dari aturan-aturan khusus, wujudnya berupa organisasi atau asosiasi. Contohnya KUA, masjid, sekolah, CV, dan sebagainya.

Pranata Sosial

Institution (pranata) adalah sistem norma atau aturan yang menyangkut suatu aktivitas masyarakat yang bersifat khusus. pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan yang mengatur perilaku dan hubungan antara anggota masyarakat agar hidup aman, tenteram dan harmonis. Jadi peranan pranata sosial sebagai pedoman kita berperilaku supaya terjadi keseimbangan sosial. Pranata sosial merupakan kesepakatan tidak tertulis namun diakui sebagai aturan tata perilaku dan sopan santun pergaulan. Contoh: kalau makan tidak berbunyi, di Indonesia pengguna jalan ada di kiri badan jalan, tidak boleh melanggar hak orang lain, dan sebagainya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 4 halaman 212 Mitos Atau Fakta IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Perbedaan Lembaga Sosial dan Pranata Sosial

Jadi lembaga sosial bersifat konkret, sedangkan pranata sosial bersifat abstrak, namun keduanya saling berkaitan. Pranata adalah seperangkat aturan yang berkisar pada kegiatan atau kebutuhan tertentu. Pranata termasuk kebutuhan sosial. Seperangkat aturan yang terdapat dalam pranata termasuk kebutuhan sosial yang berpedoman kebudayaan. Pranata merupakan seperangkat aturan, bersifat abstrak. Wujud nyata dari pranata adalah lembaga.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 18 halaman 170 Produksi IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

You May Also Like