Jawaban Menganalisis Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsiknya

Jawaban Menganalisis Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsiknya

Jawaban Menganalisis Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsiknya – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban menganalisis isi novel berdasarkan unsur intrisiknya. Materi ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia kelas XII yaitu buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sebaiknya baca dan pahami terlebih dahulu materi mengenai unsur-unsur intrinsik novel. Setelah itu sobat dapat melanjutkan menjawab pertanyaan terkait materi tersebut, sehingga dapat mengukur pemahaman materi tentang unsur-unsur intrinsik novel.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk memfasilitasi sobat dalam belajar, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Jawaban Menganalisis Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsiknya Halaman 120

Menganalisis Isi dan kebahasaan Novel

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

(1) menganalisis isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya; dan

(2) menganalisis kebahasaan novel.

Novel merupakan karya prosa fiksi yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang-orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar menangkap maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel, kaitannya dengan latar belakang sosial budaya pengarang. Pada pelajaran ini, kamu akan berlatih menganalisis isi novel, yaitu unsur-unsur intrinsik novel.

Berikut ini uraian unsur-unsur intrinsik novel, yang terdiri dari tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan tema.

a. Tokoh adalah para pelaku yang terdapat dalam cerita. Tokoh cerita adalah orang-orang yang ditampilkan dalam suatu karya fiksi yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diekspresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam Tindakan (Nurgiyantoro, 2012: 165).

Nurgiyantoro (2000: 176) membedakan tokoh dilihat dari segi peranan atau tingkat pentingnya tokoh dalam cerita sebagai tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh sentral atau tokoh yang sangat penting perannya dalam fiksi. Tokoh tambahan adalah tokoh bawah atau tokoh yang tidak selalu diceritakan namun memiliki hubungan dengan tokoh utama.

Dilihat dari peran tokoh-tokoh dalam pengembangan plot, Nurgiyantoro (2000:178) membaginya ke dalam tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang disukai pembaca karena sifat-sifatnya (biasanya hero, baik, penyelamat). Tokoh antagonis adalah tokoh yang tidak disukai pembaca karena sifat-sifatnya (biasanya jahat, pengecut).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.9 halaman 15 Terjemahkan Q.S. At-Taubah/9: 105 Menurut Kementrian Agama Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Penokohan merupakan teknik atau cara-cara tokoh ditampilkan atau dicitrakan di dalam fiksi. Para ahli menunjukkan dua cara menampilkan atau mencitrakan tokoh, yakni cara analitik dan cara dramatik. Secara analitik, perwatakan tokoh-tokoh cerita ditampilkan atau dicitrakan langsung dalam bentuk perincian oleh pengarang. Secara dramatik, perwatakan tokoh-tokoh cerita dicitrakan melalui dialog, pikiran, perasaan, lukisan fisik, perbuatan, dan komentar atau penilaian tokoh lain dalam fiksi.

b. Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang disusun berdasarkan hubungan kausalitas. Di dalam alur terdapat peristiwa yang saling berelasi dalam peran masing-masing, baik sebagai sebab maupun sebagai akibat sehingga menciptakan konflik. Sifat tersebut tercermin melalui suspense (misteri) karena di dalamnya terdapat kejadian berupa konflik yang mampu menyihir pembaca untuk terus mendorongnya membaca.

Di dalam alur terkandung peristiwa, konflik, dan klimaks. Peristiwa merupakan peralihan dari satu situasi kepada situasi yang lain, baik peristiwa fungsional (penentu bagi perkembangan alur), kaitan (satu peristiwa dikaitkan dengan peristiwa yang lain agar masuk akal), maupun acuan (peristiwa yang diacu melalui tokoh). Konflik merupakan peristiwa yang memunculkan kejadian-kejadian yang sangat penting yang disebabkan oleh adanya interaksi antartokoh, tokoh dengan masyarakat, tokoh dengan dirinya sendiri dalam dua atau lebih masalah yang bertentangan. Klimaks merupakan konflik yang mencapai tahap memuncak dan tak terhindarkan. Orientasi-orientasi tokoh yang sudah

berakhir akan dihadapkan pada puncak masalah. Secara garis besar, alur dibagi dalam tiga bagian, yaitu awal, tengah, dan akhir.

Alur atau plot memiliki kaidah plausability (kemasukakalan), surprise (kejutan), suspense (misteri), dan unity (keutuhan). Kemasukakalan dalam alur sangat erat kaitannya dengan jalan cerita yang dapat diterima oleh cara berpikir pembaca. Kejutan dalam alur merujuk kepada peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh dengan penuh ketidakpastian.

Kejutan ini mampu menyentuh perasaan dan pikiran sehingga pembaca tergelitik, terdorong, termotivasi untuk terus membaca. Kejutan dalam alur menampilkan peristiwa-peristiewa yang bertentangan atau tiba-tiba karena tidak terduga. Fungsinya untuk memperlambat atau mempercepat klimaks cerita. Keutuhan dalam alur sangat erat kaitannya dengan ciri peristiwa, yakni fungsional, kaitan, dan acuan yang mengandung konflik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Roro Jonggrang"

d. Latar atau setting adalah gambaran yang digunakan untuk menempatkan peristiwa di dalam suatu penceritaan fiksi. Latar ini menyaran pada tempat, waktu, sosial sehingga latar seringkali dibedakan menjadi tiga macam, yakni tempat, waktu, dan sosial. Latar tempat berkaitan dengan kondisi geografis. Acuannya dapat berupa pusat keramaian, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, pusat perdesaan, pusat perkotaan, sekolah, rumah, dan lain-lain. Latar waktu berkaitan dengan kondisi abad, dasawarsa, abad,tahun, bulan, hari, jam, zaman, maupun historis. Latar sosial berkaitan dengan kondisi tokoh atau masyarakat yang digambarkan dalam cerita. Acuannya dapat berupa lapisan dalam masyarakat, budaya masyarakat, seni pada masa tertentu, cara berpikir masyarakat pada masa tertentu, kehidupan beragama, dan sebagainya.

e. Sudut pandang atau point of view memasalahkan siapa yang bercerita. Pencerita akan menempatkan tokoh melalui berbagai cara atau pandangan dalam menampilkan tokoh, laku, latar, dan peristiwa untuk menata cerita fiksi kepada pembaca. Sudut pandang dibedakan menjadi sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Cerita yang penyampaiannya dilakukan sebagai sudut pandang orang pertama. Jika tokoh tersebut adalah tokoh utama, cerita sudut pandangnya adalah orang pertama (protagonis).

Jika tokoh tersebut bukan tokoh utama, sudut pandangnya adalah orang pertama pengamat (pengamat). Cerita yang penyampaiannya dilakukan bukan oleh seorang tokoh yang ada dalam cerita tetapi oleh penulis yang berada di luar cerita (dia/ia) disebut sebagai sudut pandang orang pertama. Jika narator menyampaikan pemikiran tokoh, sudut pandang ceritanya adalah orang ketiga yang mengetahui banyak hal. Jika narator

hanya menceritakan/memberikan informasi sebatas yang bisa dilihat atau didengar dan belum sampai pada pengungkapan pemikiran, sudut pandang cerita adalah orang ketiga.

f. Tema merupakan pokok pikiran atau dasar sebuah cerita yang memiliki kaitan dengan makna kehidupan. Pada umumnya pengarang menawarkan kepada pembaca tentang makna kehidupan, mengajak pembaca untuk melihat, merasakan, dan menghayati makna kehidupan tersebut dengan cara memandang permasalahan itu sebagaiman ia memandangnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 15 halaman 105 Perbedaan Orang-orang Indonesia yang Merantau ke Malaysia Pada Masa Lalu dan Masa Kini IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Secara garis besar, tema dapat digolongkan ke dalam tema utama (mayor) dan tema turunan (minor). Tema utama merupakan pokok cerita bermakna yang menjadi fondasi utama penceritaan, sedangkan tema turunan menjadi tema yang berfungsi menjadi penguat fondasi utama. Beberapa contoh tema utama adalah tema sosial (Para Priyayi), tema sejarah (Kuantar ke Gerbang), tema psikologis (Jalan Tak Ada Ujung), dan tema ketuhanan (Robohnya Surau Kami).

Kegiatan 1

Menganalisis Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsiknya

Setelah memahami unsur-unsur intrinsik novel, apakah kamu dapat menganalisis isi novel Ronggeng Dukuh Paruk tersebut? Untuk mengetahui pemahamanmu, buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 orang, dan jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Tema apa yang menonjol dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk?

2. Bagaimanakah alur yang tergambar dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk?

3. Di manakah latar tempat, latar waktu, dan latar suasana yang tergambar dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk?

4. Siapakah tokoh utama dan tokoh-tokoh pendukung dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk?

5. Bagaimanakah karakter tokoh-tokoh Ronggeng Dukuh Paruk?

6. Apa pesan yang disampaikan dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk?

Jawaban    :

1. Tema yang menonjol dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah tentang kehidupan sosial seperti kemiskinan dan kebodohan (Pendidikan).

2. Alur yang tergambar adalah alur campuran. Alur maju dan alur mundur.

3. latar yang tergambar di Dukuh Paruk, pada tahun 1960 an, dan tergambar suasana kesusahaan, rasa senang/ cinta, serta kepanikan.

4.

Tokoh utama: Srintil dan Rasus
Tokoh pendukung: Ki Kartareja, nenek Rasus, Darsun

5

TokohKarakter
Srintil: pekerja keras, penyayang
Rasus: pemberani, penyayang
Ki Kartareja: egois
Nenek Rasus: suka kebingungan
Darsun: bersahabat

6. Jangan mudah percaya terhadap orang lain dan harus peka terhadap lingkungan serta permasalahan yang ada.

Kesimpulan

Nah sobat, demikianlah pembahasan mengenai jawaban menganalisis isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :