Jawaban Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Jawaban Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Jawaban Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel – Pada pembahasan kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban menerangkan maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel, materi ini terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Disini sobat diminta untuk menguraikan kesamaan latar belakang sosial budaya dalam novel trilogy Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang, untuk itu sobat bacalah Kembali teks tersebut.

Tujuan disajikannya informasi mengenai jawaban ini yaitu agar sobat dapat lebih mudah memahami materi ini. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Jawaban Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel Halaman 117

Kegiatan 2

Baca Juga :  Jawaban Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Pada kegiatan ini, kamu diminta menuliskan pendapatmu mengenai kesamaan latar belakang sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang. Kamu diperbolehkan mencari dari berbagai sumber mengenai biografi Ahmad Tohari atau data mengenai keseharian Ahmad Tohari untuk menambah wawasanmu. Sebelum mengerjakan latihan pada kegiatan ini, sebaiknya kamu membuat pertanyaan-pertanyaan untuk memudahkan dalam menguraikan kesamaan latar belakang

sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang. Perhatikan seperti contoh berikut ini.

1. Menceritakan tentang apa novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk?

2. Berlatar belakang tempat di manakah kehidupan dalam novel trilogy Ronggeng Dukuh Paruk?

Tugas

Baca Juga :  Jawaban Pengaturan Rima Pada Puisi Nyanyian Grimis

Setelah kamu membuat pertanyaan-pertanyaan, untuk memudahkanmu dalam menuliskan kesamaan latar belakang sosial budaya dalam novel trilogy Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang, uraikanlah jawabanmu dalam kolom berikut ini!

Jawaban    :

Pertanyaan-pertanyaan :

1. Menceritakan tentang apa novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk?

2. Berlatar belakang tempat di manakah kehidupan dalam novel trilogy Ronggeng Dukuh Paruk?

3. Siapa saja tokoh dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk ?

4. Kapan kisah dalam novel tersebut terjadi ?

Uraian :

Novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk menceritakan kehidupan masyarakat Dukuh Paruk. Ronggeng Dukuh Paruk mengangkat latar Dukuh Paruk, desa kecil yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan. Tokoh dalam novel ini yaitu Srintil, seorang penari ronggeng, dan Rasus, teman sejak kecil Srintil yang berprofesi sebagai tentara. Kisah novel ini terjadi pada tahun 1960-an yang penuh gejolak politik.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Ayo Kita Berlatih 5.1 Kelas 8 Halaman 203

Kesimpulan

Nah sobat, demikianlah pembahasan mengenai jawaban menerangkan maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018. Semoga bermanfaat !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :