Kunci Jawaban Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga Nada Diatonis Minor

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Tangga Nada Diatonis Minor. Sobat BW, keragaman sosial dan budaya di Indonesia ini menjadikan Indonesia kaya. Dengan kekayaan dan keragaman sosial dan budaya negara kita menjadi negara yang unik dan berbeda dari negara lain di dunia. Sepatutnya kita mensyukuri keragaman dan keadaan negara kita. Cara kita bersyukur adalah dengan menjaga keragaman yang ada di Indonesia dengan cara menjadikan keragaman tersebut sebagai pemersatu bangsa. Selain itu mensykuri keragaman ini dapat diwujudkan dalam sebuah lagu. Lagu berikut merupakan ungkapan syukur kita kepada Tuhan.

 

Ayo, menyanyi bersama.

 

Tangga Nada Diatonis Minor
Tangga Nada Diatonis Minor

Ayo Bercerita

1. Apa judul lagu itu?

Lagu diatas berjudul Syukur

 

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1.9 halaman 19 Variabel Bebas Variabel Terikat dan Variabel Kontrol IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

2. Siapa penciptanya?

Pencipta lagu syukur adalah H. Mutahar

 

3. Apa nada dasar yang digunakan?

Nada dasar lagu Syukur adalah C = la

 

4. Apa tanda tempo yang digunakan?

Lagu syukur menggunakan nada tempo andante sastenuts

 

5. Apa arti tanda tempo itu?

Arti dari andante adalah agak cepat. Sedangkan andante sustenuto dalam bahasa Inggris berarti sustained tempo, yang berarti tempo yang berkelanjutan.

 

6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah syair lagu itu?

Lagu Syukur bercerita tentang ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Isi dari lagu Syukur dapat diketahui dari lirik-lirik yang terdapat pada lagu tersebut.

 

Ayo Bernyanyi

1. Berlatihlah menyanyikan lagu “Syukur”. Berlatihlah terus berulang-ulang hingga kamu dapat bernyanyi dengan baik. Resapi isi syair lagu. Nyanyikan dengan penuh perasaan ungkapan syukur. Perhatikan pengucapan syair lagu agar jelas dan dipahami pendengar.

Baca Juga :  Guru menerapkan aturan disiplin kelas, peserta didik yang terlambat lebih dari lima menit dihukum lari keliling lapangan sepakbola sebanyak 4 kali. Pengelolaan kelas ini menggunakan pendekatan

2. Ceritakan isi syair lagu “Syukur”.

Lagu yang berjudul “Syukur” cipt.H Mutahar mengandung makna bahwa syukur memiliki keterkaitan dengan keteguhan dan keikhlasan kepada Tuhan atas karunia, nikmat, dan hidayah yang Tuhan, karena kenikmatan atas Tanah Air Tercinta “Indonesia merdeka”.

3. Nyanyikan lagu “Syukur” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.

 

Ayo Membaca

Tangga Nada Diatonis Minor

Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 1 ½ 1

1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis yaitu tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.

Baca Juga :  Jawaban Mengidentifikasi Sistematika dan Isi Surat Lamaran Pekerjaan

Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.

 

 

Berikut tangga nada diatonis minor.

Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

1. Lagu bersifat sedih.

2. Lagu kurang bersemangat.

3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

 

Secara umum lagu bertangga nada diatonis minor bersifat sedih dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang gembira dan bersemangat, misalnya lagu “Ayam Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”.

 

Sobat BW, lagu syukur merupakan lagu yang diciptakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan. Bagaimana cara kalian untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan?
Salah satu cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengikuti apa yang dianjurkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya.

Semoga bermanfaat ya..

You May Also Like