Kunci Jawaban Uji Kompetensi halaman 129 Bekerja Sama dan Bergotong Royong PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Kompetensi halaman 129 Bekerja Sama dan Bergotong Royong PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMP Kelas 7 halaman 129. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Bekerja Sama dan Bergotong Royong. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 5 Pelaksanaan Projek SD

Uji Kompetensi

1. Keluarga Andi termasuk keluarga mampu. Ayah dan ibunya bekerja. Ia hanya punya satu saudara, yaitu Lala adiknya. Andi dan Lala punya kamar sendiri di rumah mereka yang cukup besar. Ada asisten rumah tangga yang selalu membantu mereka, mulai dari merapikan tempat tidur, menyapu dan mengepel lantai, menyiapkan pakaian, menyiapkan makan, menata taman, dan banyak lainnya. Lalu asisten rumah tangga itu pamit pulang selama sebulan karena keluarganya sakit.

Apa yang perlu dilakukan keluarga Andi?

Jawaban:

Keluarga Andi mengizinkan asisten rumah tangga (ART) untuk pulang dahulu selama satu bulan.

Setelah itu, hal-hal yang sebelumnya dikerjakan oleh ART dibagi rata untuk setiap anggota keluarga Andi.

Baca Juga :  Jawaban Post Tes Modul 1 Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Dengan adanya pembagian tugas untuk setiap anggota keluarga maka akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai.

Dan untuk pekerjaan yang berat dapat dilakukan dengan cara bergotong royong agar lebih ringan.

2. Liburan sudah mendekat. Sekolah berencana untuk melakukan wisata bersama keluar kota. Seluruh siswa diharapkan dapat mengikuti tamasya tersebut agar terbangun kebersamaan bagi semua. Setiap siswa yang ingin ikut diminta membayar biaya wisata sesuai kebutuhan. Semuanya setuju. Tetapi beberapa orang siswa memilih tidak ikut karena tak mampu membayar biaya itu.

Apa yang perlu dilakukan untuk kebaikan bersama?

Jawaban:

Jika memang harus semuanya pergi tanpa terkecuali dan itu untuk membentuk kebersamaan, maka seharusnya para siswa yang mampu mengumpulkan dana bersama sehingga siswa yang tidak memiliki biaya dapat berangkat. Cara lainnya adalah dapat bertamsya ketempat terdekat sehingga dapat menggunakan biaya yang minim sehingga yang tidak mampu akan dapat berangkat.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2.5 halaman 56 Perubahan Wujud Zat IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

3. Para remaja di suatu kompleks perumahan hendak menggelar pesta kesenian di lingkungannya. Setiap RT diminta mengirimkan wakilnya untuk menggelar acara tersebut.

Bagaimana caranya agar panitianya tidak didominasi anak-anak tertentu saja, namun bisa melibatkan wakil dari seluruh remaja setempat?

Jawaban:

Cara yang dapat dilakukan yakni dengan adanya sosialisasi secara menyeluruh kepada semua remaja di kompleks tersebut.

Dengan adanya sosialisasi yang jelas akan membuat para remaja memahami apa yang perlu dilakukan sesuai dengan kemampuan mereka dan anak-anak yang dapat berpartisipasi mengikuti acaran bukan dari kalangan tertentu saja akan tetapi dapat merata.

 

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.