Kunci Jawaban UJI KOMPETENSI halaman 42 Norma dan UUD NRI Tahun 1945 PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban UJI KOMPETENSI halaman 42 Norma dan UUD NRI Tahun 1945 PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 23 halaman 185 Status Sosial IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMP Kelas 7 halaman 42. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka tentang Norma dan UUD NRI Tahun 1945. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Chromebook Made In Indonesia, Begini Spesifikasinya

UJI KOMPETENSI

1. Ada norma di rumah bahwa setiap orang harus merapikan tempat tidur masing-masing sebelum beraktivitas keluar. Anak-anak juga harus merapikan tempat tidur dulu dan membantu menyapu lantai sebelum berangkat ke sekolah. Suatu hari, guru meminta muridnya hari itu untuk datang lebih pagi karena ada acara di sekolah, sehingga tak ada untuk menjalankan norma di rumah tersebut. Apa yang akan kalian lakukan?

Jawaban:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mari Kita Periksa Matematika Kelas 7 Halaman 139

Yang akan saya lakukan adalah saya akan mendahulukan kewajiban untuk datang lebih pagi karena ada acara di sekolah. Barangkali ini menyangkut kepentingan orang banyak dan acara sepeti ini tidak di adakan setiap hari.

Sedangkan Norma yang rutin dirumah yang saya lakukan adalah Meminta izin kepada orang tua agar norma untuk merapikan tempat tidur dapat saya lakukan atau kerjakan setelah pulang sekolah, kemudian dilanjutkan dengan membantu menyapu lantai.

2. Sebagai siswa, kalian tentu memiliki kewajiban serta hak masingmasing. Di antara kewajiban tersebut adalah belajar mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan hak siswa adalah menerima bimbingan dari guru. Karena wabah virus Covid-19, kalian harus belajar di rumah dan tidak lagi menerima hak untuk dibimbing di kelas. Sedangkan belajar jarak jauh melalui internet atau daring juga tidak dapat dilakukan karena sarananya tidak mencukupi. Apa yang akan kalian lakukan menyangkut kewajiban dan hak tersebut?

Jawaban:

Salah satu kewajiban kita sebagai siswa adalah belajar, meskipun terkendala Covid-19.

Jika guru tidak dapat memberikan hak kita karena kendala pandemi, kita dapat meminta bantuan dari orang tua, kakak, atau pun orang lain yang mampu mengajari dan membimbing kita dalam belajar. Agar terpenuhi Haknya guru dapat memantau belajar dengan cara sepekan sekali menghubungi orangtua kita bagaimana kemajuan atau pemahaman dalam memahami materi.

3. Berdasarkan UUD NRI 1945, awalnya presiden Indonesia dapat dipilih berulangkali setiap lima tahun. Melalui amendemen pertama tahun 1999, aturan itu diubah. Setelah lima tahun menjabat, presiden hanya boleh dipilih sekali lagi untuk lima tahun berikutnya. Menurut kalian, apa yang akan terjadi kalau tidak ada amendemen itu? Bagaimana kira-kira keadaan Indonesia tanpa amendemen tersebut?

Jawaban:

Jika tidak terjadi amandemen, maka presiden dapat mencalonkan diri lebih dari dua periode.

Jika sebuah negara dipimpin oleh seorang pemimpin yang menjabat dalam waktu yang sangat lama, maka dikhawatirkan akan memicu kekacauan, seperti:

a. Abuse of Power, menyalahgunakan kekuasaan,

b. Timbulnya kultus individu,

c. Regenerasi kepemimpinan nasional macet,

d. Seseorang akan otoriter.

e. Seseorang bisa menjadi diktator

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.

You May Also Like