Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 131 Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Beritawarganet.com-Kunci Jawaban Uji Pemahaman halaman 131 Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok PPKn SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, beritawarganet.com akan membahas kunci jawaban PPKn SMA/SMK Kelas 10 halaman 131. Pertanyaan ini bisa warganet temukan pada buku PPKn SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka tentang Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok. Pembahasan berikut bisa warganet simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah warganet kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Baca Juga :  Kunci Jawaban Latihan 3.3 Matematika Kelas 9 Halaman 169

Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian tentang unit ini, jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini.

a. Bagaimana proses sebuah identitas terbentuk?

Jawaban:

Proses sebuah identitas terbentuk yaitu:

Ada dua pendapat besar tentang bagaimana proses sebuah identitas itu terbentuk:

1. Ada yang beranggapan bahwa identitas itu given atau terberi. Identitas, dalam pandangan kelompok ini, merupakan sesuatu yang menempel secara alamiah pada seseorang atau sebuah grup. Seseorang yang dilahirkan memiliki ciri fisik ter- tentu, seperti berkulit putih, bermata biru, berambut keriting adalah contoh tentang bagaimana kita memahami identitas dalam diri sebagai sesuatu yang alamiah.

2. Identitas yang dipahami sebagai hasil dari sebuah desain atau rekayasa. Bangunan identitas seperti ini bisa dilakukan dalam persinggungannya dengan aspek budaya, sosial, ekonomi, dan lainnya. Berbeda halnya dengan identitas yang secara alamiah melekat pada diri manusia, identitas atau jati diri dalam pengertian ini, ter- lahir sebagai hasil interaksi sosial antarindividu atau antarkelompok. Jati diri sebuah bangsa adalah contoh bagaimana identitas itu dirumuskan, bukan diberikan secara natural.

Baca Juga :  Jawaban Tugas 1 Teks Kiat Berwawancara Kerja

b. Sebutkan jenis identitas individu dan identitas kelompok selain yang sudah dicontohkan dalam materi pembelajaran?

Jawaban:

Jenis identitas individu dan identitas kelompok selain yang sudah dicontohkan dalam materi pembelajaran yaitu:

Jenis identitas individu:

1. Identitas seksual, contohnya heteroseksual, gay, lesbian dan biseksual

2. Identitas gender, contohnya laki-laki atau perempuan

3. Identitas pribadi, contohnya nama, tanggal lahir, NIK, ciri-ciri, dan lain-lain

Jenis identitas kelompok:

1. Identitas Agama, contohnya Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha atau Konghucu

2. Identitas Suku, contohnya Jawa, Batak, Dayak dan lain sebagainya.

c. Berikan analisis atas jenis dan pembentukan identitas dalam pernyataan berikut ini:

1) Masyarakat Eropa mayoritas berkulit putih

Jawaban:

Masyarakat Eropa mayoritas berkulit putih termasuk kedalam jenis identitas kelompok yang alami. Pembentukan identitas masyarakat Eropa mayoritas berkulit putih adalah atas dasar lokasi geografis serta bawaan fisiologisnya seperti warna kulit.

Manusia Eropa dengan kulit putih pertama yang ditemukan oleh ilmuwan berada di Swedia bagian selatan, daerah Motala. 7 Tubuh manusia berkulit putih yang berhasil digali itu diprediksi berasal dari masa 7.700 tahun lalu atau 5.700 tahun sebelum masehi.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bacaan Hari Air Sedunia

Dari tubuh manusia Eropa ‘Motala’ itu ditemukan gen yang bisa membuat kulit menjadi putih, yakni gen SLC24A5 dan SLC45A2.

2) Brazil dikenal sebagai negara penghasil pemain sepakbola berbakat

Jawaban:

Brazil dikenal sebagai negara penghasil pemain sepakbola berbakat termasuk kedalam jenis identitas kelompok yang terbentuk secara sosial. Pembentukan identitas Brazil dikenal sebagai negara penghasil pemain sepakbola berbakat adalah terbentuk karena interaksi mereka secara sosial. Bahwa sejak kecil, anak-anak di Brasil memang sudah diajari dekat dengan dunia sepak bola. Hampir semua anak di Brasil pasti memegang bola. Bahkan kebanyakan orang tua di sana, akan memberikan hadiah berupa bola kepada anaknya.

Karena kebiasaan ini anak di Brasil tumbuh dan memiliki karakter tersendiri dalam bermain bola.

3) Indonesia merupakan negara Maritim

Jawaban:

Indonesia merupakan negara Maritim termasuk kedalam jenis identitas Individu yang alami. Pembentukan identitas Indonesia merupakan negara Maritim adalah atas dasar lokasi geografis. Indonesia secara geografis adalah sebuah negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan.

Jati diri Indonesia disebut negara Maritim terbentuk karena negara yang berada dalam kawasan laut yang luas yang memiliki banyak pulau dan posisi perairannya yang strategis yang sering dijadikan alur transportasi, baik nasional atau internasional.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Warganet gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Kunci jawaban pada unggahan Beritawarganet mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka lainnya dapat diakses melalui Beritawarganet.com.