Kunci Jawaban Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

Beritawarganet.com – Kunci Jawaban Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri. Sumber daya alam yang berlimpah di berbagai wilayah di Indonesia dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan usaha ekonomi. Adapun usaha ekonomi yang memanfaatkan alam, seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan. Berbagai jenis usaha dapat dikelola sendiri atau berkelompok. Apa saja jenis usaha yang dikelola sendiri? Mari kita cari tahu bersama!

Ayo Membaca

Jenis Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri

 

Amatilah kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar mu! Bagaimana pengelolaan kegiatan ekonomi tersebut? Jika dicermati, kegiatan ekonomi tersebut ada yang dikelola sendiri. Ada pula kegiatan ekonomi yang dikelola secara berkelompok.

 

Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana. Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Frederich Silaban, Sang Arsitek"

 

1. Usaha Ekonomi Pertanian

Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha pertanian ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran.

usaha pertanian

 

2. Usaha Ekonomi Perdagangan

Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

usaha perdagangan

3. Usaha Jasa

Perhatikan usaha berupa jasa perorangan di daerah sekitarmu! Coba sebutkan usaha jasa tersebut! Secara umum, banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

 

usaha berupa jasa

4. Industri Kecil

Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Taman Rumah Pohon"

usaha industri kecil

Ayo Mengamati

Amatilah lingkungan sekitarmu. Identifikasilah jenis-jenis usaha ekonomi yang dikelola secara perorangan berdasarkan setiap jenisnya. Buatlah laporan dalam bentuk tabel seperti contoh berikut

Jenis usaha: Pertanian

Macam usaha: pertanian padi, perkebunan sayur, perkebunan palawija, peternakan ayam, peternakan lele

Banyaknya: 15

 

Jenis usaha : perdagangan

Macam usaha : toko kelontong, apotek, toko sembako, dan warung

Banyaknya : 7

 

Jenis usaha : jasa

Macam usaha : penjahit, salon, ojek online, dokter, supir, asisten rumah tangga, dan tukang becak.

Banyaknya : 10

 

Jenis usaha : industri kecil

Macam usaha : industri pembuatan anyaman rotan, industri pembuatan keramik, dan industri pembuatan genteng.

Banyaknya : 6

 

Ayo Berkreasi

Buatlah kliping mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola perorangan.

1. Siapkan buku gambar atau buku tulis tipis.

2. Carilah gambar dari buku, surat kabar, atau majalah lama.

3. Guntinglah gambar dengan rapi, lalu tempelkan pada buku gambar atau buku tulis.

Baca Juga :  Sifat - Sifat Cahaya, Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

4. Berilah keterangan di bawah setiap gambar:

a. Nama jenis usaha

b. Sumber gambar

 

usaha ekonomi sendiri

Sobat BW, usaha ekonomi yang dikelola sendiri biasanya tidak memerlukan modal yang besar dalam memulainya. Seperti menjadi seorang petani, kita hanya perlu mengolah sumber daya alam berupa tanah dan menanaminya dengan tanaman yang memiliki potensi penjualan. Perawatan yang dilakukanpun disesuaikan dengan jenis tanaman yang ditanam. Atau ketika memiliki usaha berupa jasa menjadi tukang ojek, seseorang hanya perlu menyiapkan kendaraan bermotor yang saat ini sudah dimiliki banyak orang. Tetapi ada juga yang memerlukan modal besar seperti jasa sebagai seorang dokter karena dia harus menempuh pendidikan sampai jenang tertentu sampai dia bisa melaksanakan prektik sebagai seorang dokter. Bagaimana Sobat BW, ketika besar nanti usaha apa yang akan Sobat BW lakukan?

 

Semoga bermanfaat ya..