Macam Topologi Jaringan Komputer, Dan Pengertianya

Berita WarganetMacam Topologi Jaringan Komputer, Dan Pengertianya. Jika tidak ada jaringan komputer maka antara komputer satu dengan yang lainya tidak akan bisa saling terkoneksi atau terhubung. Maka dari itu selain internet kita juga membutuhkan adanya topologi jaringan. Nah pada pembahasan kali ini selain membahas tentang pengertian dari topologi serta penjelasanya Berita Warganet juga akan memperinci macam – macam topologi jaringan.

Apa Yang Dimaksud Topologi Jaringan Komputer ?

pengertian topologi jaringan komputer

Topologi Jaringan  Komputer adalah suatu konsep maupun cara yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, berdasarkan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, danstation. Dalam pendapat lainya mengatakan bahwa Topologi Jaringan merupakan suatu struktur jaringan yang dibuat sedemikian rupa dengantujuan agar satu komputer serta lainya dapat terkoneksi atau saling terhubung untuk bertukar data didalamnya.

Dengan sistem topologi jaringan inilah dunia mengalami perubahan besar dalam dunia teknologi.  Fungsi utama dari topologi jaringan yaitu menghubungkan antar komputer untuk urusan data, agar terkoneksi satu sama lainya. Nah…Awal mula topologi sudah diperkenalkan pada tahun 1940an di USA. Pada tahun tersebut sistem topologi ini dipakai dalam pengembangan sistem Komputer jenis I. Riset topologi ini dipimpin oleh Prof. Howard Aiken di Lab Bell.

Topologi Jaringan Menurut Para Ahli

1. Topologi Jaringan Menurut Zymon Machajewski

Definisi Topologi jaringan dari beberapa ahli pada intinya sama. Zymon Machajewski mendefinisikan bahwa  Topologi jaringan ialah seperangkat komputer yang saling terhubungan antara satu dengan lainnya untuk berbagi sumber daya. Sumber daya yang dimaksudkan ialah internet.

Ahli lain juga menjelaskan,

2. Topologi Jaringan Menurut Budhi Irawan

Budhi Irawan menjelaskan bahwa topologi jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer. Dan juga perangkat jaringan yang saling bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan.

3. Jafar Noor Yudianto

Menurut Jafar Noor Yudianto pengertian topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web).

Baca Juga :  Download Aplikasi Gratisoe TV Terbaru 2021, Nonton TV Lokal & Internasional Gratis!

4. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti pengertian topologi jaringan adalah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugasnya. Contoh, dua buah komputer dapat dikatakan terhubung jika keduanya bisa saling bertukar informasi. Bentuk koneksi tersebut bisa melalui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi.

5. Abdul Kadil

Menurut Abdul Kadil pengertian topologi jaringan adalah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.

6. Izaas El Said

Menurut Izaas El Said definisi tempat jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, agar bisa saling berbagi informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

7. Kristanto

Menurut Kristanto pengertian topologi jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protokol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, misalnya printer, harddisk, lain-lain.

Macam – Macam  Topologi Jaringan Komputer

macam atau jenis topologi jaringan komputer

Ada beberapa Jenis topologi Jaringan, nah lebih jelasnya bisa sobat cek satu persatu dibawah ini.

1. Topologi Jaringan Komputer Hybird

BENTUK TOPOLOGI JARINGAN HYBRID

Topologi Hybird merupakan suatu gabungan antara topologi yang berbeda serta membentuk jaringan baru. Hal tersebut menjadikan topologi jenis hybird sangat rumit untuk dimengerti. Walaupun terlihat sangat rumit. Topologi ini masih dapat berjalan dengan baik. Jenis Topologi Jaringan Hybrid biasa digunakan untuk membangun jaringan skala besar.

Namun jenis topologi jaringan Hybrid ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer hybrid ?

Kelebihan Topologi Jaringan Hybrid Kekurangan Topologi Jaringan Hybrid
Bisa menyatukan beberapa topologi yang berbeda Proses konfigurasi topologi hybird sangatlah rumit.
Dapat diimplementasikan pada sistem jaringan yang berbeda beda. Membutuhkan biaya yang mahal untuk membangun topologi jaringan seperti ini.
Kerusakan pada salah satu node tidak akan mengganggu kinerja jaringan secara keseluruhan. Anggaran untuk perawatan jaringan sangatlah mahal.
Sangat mudah untuk dikembangkan tanpa harus mengubah topologi yang sudah ada.

2. Topologi Jaringan Komputer Linier

BENTUK TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER LINIER

Untuk topologi linier sendiri paling dikenal atau sering kita dengar adalah topologi Bus. Jenis topologi jaringan ini mudah dikenali, maka tergolong salah satu macam topologi jaringan yang sederhana. Dan ciri khas dari topologi ini berpola lurus seperti BUS.

Baca Juga :  Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps

Namun jenis topologi jaringan Linier ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer Linear  ?

Kelebihan Topologi jaringan Bus Kekurangan Topologi jaringan Bus
Sangat mudah untuk dikembangkan Memiliki kepadatan trafik yang cukup tinggi
Hanya memerlukan sedikit kabel Tidak dapat menjamin keamanan data
Memiliki pola yang sederhana
Tidak membutuhkan kendali sentral

3. Topologi Jaringan Komputer Tree

Topologi Jaringan dengan sebutan ” Tree ” ini biasa dikenal dengan topologi pohon. Penamaan tersebut disebabkan dari segi bentuk pola seperti pohon. Topologi Tree merupakan gabungan dari topologi linier atau BUS dan topologi star. Topologi ini juga sering digunakan untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda beda.

macam topologi jaringan komputer pola tree

Namun jenis topologi jaringan Tree atau pohon ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer Tree  ?

Kelebihan Kekurangan
Dapat dikembangkan Kinerja jaringan yang lambat
Memiliki susunan yang terpusat secara hirarki sehingga pengaturan data jauh lebih mudah Menggunakan kabel yang sangat banyak
Menggunakan kabel backbone sebagai sentral dari topologi ini
Jika satu komputer terdapat masalah, maka akan mempengaruhi seluruh kinerja komputer
Biaya instalasi yang mahal

4. Topologi Jaringan Komputer Star

topologi jaringan komputer star

Biasanya dalam pemasangan topologi jaringan komputer jenis Star dibutuhkan adanya SWITCH dan HUB. Mengapa dinamakan Topologi STAR ? Karena jenis topologi ini berpola bintang ” STAR “. Nah dari situlah, maka macam topologi jaringan tersebut dinamai topologi star.

Namun jenis topologi jaringan Star atau bintang ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer Star  ?

Kelebihan Topologi Jaringan  Star Kekurangan Topologi Jaringan  Star
Fleksibel Sangat bergantung pada terminal pusat
User dapat mendeteksi masalah jaringan dengan mudah Jika hub atau switch mengalami masalah, maka akan berpengaruh ke seluruh komputer yang ada
Memiliki sistem keamanan data yang cukup baik Memakan biaya yang sangat mahal
Akan tetap berjalan dengan baik walaupun terdapat masalah pada salah satu komputer client

4. Topologi Jaringan Komputer Mesh

gambar macam topologi jaringan komputer mesh

Untuk Topologi Jaringan Komputer Mesh sendiri merupakan  topologi yang dapat digunakan untuk membangun jaringan dengan rute yang banyak. Untuk membangun jaringan dengan topologi ini diperlukan kabel tunggal. Hal tersebut bertujuan agar proses pengiriman data lebih cepat walaupun tanpa adanya hub atau switch.

Baca Juga :  Mengolah System Administration pada Linux

Namun jenis topologi jaringan Mesh ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer Mesh ?

Kelebihan Topologi Jaringan Komputer Mesh Kekurangan Topologi Jaringan Komputer Mesh
Tidak akan terjadi tabrakan arus data sebab topologi ini memiliki banyak jalur untuk proses pengiriman data Memerlukan banyak kabel
Memiliki sistem keamanan yang sangat baik Proses instalasi sangatlah rumit
Memiliki jumlah bandwith yang cukup besar Memerlukan biaya yang sangat mahal

5. Topologi Bus Jaringan Komputer BUS

gambar macam topologi jaringan bus

Untuk Topologi jaringan bus memiliki pola seperti BUS yang lurus . Topologi lurus ini mudah dipahami jadi tergolong topologi jaringan yang sedrhana. Untuk membangun topologi seperti ini diperlukan kabel coaxial sepanjang node client serta konektor. Konektor yang digunakan pada topologi ini yaitu, BNC, TBNC, dan terminator.

Namun jenis Topologi jaringan bus ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan Topologi jaringan bus ?

Kelebihan Topologi jaringan bus Kekurangan Topologi jaringan bus
Biaya pemasangan yang murah Komputer akan terganggu apabila terjadi masalah terhadap kabel
Tidak susah untuk digunakan Sulit dikembangkan
Sangat mudah untuk melakukan penambahan client atau workstation baru Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien
Tabrakan arus data sering terjadi

6. Topologi Jaringan Komputer Ring

gambar macam topologi jaringan ring

Mengapa disebut sebagai topologi Ring ? karena bentunganya berpola cincin pada topologi ini. Sistem topologi jenis ini biasanya komputer yang terhubung satu sama lainya berpola lingkaran atau cincin. Pada topologi jaringan ini biasanya dibutuhkan LAN supaya komputer satu sama lain akan saling terhubung.

Namun jenis topologi jaringan Ring ini jelas ada kelebihan maupun kekuranganya. nah apa saja kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer Ring ?

Kelebihan topologi jaringan komputer Ring Kekurangan topologi jaringan komputer Ring
Sangat mudah digunakan Apabila salah satu koneksi bermasalah, maka koneksi jaringan akan terputus
Proses pembuatannya yang cukup mudah Mudah terjadinya tabrakan arus data
Memiliki koneksi yang cukup baik Troubleshotting jaringan sangatlah rumit
Biaya pemasangan murah

Penutup

bentuk pola dari macam - macam topologi jaringan

Nah itulah penjelasan tentang macam – macam topologi Jaringan komputer serta pengertiannya. Pada dasarnya agar pemanfaatan jaringan lebih efektif dan efisien maka dibutuhkan pemilihan lokasi dan lingkungan yang tepat, sebab membangun topologi jaringan ini akan diperlukan adanya budget yang tidak sedikit.