jawaban buku siswa kelas 4 semester 1

Sifat – Sifat Cahaya, Materi dan Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1

Berita Warganet – Sifat – Sifat Cahaya, Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1. Hallo sobat kelas 4, Kali ini Berita Warganet akan share materi Kelas 4, dan akan ada banyak materi buat ade-ade kelas 4 maupun wali siswa kelas 4 SD yang bisa digunakan untuk mendampingi belajar dirumah. Yuk simak penjelasan berikut.

Pengertian Pahlawan

Pahlawan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, pejuang yang gagah berani. Pahlawan rela meninggalkan kepentingan pribadinya dan mendahulukan kepentingan orang lain. Predikat pahlawan ditujukan kepada mereka yang rela berkorban untuk kepentingan rakyat dan memperoleh kemerdekaan. Pahlawan bukan hanya mereka yang ikut dan gugur dalam medan perang untuk merebut kemerdekaan, tapi predikat pahlawan juga ditunjukkan kepada pendidik yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan ilmu pengetahuan mereka, para seniman dengan menciptakan lagu-lagu perjuangan dan menulis kisah perjuangan, serta para penyiar radio serta penulis surat kabar yang mengobarkan semangat kepada seluruh rakyat Indonesia.

Amati gambar di bawah ini.

Jawab pertanyaan di bawah ini!

Apa yang mereka lakukan?

Menjenguk teman yang sakit, belajar di lingkungan sekitar, menolong teman yang mengalami kesulitan

Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?

Hal diatas merupakan perbuatan baik

Hal baik apa yang bisa kamu contoh?

Hal-hal yang bisa dicontoh adalah sesama teman kita harus saling memperhatikan, apabila ada yang sakit kita bisa menjenguknya, kita belajar tidak hanya didalam kelas tapi bisa memanfaarkan lingkungan sekitar, menolong teman yang sedang  mengalami kesulitan

Menolong orang lain dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Baca Juga :  Kunci Jawaban "Berbagai Macam Alat Musik Daerah"

Bagaimanakah perjuangan para tokoh di masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam?

Bagaimanakah sikap kepahlawanan yang mereka miliki?

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Raja Purnawarman memperbaiki aliran sungai Gangga di daerah Cirebon, memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan, berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utaa kerajaan.

Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Sikap kepahlawanan yang dimiliki Raja Purnawarman adalah memperhatikan kesejahteraan rakyat, berani, dan pantang menyerah dalam memberantas kejahatan untuk kesejahteraan rakyat

Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

Dampak dari perjuangan Raja Purnawarman bagi rakyatnya adalah rakyat senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai Cupu sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan rakyat di kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera karena Raja Purnawarman berhasil membasmi para perompak

Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Jika Kerajaan tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarma yang selalu berjuang untuk rakyatnya dan gagah berani,kehidupan rakyat tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan membasmi para perompak

Ceritakan kembali secara tertulis isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar.

Raja Purnawarman adalah raja dari kerajaan Tarumanegara yang hidup dimasa kerajaan Hindu. Raja Purnawarman merupakan raja yang selalu berjuang untuk rakyatnya. Beliau memperbaiki saluran sungai agar dapat mengairi seluruh wilayah kerajaan dan membuat sawah subur serta tidak menderita kekeringan pada musim kemarau. Selain itu Raja Purnawarna juga dengan berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan untuk membasmi perompak yang ada diwilayahnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Sebagai wujud kecintaan rakyat Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasastti Ciareteun.

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.

tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam

Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Baca Juga :  Sebutkan Elemen pada Masalah Pencarian! - SMA Informatika

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.

Peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

  • Membangun armada laut yang kuat
  • Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  • Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  • Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?

  • Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.
  • Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam
  • Gigih, pemberani, rela berkorban.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?

  • Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.
  • Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
  • Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
  • Gigih, pemberani, rela berkorban
Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika 9 Latihan 4.2 Halaman 226

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?

  • Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
  • Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.
  • Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

Dayu sangat kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telah dilakukan untuk rakyatnya. Sambil duduk di tepi kolam yang jernih airnya, Dayu masih Raja Purnawarman memikirkan jasa-jasa Raja Purnawarman, terutama pembangunan saluran air. Ia berpikir, pasti saluran tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat saat itu. Dayu terus berpikir sambil memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah kamu mengapa Dayu bisa melihat dirinya di air kolam? Air kolam bisa memantulkan cahaya. Kamu akan belajar tentang sifat-sifat cahaya melalui percobaan berikut.

Ayo Mencoba!

Sifat-Sifat Cahaya

Cahaya merambat lurus

Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

Cahaya menembus benda bening

Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

Cahaya dapat dipantulkan

Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

Cahaya dapat dibiaskan

Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar laporan berikut.

Percobaan Sifat-Sifat Cahaya, Kelas 4 Pembelajaran 1 Tema 5

  Percobaan 1 Percobaan 2 Percobaan 3 Percobaan 4
Nama percobaan Cahaya merambat lurus Cahaya menembus benda bening Cahaya dapat dipantulkan Cahaya dapat dibiaskan
Tujuan percobaan Mengetahui cahaya dapat merambat lurus Mengetahui cahaya dapat menembus benda bening Mengehatuhi cahaya dapat dipantulkan Mengetahui cahaya dapat dibiaskan
Alat dan bahan Tiga buah karton, lilin, korek api, isolasi Cermin datar, lampu senter Cermin datar lampu senter Gelas berisi air, pensil
Langkah kerja Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut.Letakkan dengan posisi lubang sejajar dengan cahaya lilin tepat dibelakang lubang.Lalu coba geser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Percobaan menggunakan cahaya matahari/cahaya dari senter, gelas/benda bening, benda berwarna gelap, dan benda bening tetapi berwarna.Letakkan peralatan seperti pada gambar.Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Pantulkan cahaya senter menggunakan cermin.Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Letakkan setengah bagian pensil didalam gelas yang berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas
Hasil pengamatan Cahaya lilin dari depan rangkaian karton yang sudah diberi lubang sejajar cahaya dapat merambat lurus Cahaya senter yang melewati benda bening dapat terkihat sedangkan pada benda yang berwarna/tidak bening tidak bisa ditembus cahaya Cahaya senter yang diarahkan ke cermindatar dapat memantul Pensil yang dimasukkan ke dalam air akan kelihatan bengkok

Kesimpulan:

Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.