Sejarah Menarik Mazda MX 5 Miata Generasi Pertama!

Berita Warganet – Sejarah Menarik Mazda MX 5 Miata Generasi Pertama!. Bobot proporsional, aksesoris yang tidak perlu, dan kokpit yang dangkal. Itulah tiga hal yang jadi ciri khas kuat Mazda MX-5 Miata.

Faktanya, Mazda MX-5  Miata selalu mewakili esensi kesenangan berkendara, mobil sport yang menarik, dan ekonomis.

Tapi, di atas semua itu, sangat efektif di antara tikungan berkat bobotnya yang ringan dan berpenggerak roda belakang.

Pada dasarnya, Mazda MX-5 Miata terus berkembang sejak model pertama diluncurkan 30 tahun silam.

Berbagai hal menarik, utamanya dari aspek sejarah Mazda MX5 Miata yang akan dibahas di artikel ini.

Baca Juga :  Review Lengkap, Spesifikasi, Interior dan Harga Audi A7 Sportback Terbaru!

Sejarah Mazda MX 5 Miata

Mazda MX-5 Miata menjalani debutnya pada Februari 1989 di Chicago Motor Show dengan generasi pertama dengan nama kode NA.

Mobil buatan Jepang ini segera menaklukkan publik internasional, terlepas dari namanya yang berbeda-beda.

Pada pasar di Jepang dikenal sebagai Eunos Roadster, di Amerika sebagai Miata sementara di pasar lain seperti Italia, MX- 5 atau nomor Proyek Eksperimental Mazda.

Mesin pertama yang dipakai Mazda MX-5 Miata adalah B6-ZE. Berkapasitas 1,6 cc dengan empat silinder segaris yang awalnya dirancang untuk Mazda 323.

Tapi, saat dipakaikan Mazda MX 5 Miata jadi menghasilkan tenaga 115 daya kuda pada rpm 6.500. Pakai girboks lima percepatan yang berasal dari M-Type sudah dipasang di RX-7.

Baca Juga :  Genesis GV60 2023, Gadget dalam Mobil?

Pada tahun-tahun berikutnya, Mazda MX-5 berkembang dengan kedatangan mesin 1,8 liter. Sedangkan mesin 1,6 liternya diturunkan tenaganya jadi 90 daya kuda.

Pro dan Kontra Miata

Jika Anda belum menyadarinya, Mazda MX 5 Miata generasi pertama benar-benar cantik. Sederhana namun karismatik.

Berada di mana pun, Mazda MX 5 Miata tidak luput dari perhatian, baik yang atap terbuka maupun tertutup. Tampil dengan pelek bergaya mini-lite dengan ban 185/60 R14.

Soal penampilan, lampu depan yang dapat ditarik yang hanya menjadi ciri khas Mazda MX 5 Miata dan tetap jadi salah satu fitur paling khas dari model ini.

Baca Juga :  Sejarah Mobil Banteng Si Lamborghini

Kompartemen penumpang menginspirasi kepraktisan alias hampir tidak ada apa-apa alias polos. Bahkan, tidak ada jam di sana. Hanya dua kursi yang ada beratnya sekitar 24 kilogram masing-masing.

Sesuai subjudul, mencari kontra atau hal negatif di mobil ini sangat sedikit. Mesin, secara umum, sangat andal namun harus diperiksa menyeluruh tiap 90 ribu kilometer dan ini wajar.

Pada bodi, perhatikan saluran air terkait soft top yang menyumbat sehingga mudah menjadi mangsa karat. Bagian lain seperti area baterai, lengkungan roda belakang, dan pilar kaca depan.