Mengenal Budaya Indonesia, Kelas 3 SD Tema 8 Sub Tema 3 Pembelajaran 2

Mengenal Budaya Indonesia

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia.Masyarakat memiliki  kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan.

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan.

Perhatikan contoh perilaku berikut ini!

  • Udin beragama Islam. Edo beragama Kristen Protestan. Udin dan Edo tetap rukun berteman. Udin dan Edo menerima dan menghormati perbedaan.
  • Siti berasal dari suku Minang. Dayu berasal dari suku Bali. Siti dan Dayu tetap rukun berteman. Siti dan Dayu menerima dan menghormati perbedaan.
  • Beni dan Lani memiliki pendapat yang berbeda saat berdiskusi. Beni dan lani tetap rukun berteman. Beni dan Lani menerima dan menghormati perbedaan.

Sikap Udin dan kawan-kawan sesuai dengan semboyan negara Indonesia. Semboyan negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu. Ika artinya juga. Bhinneka Tunggal Ika berarti, meskipun berbeda-beda tetapi satu juga. Meskipun memiliki banyak suku bangsa dan agama, tetapi semua tetap satu, Indonesia.

Baca Juga :  Berikut Daftar Alamat JNE di Kabupaten Kudus, Klaten, Kendal

Baca Juga : Kekayaan Indonesia, Kelas 3 SD Tema 8 Sub Tema 3 Pembelajaran 4

Perilaku Menghormati Perbedaan

Ayo Berlatih

Berilah tanda centang (v) untuk contoh sikap menghormati perbedaan.

Berilah tanda silang (x) untuk contoh sikap tidak menghormati perbedaan.

No Sikap Tanda
1 Bermain dengan semua teman. V
2 Menolak pendapat orang lain. X
3 Memanggil teman dengan sebutan yang tidak baik X
4 Memberi kesempatan teman untuk beribadah V
5 Tidak memaksa teman yang takut bermain sepeda V

Ada banyak contoh pelaksanaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jelaskan salah satu contoh yang pernah kamu temui!

Ayah dan Ibu Siti berasal dari Sumatera Barat. Kampung halaman orang tua Siti berada di daerah pegunungan yang asri. Udara pegunungan sangat sejuk dan pemandangannya indah. Ada sungai, sawah, dan air terjun. Jalan di pegunungan berkelok-kelok dan menanjak.

Pengemudi harus berhati-hati saat melintasi jalan di pegunungan. Apalagi saat hujan turun, jalannya menjadi lebih licin. Rambu lalu lintas dipasang untuk menjaga keamanan pengendara.

Baca Juga : Bersepeda Bersama Teman, Kelas 3 SD Tema 8 Sub Tema 3 Pembelajaran 3

Mengamati Rambu Lalu Lintas

Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut!

Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.

Pasangan rambu lalu lintas dan artinya

Ayo Berlatih

Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!

Menurut kalian, mengapa harus dipasang rambu jalan berkelok?

Rambu jalan berkelok perlu dipasang agar pengendara mengetahui bahwa jalan yang dilaluinya berkelok-kelok sehingga dapat lebih berhati-hati dan selamat sampai ke tempat tujuan.

Baca Juga Rambu Lalu Lintas dan Artinya, Kelas 3

Mengenal Permainan Tradisional

Indonesia memiliki berbagai macam jenis permainan tradisional. Keanekaragaman permainan tradisional menambah kekayaan Indonesia. Salah satu permainan tradisional di Indonesia adalah galasin. Permainan ini banyak dimainkan di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki nama yang berbeda untuk permainan Galasin. Ada yang menyebut galasin. Ada pula yang menyebut gobak sodor dan gobag.

Baca Juga :  Tuliskan Kembali Informasi Tentang Lambang Negara,Kelas 3 SD Tema 8

Baca Juga : Jawaban Bacaan Aku Anak Mandiri

Bermain Galasin/ Gobak sodor/ Gobag

Ayo Mencoba

Cobalah bermain galasin bersama teman-temanmu!

Cobalah berlatih melewati penjaga sampai berhasil!

Ikuti petunjuk permainan berikut ini!

1. Buatlah garis-garis penjagaan menggunakan kapur tulis. Garis membentuk lapangan segi empat. Lapangan tersebut dibagi menjadi 6 bagian.

2. Buatlah garis di tengah lapangan. Garis ini sebagai tempat atau jalan kapten (sodor).

3. Buatlah dua tim. Masing-masing tim terdiri atas 3 sampai 5 pemain.

4. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim lainnya akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim dapat dilakukan dengan pengundian.

5. Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Tempat yang dijaga adalah garis horisontal. Kapten tim akan menjaga garis batas vertikal.

6. Penjaga garis horisontal berusaha untuk menghalangi lawan. Penjaga garis horizontal dapat bergerak ke kanan dan ke kiri.

7. Tugas penjaga garis vertikal bertugas menjaga keseluruhan garis batas vertikal. Garis vertical merupakan garis yang terletak di tengah lapangan. penjaga garis vertikal bergerak dari depan ke belakang atau sebalikya.

8. Tim pemain harus berusaha melewati seluruh garis batas horisontal. Dari batas horizontal paling depan hingga baris paling belakang. Mereka juga harus kembali ke tempat semula. Mereka harus dapat melewati penjaga tanpa tersentuh.

Permainan ini sangat mengasyikkan untuk dimainkan. Perlu kelincahan agar dapat melewati para penjaga. Untuk memenangkan permainan ini sangatlah sulit. Perlu kerja sama yang baik antarpemain. Kerja sama yang baik akan membantu keberhasilan dalam memenangkan permainan. Saling memberi pendapat dalam permainan merupakan bagian dari kerja sama. Saling menghargai dalam permainan juga bagian dari kerja sama

Menerima dan menghargai berbagai sifat teman merupakan sikap menerima perbedaan. Sikap tersebut sudah sesuai dengan semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Resep Masakan Puasa Hari 5, Ramadhan 1442 H