Rambu Lalu Lintas dan Artinya, Kelas 3

Aku Suka Bertualang

Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.

Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan.

Baca Juga :  Angkutan Unik Indonesia, Nomor 6 bikin Kangen

Ayo Membaca

Rambu Lalu Lintas

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak.

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.

Baca Juga :  Download Soal P3K Guru SD Dan Kunci Jawaban

Mari memahami rambu-rambu lalu lintas!

Gambar Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Ayo Berlatih

Gambarkan kembali rambu-rambu lalu lintas di atas!

Lalu, tuliskan arti dari rambu-rambu tersebut!

Temukan perilaku yang tidak sesuai dengan aturan rambu-rambu lalu lintas!

Perilaku yang tidak sesuai adalah Menyeberang sembarangan, tidak pada zebra cross.

Perhatikan gambar berikut ini!

Rambu-rambu lalu lintas yang ada pada gambar dan artinya!

Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

Baca Juga :  Percobaan Siang dan Malam Kelas 6 Tema 8

Ayo Berlatih

  • Membuat Diagram

Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.

Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!

Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor. Ada juga sepeda dan bus. Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.

Menghias Kendaraan

Kendaraan ini diberi hiasan agar menjadi lebih menarik. Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada juga yang berbentuk garis.

Contoh benda seni berhias titik-titik sebagai berikut!