Hemat Banyak, Ini Dia 10 Daftar Mobil Irit BBM

Berita Warganet – Hemat Banyak, Ini Dia 10 Daftar Mobil Irit BBM. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan saat akan membeli mobil adalah apakah mobil yang akan dibeli boros atau tidak. Mengingat. Ada banyak daftar mobil irit bensin di Indonesia yang bisa kamu beli.

Memiliki mobil yang irit bensin pastinya memberikan banyak keuntungan, apalagi jika kamu menggunakan mobil untuk bekerja dan aktivitas sehari-hari. Kamu jadi bisa lebih hemat dan bisa membaginya untuk kebutuhan penting lainnya.

10 Daftar mobil irit bbm

Selain memiliki harga yang terjangkau, beberapa merek mobil di Indonesia seperti Honda Brio, Toyota Avanza, Honda Mobilio, hingga Daihatsu Ayla juga terkenal sebagai mobil yang hemat BBM. Namun tidak ada satu pun mobil SUV murah yang bisa masuk ke daftar ini.

Yuk, simak penjelasan singkat 10 daftar mobil irit BBM yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Toyota Avanza, terpopuler di daftar mobil irit bensin

Bisa dibilang Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat. Hal ini karena rata-rata orang memilih membeli mobil ini. Tak heran sebab Toyota Avanza memiliki harga yang terjangkau dan juga irit bensin.

Hal ini karena penggunaan mesin Toyota Avanza yakni dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i sehingga bisa menjaga konsumsi bensin tetap irit. Diketahui konsumsi BBM untuk mobil Toyota Avanza adalah 12,5 – 14 km per liternya.

2. Daihatsu Xenia

Selain Toyota Avanza, Daihatsu Xenia juga dikenal sebagai mobil sejuta umat. Tak mengherankan karena mobil ini cukup terjangkau. Bahkan Xenia bekas menjadi salah satu mobil 60 jutaan, dan juga bahan bakarnya pun irit.

Baca Juga :  Toyota Voxy 2022 Resmi Mengaspal, Lengkap Spesifikasi dan Harga

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2NR-VE 1,5L yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga membuatnya lebih irit bahan bakar.

Angka konsumsi BBM mobil Daihatsu Xenia adalah sebesar 10-13 km per liternya. Sehingga sangat cocok digunakan untuk bepergian jarak jauh karena termasuk irit bensin.

Apabila kamu mengendarai Daihatsu Xenia dalam kecepatan yang stabil, maka akan lebih irit lagi dengan angka konsumsi mencapai 16 km per liter

3. Honda Mobilio

Salah satu mobil low MPV ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini karena Honda Mobilio dilengkapi dengan mesin 1500cc dan juga teknologi i-VTEC.

Angka konsumsi Honda Mobilio sendiri yakni mencapai 17 km per liternya. Tak heran apabila mobil ini sering digunakan untuk taksi online.

Untuk penggunaan mobil Honda Mobilio di jalanan yang stabil dan bebas hambatan disertai dengan mode ECO driving, angka konsumsi BBM bahkan bisa mencapai 22,8-28 km per liternya.

4. KIA Picanto

Kia Picanto adalah salah satu jenis city car yang terkenal karena irit bensin dengan kapasitas 1200 cc. Mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin dan transmisi yang canggih, sehingga lebih optimal dan mampu menghemat konsumsi bensin. Diketahui angka konsumsi bensin untuk mobil KIA Picanto adalah sebesar 19 km per liternya.

5. Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga memiliki mesin 1462 cc dengan 4 silinder, DOHC, dan VVT yang membuat konsumsi bensinnya lebih irit.

Dalam beberapa pengujian, tercatat apabila mobil Ertiga memiliki angka konsumsi hingga 23 km per liternya apabila digunakan di jalanan yang stabil dan bebas hambatan. Apabila kamu mengaktifkan ECO driving, maka konsumsinya pun akan lebih irit lagi yakni 30 km per liternya.

Selain irit bahan bakar, harga mobil Ertiga pun terbilang bersaing dan juga memiliki suspensi yang mulus dan nyaman.

6. Honda Brio, mobil kecil di daftar mobil irit bbm

Honda Brio juga menjadi salah satu mobil favorit. Selain termasuk salah satu mobil termurah di Indonesia, mobil city car ini juga irit bensin.

Baca Juga :  DFSK Glory 560 2022, Review Lengkap Spesifikasi, Fitur, dan Harga!

Untuk rute di dalam kota dengan jalanan yang mulus, angka konsumsi mobil Honda Brio ini bisa mencapai 20-30,1 km per liternya.

Untuk kamu yang mencari mobil city car yang nyaman, tidak terlalu besar, dan juga irit, Honda Brio bisa menjadi bahan pertimbangan. Cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jadwal yang padat di ibukota.

7. Toyota Agya

Toyota Agya juga bisa disebut sebagai salah satu mobil paling irit bensin di Indonesia. Angka konsumsi untuk mobil ini mencapai 19,5 km per liternya.

Hal ini karena mobil Toyota Agya sudah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i, sehingga konsumsi bahan bakarnya pun jadi lebih hemat.

Selain itu, mobil Toyota Agya juga sudah dilengkapi dengan fitur ECO driving, sehingga bisa memaksimalkan bahan bakar dengan baik dan tidak boros.

8. Honda Civic

Honda Civic adalah salah satu jenis mobil sedan dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 17 km per liternya.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1498 cc dan 4 silinder serta tenaga turbo 173 PS dengan torsi 220 Nm.

Honda Civic juga memiliki kecepatan yang bagus dan tetap irit meskipun tenaga yang dikeluarkan banyak. Mobil ini mampu melaju hingga 200 km per jam.

Apabila digunakan untuk pergi ke luar kota di jalanan yang bebas hambatan, angka konsumsi bahan bakarnya mencapai 18-20 km per liternya.

9. Mitsubishi Xpander

Mobil Mitsubishi Xpander sudah menggunakan mesin inline 4 dengan kapasitas 1499 cc serta dilengkapi teknolog katup variabeli MIVEC.

Dengan teknologi tersebut, mobil ini memiliki konsumsi BBM mencapai 12 km per liternya apabila digunakan di dalam kota.

Apabila kamu menggunakan mobil ini untuk ke luar kota, angka konsumsi BBM mencapai 19,8 km per liter dengan kecepatan konstan. Pastikan kamu menggunakan ECO driving agar lebih irit BBM, ya.

10. Daihatsu Ayla

Mobil LCGC ini juga termasuk irit bahan bakar. Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal.

Baca Juga :  2022 BMW i4 Terungkap Dengan 523 Horsepower

Angka konsumsi mobil Daihatsu Ayla mencapai 18-20 km per liternya bergantung pada kondisi jalan yang dilalui.

Tips sebelum membeli mobil irit bensin

Selain harga yang murah, kamu juga perlu memperhatikan beberapa komponen sebelum membeli mobil. Salah satunya adalah membeli mobil yang hemat bahan bakar. Berikut ini tipsnya.

1. Sesuaikan budget

Pertama, kamu harus menentukan budget untuk membeli mobil. Jangan sampai kamu memaksakan membeli mobil yang tidak sesuai dengan budgetmu.

Kamu tetap bisa kok membeli mobil dengan budget yang minim. Karena sekarang sudah banyak mobil dengan harga yang terjangkau dan juga berkualitas.

Kalau kamu pasangan baru yang baru saja menikah, kamu bisa nih membeli mobil Honda Brio dengan harga Rp150 jutaan. Meskipun kecil, namun kualitas mobil ini nggak jauh berbeda dengan mobil bagus lainnya.

2. Pilih bensin yang irit bahan bakar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memilih mobil yang irit bahan bakar itu penting sekali. Karena bisa membuat kamu jadi lebih hemat dan keuangan tidak membengkak.

Kamu bisa memilih daftar mobil irit bensin seperti yang sudah disebutkan di atas. Pastikan juga mobil yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu, ya.

3. Cari mobil yang suku cadangnya mudah didapat

Saat sedang memilih mobil yang akan dibeli, terkadang kita terlalu silau dengan mobil impian kita. Padahal belum tentu mobil tersebut memiliki suku cadang yang mudah didapatkan.

Memilih mobil dengan suku cadang yang mudah didapat itu penting, loh. Jadi, kalau mobil mengalami kerusakan dan butuh perawatan, kamu nggak perlu pusing lagi memikirkannya.

Jangan sampai karena ingin terlihat berbeda dengan tetangga, kamu malah memilih mobil yang langka dan sulit menemukan suku cadangnya. Kalau rusak, bisa susah karena harus memesan suku cadang dari luar negeri dan harganya pun tak murah.

4. Harga jual bekas

Beberapa tahun yang akan datang mungkin akan muncul banyak jenis mobil baru dan kamu bosan dengan mobil lama.

Apabila memang kamu berniat menjual mobilmu, pastikan kamu memilih mobil yang memiliki harga jual tinggi.

Pastikan mobil yang kamu beli ini banyak diminati oleh orang sehingga harganya nggak turun-turun amat.

5. Fitur lengkap dan nyaman

Apabila kamu termasuk orang yang menginginkan segalanya serba praktis, sebaiknya kamu memilih mobil dengan fitur yang lengkap dan canggih.

Seperti jok mobil yang empuk, teknologi sudah touch screen, ada layar multimedia, hingga bisa dikoneksikan dengan handphone mu.