Daftar 5 Mobil Tertua di Dunia, Diantaranya Bernilai Rp65 Miliar

Berita Warganet – Daftar 5 Mobil Tertua di Dunia, Diantaranya Bernilai Rp65 Miliar. Mobil pertama di dunia akan selalu menjadi cikal bakal dan menjadi tonggak sejarah perkembangan otomotif global sampai saat ini. Itu karena bahwa dari awal hingga sekarang sudah berjuta-juta mobil di produksi dan diciptakan dari beberapa industri otomotif.

Namun ada banyak orang saat ini pasti tak tahu bagaimana perkembangan kisah dan cerita mobil tertua di dunia. Pasalnya banyak mobil tua yang pada akhirnya mengukir sejarah untuk memajukan pasar otomotif dunia.

Berikut rangkuman dari Berita Warganet mengenai lima deretan mobil tertua didunia:

1. Cugnot Fardier tahun 1769

Atas permintaan pejabat militer Prancis, penemu dan ahli benteng Prancis yaitu Nicholas Cugnot merancang dan membangun kereta self-propelled. Ini merupakan sebuah prototipe pertama yang dibangun pada tahun 1769. Konsep mobil ini dirancang untuk menarik artileri ke medan perang yang kecepatannya ditetapkan pada tiga mil per jam sehingga tentara dapat mengimbanginya. Mobil itu disinyalir mampu menarik beban seberat lima ton dan bisa beroperasi selama satu jam lima belas menit sebelum berhenti. Satu-satunya contoh yang diketahui, digambarkan di atas, dipajang di Museum des Arts et Metiers di Paris, Prancis.

Baca Juga :  Woww, Mobil Toyota Supra Paul Walker Ikonik Film dari Fast and Furious Bakalan Dilelang

2. Hancock Omnibus

Sang penemu asal Inggris bernama Walter Hancock membuat mobil bernama  Hancock Omnibus pda tahun 1832. Mobil mendapat prestasi  sebagai kendaraan bertenaga uap pertama yang sukses secara komersial di dunia. Omnibus Hancock menjalankan rute penumpang yang sukses antara London dan Paddington.

3. La Marquise tahun 1884

Mobil tertua didunia selanjutnya  yakni unit La Marquise. Mobil ini memiliki desain unik dan ikonik. Pertama kali unit itu dibangun pada tahun 1884 oleh sang penemu De Dion-Bouton et Trepardoux untuk Count De Dion. Sang penemu kemudian mengklaim ketenaran karena telah berhasil memenangkan balapan mobil pertama pada tahun 1887. La Marquise terakhir dilelang pada tahun 2011. Tak tanggung-tanggung, mobil ini mencetak rekor lelang  mencapai 4,6 juta dolarr AS (Rp 65 milliar).

Baca Juga :  Kawasaki KZ400 Cafe Racer

4.  Benz Patent-Motorwagen tahun 1886

Unit mobil tua satu ini, Benz Patent Motorwagen secara umum diakui dalam sejarah mobil sebagai mobil bertenaga bensin pertama. Sebenarnya awalnya dibangun pada tahun 1885, namun kemudian mobil ini dipatenkan di tahun 1886. Mobil Itu didukung oleh mesin silinder tunggal berkapasitas  954 sentimeter kubik yang menghasilkan dua pertiga tenaga kuda. Bahan bakar pada awalnya dipasok ke mesin melalui penguapan, tetapi  sang ilmuan Benz kemudian menambahkan karburator yang belum sempurna pada model selanjutnya.

Baca Juga :  Harga Mercedes Benz GLC Coupe Terbaru, Spesifikasi dan Interior 2022!

5. Hammelvognen tahun 1886

Perkembangan mobil tertua didunia disusul oleh unit Hammelvognen  yang diibangun pada tahun 1886.  Unit Hammelvognen adalah mobil pertama yang dibangun di Denmark dan ditenagai oleh mesin dua silinder yang mampu menghasilkan tiga tenaga kuda. Hammelvognen adalah salah satu mobil tertua di dunia yang menawarkan konfigurasi rem dan gigi mundur. Unit mobil Hammelvognen saat ini  disimpan di Museum Danmarke Tekniske.