9 Pabrikan Mobil Tertua Yang Masih Beroperasi Sampai Sekarang

Berita Warganet – 9 Pabrikan Mobil Tertua Yang Masih Beroperasi Sampai Sekarang. Produk apa pun yang sangat dekat dengan kebutuhan manusia pasti sangat cepat berkembang dan telah hadir sejak zaman nenek moyang.

Salah satunya adalah transportasi. Terhubung dengan kondisi kekinian tentu saja kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor.

Mobil bermesin diciptakan umat manusia untuk memangkas waktu, menggantikan sarana transportasi yang menggunakan hewan.

Mobil pertama dibuat pada 1808 atau lebih dari 200 tahun yang lalu. Berbahan bakar hidrogen dan berjalan pada mesin pembakaran internal.

Sejak itu, industri mobil telah berkembang sangat pesat dan terus berinovasi tiada henti hingga sekarang.

Bicara industri, artinya mobil dibuat oleh sebuah pabrik. Pada artikel ini, kami ingin menampilkan daftar pabrikan mobil tertua di dunia yang masih berproduksi hingga saat ini. Simak selengkapnya !

9. Cadillac

Didirikan: 1901
Pendiri: William Murphy, Lemuel Bowen, Henry M. Leland
Negara: Amerika Serikat

Percaya atau tidak, merek Cadillac kemungkinan besar tidak akan terwujud jika bukan karena Henry Ford, pendiri merek mobil Ford.

Pada 1901, Henry Ford mendirikan Henry Ford Company, yang merupakan upaya keduanya untuk menciptakan sebuah pabrikan mobil.

Dia meninggalkan perusahaan lama karena perselisihan dengan pendukung keuangan Lemuel Bowen dan William Murphy.

Murphy dan Bowen lalu membawa Henry Leland untuk menilai pabrik yang ditinggalkan sehingga pabrik dan peralatannya dapat dijual.

Tapi, Leland meyakinkan mereka untuk melanjutkan bisnis manufaktur. Mereka menamakan diri mereka Cadillac pada 1902.

Perusahaan ini dibeli oleh General Motors pada 1909 tapi Cadillac sudah menancapkan imej sebagai pembuat mobil mewah hingga sekarang.

8. Fiat

Didirikan: 1899
Pendiri: Giovani Agnelli
Negara: Italia

Nama lengkapnya Fabbrica Italiana Automobili Torino dan bermarkas di Turin, Italia. Mobil Fiat pertama dibuat pada 1899, tahun yang sama ketika perusahaan tersebut didirikan.

Mobil Fiat paling populer seringkali masuk dalam kategori city car dan supermini. Mereka mulai mengerjakan kendaraan listrik pada tahun 1970.

Selain mobil, Fiat juga mengambil bagian dalam pembuatan senjata. Fiat sekarang memiliki saham mayoritas Chrysler Automobiles.

Baca Juga :  Tampil Menawan, Simak Harga Lexus LX Terbaru!

Lalu membentuk Fiat Chrysler Automobiles pada 2014. Dengan begitu, Jeep pun kini di bawah Fiat.

7. Renault

Didirikan: 1899
Pendiri: Louis Renault, Marcel Renault, Fernand Renault
Negara: Prancis

Didirikan dengan nama Société Renault Frres, perusahaan ini diluncurkan oleh Renault bersaudara, Louis, Marcel, dan Fernand.

Louis, seorang insinyur, telah merancang prototipe sebelum pendirian perusahaan, dan saudara-saudaranya menangani bisnis, sementara dia berfokus pada desain.

Bahkan, setahun sebelumnya, pada 1898, Louis sudah menjual mobil pertamanya kepada seorang teman keluarga.

Renault mulai memproduksi mesinnya sendiri secara mandiri pada 1903. Sempat beralih ke pembuatan truk, bus, dan kendaraan kargo komersial sebelum Perang Dunia pertama.

Kemudian, membuat mesin pesawat militer dan amunisi selama Perang Dunia pertama, dan kemudian mesin pertanian dan industri.

6. Land-Rover

Didirikan: 1896
Pendiri: Keluarga Sumner dan Spurrier
Negara: Inggris

Awalnya dibentuk sebagai Lancashire Steam Motor Company pada 1896 di Inggris, lalu merek ini telah mengalami banyak perubahan nama selama bertahun-tahun.

Perusahaan itu pertama kali memproduksi mesin pemotong rumput uap dan akhirnya membuat van bertenaga uap pertama tidak lama setelah itu.

Pada 1907, mereka berganti nama menjadi Leyland Motors. Lalu, pada 1968, Leyland Motors berubah nama menjadi British Leyland Motor Corporation Ltd (BLMC).

Itu saat bergabung dengan British Motor Holdings dan menjadi perusahaan milik negara pada 1975.

Kemudian sekali lagi berubah nama pada 1986 menjadi The Rover Group. Pada dua peristiwa terakhir itu, merek Land Rover dibuat pada 1978.

Model awal dari berbagai Rover telah diproduksi oleh perusahaan Leyland Motors sejak 1948 dan terus diproduksi hingga hari ini. Bahkan dianggap sebagai ikon Inggris.

Pada 1951, Rover diberikan Royal Warrant oleh Raja George VI yang menjadikan merek ini adalah heritage murni dari Inggris.

5. Skoda Auto

Didirikan: 1895
Pendiri: Václav Laurin and Václav Klement
Negara: Republik Ceko

Skoda Auto didirikan sebagai Laurin & Klement pada 1895 dan memproduksi sepeda, sepeda motor, dan mobil di Mlada Boleslav, Kerajaan Bohemia.

Sejak mulai memproduksi mobil pada 1905, pabrikan mobil ini dengan cepat naik menjadi produsen mobil terbesar di seluruh Austria-Hongaria.

Pada 1925, perusahaan diakuisisi oleh Skoda Works dan berganti nama menjadi Skoda Auto, sekarang lebih dikenal sebagai Skoda.

Baca Juga :  Honda CBR250RR 2022 di Banderol Dengan Harga Spesial

Pada 2000, Skoda jadi anak perusahaan dari Grup Volkswagen. Saat ini, Skoda jadi merek mobil terbesar dan terpopuler di Republik Ceko.

Perusahaan ini juga terlibat dalam motorsport. Sebuah mobil khusus dibuat dan berhasil memecahkan rekor dunia Bonneville Speedway untuk mobil tercepat di dunia.

Dengan mesin dua liter pada Agustus 2011 mampu mencapai kecepatan 365 km/jam. Skoda pun masih berproduksi hingga sekarang.

4. Mercedes-Benz

Didirikan: 1883
Pendiri: Karl Benz dan Gottlieb Daimler
Negara: Jerman

Merek mobil terkenal ini secara teknis baru didirikan pada 1926 dan merupakan hasil kombinasi dari dua pabrikan mobil lain yang telah berdiri lebih lama.

Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) adalah salah satu dari perusahaan ini. Namanya bisa diterjemahkan menjadi Daimler Motors Corporation.

Pabrikan mobil ini didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada 1890 dan dimulai dengan memproduksi mesin bensin.

Setelah perusahaan melihat kesuksesan di mobil balap kecil, itu mengalihkan fokusnya memproduksi model Mercedes.

Sementara itu, Benz & Companie Rheinische Gasmotoren-Fabrik, didirikan oleh Karl Benz, Max Rose, dan Friedrich Wilhelm Eslinger pada 1883.

Perusahaan ini mulai memproduksi mesin industri dan mesin gas sebelum Benz memutuskan untuk fokus pada hasratnya yang sebenarnya, yaitu mobil.

Dia menyebutnya sebagai kereta tanpa kuda. Benz pun membuat Benz Patent-Motorwagen, mobil bertenaga bensin pertama di dunia pada 1886.

Kedua perusahaan ini bergabung untuk membentuk Mercedes-Benz pada 1926 dan selanjutnya kita sudah tahu semua.

3. Opel

Didirikan: 1862
Pendiri: Adam Opel
Negara: Jerman

Lebih dikenal hanya sebagai Opel, perusahaan mobil ini didirikan pada 21 Januari 1862 sebagai produsen mesin jahit.

Lalu, mulai membuat sepeda pada 1886 dan membuat mobil pertamanya pada 1899. Opel secara resmi menjalani debut mobil di Hamburg Motor Show 1902.

Mereka tida bisa fokus sepenuhnya ke mobil sampai pabrik mereka terbakar beberapa tahun kemudian.

Opel pun kemudian memutuskan untuk membangun kembali dan memproduksi mobil sendiri dan menghentikan bisnis mesin jahit mereka.

Pada 1913, Opel telah menjadi perusahaan mobil terbesar di Jerman dan pada 1930, yang terbesar di Eropa.

Baca Juga :  Punya Deretan Fitur Canggih, Yuk Intip Interior Toyota Raize

Opel tidak hanya memproduksi mobil dengan mereknya sendiri, tetapi juga menjual kendaraan dengan merek Vauxhall, Buick, dan Holden.

Opel kini menjadi anak perusahaan Groupe PSA, meski dulunya anak perusahaan General Motors dan sempat ikut serta di ajang motorsport dunia.

2. Tatra

Didirikan: 1850
Pendiri: Ignac Sustala
Negara: Republik Ceko

Didirikan dengan nama Ignatz Schustala & Comp, Tatra dimiliki oleh perusahaan Truk Tatra dan mulai memproduksi kereta kuda.

Pada 1891, perusahaan bercabang menjadi memproduksi gerbong kereta api, menamai dirinya sebagai Nesselsdorfer Wagenbau-Fabriksgesellschaft.

Pada 1897, Direktur Teknis Tatra Hugo Fischer von Roeslerstamm membeli mobil Benz dari Karl Benz langsung.

Mobil itulah yang jadi inspirasi untuk membuat mobil pertama perusahaan yang disebut Prasident pada akhir 1897 itu. Truk pertama mereka diproduksi tahun berikutnya.

Tatra memproduksi mesin tank dan truk untuk militer Jerman selama Perang Dunia II. Sayang, produksi mereka cacat produksi.

Truk berbelok begitu cepat di tikungan sehingga banyak tentara Jerman tewas. Perintah segera dikeluarkan untuk melarang tentara Jerman menggunakan truk Tatra.

Tatra secara resmi berhenti memproduksi mobil penumpang pada 1999 tapi terus membuat truk, terutama all-wheel-drive.

Karel Loprais, seorang pembalap truk terkenal dari Republik Ceko, telah memenangkan Reli Dakar enam kali dengan truk Tatra.

1. Peugeot

Didirikan: 1810
Pendiri: Armand Peugeot
Negara: Prancis

Peugeot pertama kali membuka pintunya sebagai perusahaan penggilingan kopi yang dikelola keluarga pada 1810.

Lalua, mereka mulai memproduksi sepeda pada tahun 1830, kemudian penggiling garam, merica, dan kopi pada 1842.

Armand Peugeot tertarik pada pabrikan mobil sejak awal dan mulai memproduksi mobil pada 1882.

Mobil pertama Peugeot diluncurkan sebagai kolaborasi dengan Leon Serpollet pada 1889 dan itu adalah kendaraan roda tiga uap yang tidak dapat diandalkan untuk produksi massal.

Pada 1890, mereka membuat mobil pembakaran internal yang lebih baik dengan bantuan mesin Panhard-Daimler.

Perbedaan keluarga menyebabkan Peugeot pergi dan mendirikan Société des Automobiles Peugeot pada 1896, dua tahun sebelum mulai memproduksi sepeda motor.

Pada 1926, pembuat sepeda motor dan mobil resmi berpisah menjadi perusahaan terpisah. Sekarang Peugeot merupakan anak perusahaan dari Grup PSA.