Agar Aman, Pasang Alarm Mobil Bisa Dilakukan Sendiri Loh!

Berita Warganet – Agar Aman, Pasang Alarm Mobil Bisa Dilakukan Sendiri Loh!. Memiliki mobil sama saja sebagai aset yang harus Anda jaga sebaik mungkin. Salah satunya menghindari tindak kejahatan seperti pencurian mobil dengan melakukan cara pasang alarm mobil.

Pada saat ini, alarm mobil menjadi satu fitur yang wajib dimiliki setiap kendaraan. Jangan sampai mobil Anda tidak memiliki alarm mobil. Jika memang belum memilikinya, Anda dapat mengikuti setiap langkah dalam cara pasang alarm mobil untuk keamanan di bawah ini.

1. Melihat Kecocokan Alarm Mobil

Langkah pertama dalam cara pasang alarm mobil adalah melihat kecocokan di antara keduanya. Maksudnya, Anda harus mengetahui apakah alarm yang akan dipasang memang cocok dengan mobil milik sendiri.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperhatikan bagaimana penempatan alarm yang sesuai dengan tipe mobil, sumber tenaga nantinya, dan instalasi kelistrikan. Memang terlihat kompleks, namun dengan mengecek seluruh bagian tersebut, Anda akan mendapatkan alarm mobil yang paling cocok.

2. Memilih Central Lock dan Alarm

Baca Juga :  Chevrolet Corvette Z06 2023 Sudah Hadir, Begini Tampilannya

Langkah selanjutnya adalah memilih central lock dan pasang alarm yang pas dengan tipe mobil Anda. Ketika Anda membeli satu paket central lock dan alarm, di dalamnya terdapat berbagai macam komponen.

Dimulai dari empat batang penarik dan pendorong, empat buah pistol penggerak atau lock actuator, sebuah set kabel untuk empat pintu, serta satu central lock module dengan delapan poin konektor.

Daftar komponen ini sudah sewajarnya ada dalam paket central lock dan alarm. Pastikan bahwa semua komponen tersebut tersedia ketika Anda membelinya.

3. Memasang Central Lock dan Alarm

Sekarang waktunya pemasangan central lock dan alarm. Pertama, bor pintu sisi dalam yang akan menjadi tempat meletakkan lock actuator utama.

Baca Juga :  Ini Tampilan Terbaru Nissan Patrol Nismo 2022

Ingat, perhatikan pemasangan komponen ini karena terdapat lima buah kabel berbeda warna. Ada warna hitam, coklat, hijau, putih, dan biru. Kabel ini ditempatkan pada bagian pintu utama atau tempat pengendara berada.

Kemudian lock actuator lainnya yang hanya memiliki dua kabel berwarna hijau dan biru akan dipasang di sisi pintu lainnya.

Jika sudah, pasang kabel bawaan central lock sesuai bagiannya pada modul lock actuator. Agar terlindungi dengan baik, modul central lock diletakkan di bawah dashboard.

Sekarang Anda bisa melanjutkan pekerjaan dengan menyambung kabel power pada modul central lock ke bagian aki. Tentunya agar alarm mobil mendapatkan tenaga listrik yang dibutuhkan.

Jika pemasangan sudah besar, lock actuator yang ada pada pintu lain akan mengikuti tuas pengunci ketika naik dan turun. Rapikan kabel sesuai tempatnya agar teratur.

Baca Juga :  Bertenaga 818 HP, Ferrari F8 Tributo Harga Nya Segini!

​​​​​4. Menyambungkan Central Lock dan Remote Alarm Mobil

Langkah terakhir pasang alarm adalah menyambungkan central lock dengan remote alarm mobil. Sekali lagi, perlu ketelitian ketika menyambungkan kabel agar remote alarm bekerja dengan baik.

Sambungkan kabel merah pada aki mobil kutub positif (+), sebaliknya kabel hitam ke kutub negatif (-). Kemudian kabel warna coklat disambungkan pada bagian lampu sein kanan dan kiri. Kabel warna pink dihubungkan ke speaker atau sirine bawaan.​​​​​​​

5. Meminta Bantuan Tenaga Profesional

Membaca cara pasang alarm mobil di atas mungkin tidak langsung dimengerti oleh Anda. Bisa saja alarm mobil anda bisa terjadi error apabila anda pasang alarm sendiri. Namun tenang saja. Persoalan pemasangan alarm mobil dapat dilakukan teknisi bengkel, salah satunya di Auto2000.