Pengertian Asuransi Mobil All Risk, Teliti Sebelum Membeli

Pengertian Asuransi Mobil All Risk

Pengertian Asuransi Mobil All Risk, Teliti Sebelum Membeli – Memiliki mobil impian mungkin menjadi life goal yang dinginkan oleh semua orang, termasuk kalian pastinya sob. Dan ketika kalian mencapainya tentunya ada banyak hal yang harus kamu pikirkan. Diantaranya adalah Asuransi kendaraan khususnya mobil. Hal ini dikarenakan mobil adalah barang yang tergolong pada kebutuhan barang mewah.

Sehingga sangat wajar ketika kalian memiliki mobil impian, kalian akan mencari Asuransi Kendaraan sebagai bentuk perlindungan pada asset yang satu ini. Asuransi kendaraan akan menjamin kendaraan dari segala resiko yang bisa terjadi dalam kehidupan.

Salah satu jenis asuransi kendaraan yang bisa kamu gunakan adalah Asuransi Mobil All Risk. Nah kali ini beritawarganet akan mengulas sedikit mengenai Asuransi Mobil All Risk agar kalian bisa menentukan dan mempertimbangkannya pada mobil kamu. Sebelumnya, yuk kita bahas terlebih dahulu ap aitu Asuransi Mobil All Risk?

Pengertian Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil Allrisk adalah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari segala resiko yang mungkin terjadi dalam hidup kamu sob. Resiko yang bisa kamu temui diantaranya adalah kecelakaan, bencana alam, rusak dikarenakan huru hara yang terjadi disekitar sampai dengan mobil kamu dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Asuransi ini disebut juga comprehensive atau keseluruhan. Seperti disebutkan diatas, keseluruhan berarti asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan. Walaupun Asuransi Mobil All Risk memiliki premi yang lumayan besar. Namun, manfaatnya juga besar sesuai dengan harganya sob. Apa saja sih manfaatnya?

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Selain memberi perlindungan bagi mobil dari semua risiko serta menjamin perlindungan terhadap segala jenis kecelakaan, kamu juga akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih asuransi mobil All Risk: 

Baca Juga :  Daftar Motor Termahal di Indonesia Merk Honda ini Bakalan Bikin Kamu Kepincut

1. Manfaat Pertanggungan Lengkap

Asuransi mobil All Risk akan menanggung segala jenis kerusakan pada mobil. Mulai dari kerusakan kecil atau sedang seperti baret, penyok, hingga kerusakan total seperti terperosok, hilang akibat dicuri, atau risiko lainnya yang menyebabkan mobil tidak dapat digunakan lagi. 

2. Cocok Usaha Rental Mobil

Nah bagi kamu yang memiliki usaha rental mobil, Asuransi jenis All Risk ini pastinya akan cocok untuk kamu. Penggunaan mobil yang semakin sering tentunya akan meningkatkan resiko yang akan dialami baik dijalan seperti kecelakaan, baret atau hal lainnya. Selain itu kamu juga akan tenang menghadapi resiko yang berasal dari orang lain seperti mobilmu dibawa kabur.

Seperti yang kita tahu, biaya perawatan seperti penyok atau baret bisa menguras knatong kamu. Oleh karena itu, asuransi mobil All Risk yang menanggung segala jenis kerusakan akan sangat bermanfaat buat kamu yang memiliki usaha rental mobil yang akan meminimalisir pengeluaran ketika hal hal yang tidak kita inginkan terjadi.

3. Pikiran Tenang

Dengan proteksi asuransi mobil All Risk secara menyeluruh, kamu tidak perlu panik jika terjadi risiko kerusakan pada kendaraan yang diasuransikan.  Sebab biaya perbaikan kendaraan kesayanganmu dapat dibebankan ke pihak asuransi. Jadi kamu bisa duduk dibelakang kemudi dengan nyaman. Karena Sebagian besar kerusakan yang ada pada mobilmu akan ditanggung oleh Asuransi, apa saja contohnya?

Hal Hal yang ditanggung Asuransi Mobil All Risk

  1. Pertanggungan klaim akibat kecelakaan, benturan, tergelincir, terperosok, dan lain sejenisnya.
  2. Pertanggungan klaim akibat kejahatan orang lain, seperti pencurian.
  3. Pertanggungan klaim baret, lecet, penyok, dan kerugian minor lainnya.
  4. Pertanggungan klaim atas risiko selama penyeberangan laut dengan feri.
  5. Biaya derek 

Namun yang perlu kamu pahami adalah setiap polis asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Jadi sangat penting untuk kamu membaca dengan teliti polis yang diberikan oleh Perusahaan Asuransi sebelum kamu mengambilnya ya sob. Nah jika kamu tertarik untuk menggunakan Asuransi Mobil All Risk, kamu perlu melihat daftar harganya bukan? Yuk kita simak

Baca Juga :  Vespa Kembali Luncurkan Varian Warna Yang Fresh!

Berapa Harga Premi Asuransi Mobil All Risk?

Untuk Daftar Harga asuransi mobil All Risk telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017 terkait penetapan premi atau kontribusi lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2017. 

Dalam surat edaran OJK, disebutkan bahwa besaran premi asuransi mobil All Risk disesuaikan berdasarkan kategori wilayah dan harga mobil. Pembagian kategori wilayah tersebut adalah

  • Wilayah 1: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah 1 dan 2.

Selain wilayah, pembagian kategori juga didasarkan pada harga mobil . Berikut ini adalah pembagiannya

  • Kategori 1: Rp0-Rp125 juta
  • Kategori 2: lebih dari Rp125 juta-Rp200 juta
  • Kategori 3: lebih dari Rp200 juta-Rp400 juta
  • Kategori 4: lebih dari Rp400 juta-Rp800 juta
  • Kategori 5: lebih dari Rp800 juta

Setelah kamu memgetahui pembagian kategori Wilayah dan Harga Mobil, kamu bisa menghitung sendiri nih premi asuransi All Risk sesuai dengan persentase berikut ini

Kat. Wilayah & Harga MobilWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kat. 1, maks. Rp125 juta3,82% – 4,20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
Kat. 2, Rp125-200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
Kat. 3, Rp200-400 juta2,18% – 2,40%  2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
Kat. 4, Rp400-800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
Kat. 5, Lebih dari Rp800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%

Cara Perhitungan Premi Asuransi Mobil All Risk

Dengan bekal table diatas, kamu bisa menghitung sendiri besaran premi asuransi yang akan kamu bayarkan untuk mobil kamu sob. Berikut ini adalah rumus  menghitung Premi Asuransi Mobil All Risk

Baca Juga :  Tips Perawatan Cat Doff Pada Body Sepeda Motor
Cara Rumus Perhitungan Premi Asuransi Mobil All Risk

Contohnya adalah jika kamu memiliki mobil dengan harga Rp150 juta, masuk dalam Wilayah 2. Maka perhitungan premi asuransi yang harus kamu bayarkan adalah

Premi asuransi mobil: 2,47% x Rp150 juta = Rp2,4 juta per tahun (atau sekitar Rp200 ribu per bulan)

Nah, begitu sob cara menghitung premi asuransi mobil all risk. Lalu bagaimana car memilih Asuransi Mobil All Risk yang cocok untuk kamu? Yuk kita simak tipsnya

Tips Memilih dan Membeli Asuransi Mobil All Risk

Dalam memilih asuransi mobil All Risk terbaik harus diperlukan ketelitian. Tak hanay harganya, kamu juga perlu mempertimbangangkan hal hal yang penting berikut ini

1. Pilih Perusahaan Asuransi dengan Kredibilitas yang Baik

Sebelum memberli asuransi mobil, ada bainya mencari tahu kredibilitas perusahaan secara detail. Seperti, apakah perusahaan telah mendapatkan izin usaha dari OJK. Cari tahu juga histori apakaj perusahaan tersebut pernah terlibat atau mengalami kasus gagal bayar? Dan informasi detail dari perusahaan tersebut. Kamu bisa mencarinya dengan mudah di Internet sob.

Contohnya adalah Asuransi Tugu Pratama yang merupakan anak cabang dari Pertamina yang pastinya kredibel untuk kamu pilih untuk membeli Asuransi Mobil All Risk. Selain itu, bengkel rekanan asuransi Tugu Pratama juga bisa dibilang cukup luas dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia. J

2. Pelajari Polis dengan teliti

Selain menentukan perusahaan asuransi yang akan kalian ambil. Kalian juga harus mempelajari polis yang akan dibeli dengan teliti. Kamu harus membaca manfaat pertanggunagn yang ditanggung polis, mempelajari cara klaim sampai dengan bengkel rekanan yang ada pada asuransi tersebut. Usahakan polis tersebut nemiliki bengkel rekanan yang dekat dengan domisili kamu tinggal saat ini sob.

3. Pelajari Pengecualian pada Polis

Selain mempelajari manfaat pertanggungan kalian juga harus mempelajari nih pengecualian dalam polis . Selain mengetahui resiko mana yang ditanggung, kamu juga akan mengetahui risiko apa saja yang tidak ditanggung oleh polis asuransi. Dengan memahami betul manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dan tidak dapatkan, maka proses klaim akan berjalan dengan lancar.

4. Pertimbangkan Manfaat Tambahan (Rider)

Perusahaan asuransi mobil juga akan menawarkan manfaat tambahan atau rider. Umumnya seperti perbaikan di bengkel resmi, manfaat tanggung jawab pihak ketiga, dan lain sejenisnya.

Jika kamu memiliki anggaran lebih, maka tidak ada salahnya untuk melengkapi proteksi asuransi mobil yang kamu miliki dengan rider. 

Nah sob, itulah seluk beluk dari Asuransi Mobil All Risk yang bisa beritawarganet informasikan. Jika kalian tertarik, maka informasi diatas mungkin akan bisa membantumu dalam memilih dan mempertimbangkan Asuransi mobil untukmu. Semoga bermanfaat ya!